Produk Murah

12 Perangkat Keras Murah Buatan Google 2021

12 Perangkat Keras Murah Buatan Google. Google LLC merupakan perusahaan raksasa yang dibangun di California, Amerika Serikat. Perusahaan ini di dirikan pada tanggal 4 September 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Mereka berdua menjadikan Google sebagai perusahaan swasta yang berfokus pada produk pengumpulan data berbasis internet. Produk-produk tersebut diantaranya meliputi teknologi pencarian, komputasi web, software, periklanan online, serta hardware atau perangkat keras.

Sejak awal didirikan, Google dengan cepat menghasilkan berbagai produk-produk revolusioner unggulan.

Perusahaan ini menawarkan produk perangkat lunak untuk meningkatkan produktifitas dalam jaringan, surat elektronik, paket aplikasi perkantoran, dan juga jejaring sosial tak terbatas.

Google juga berfokus pada model perangkat desktop yang meliputi akses mengedit foto, pesan instan, serta pengembangan perangkat sistem operasi Android untuk telefon genggam dan Google Chrome sebagai mesin pencarian.

Google bekerja sama dengan Nexus dan berbagai perusahaan lain sebagai pengembang perangkat kerasnya yang terkenal.

12 Perangkat Keras Murah Buatan Google 2021

Berikut kami hadirkan, beberapa perangkat keras Google yang hadir di pasaran Indonesia maupun mancanegara.

1. Google Nest Mini 2

Google Nest Mini 2

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya penantian para fans dari perangkat keras besutan Google terbayar tuntas atas hadirnya perilisan Google Nest Mini 2 ini di Indonesia.

Pasalnya produk ini menawarkan kemampuan revolusioner di dalamnya. Nest Mini merupakan perangkat keras speaker yang menyajikan kemampuan Google Assistant, yaitu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google, software ini berfungsi untuk memutar musik maupun membaca berita spesifik tertentu hanya dengan perintah suara.

Google Nest dibekali dengan beberapa aplikasi terpopuler seperti Youtube, Spotify, dan juga Google News yang telah didukung dengan perintah suara.

Pengguna dapat memainkan musik melalui aplikasi tersebut secara mudah dan instan. Nest Mini dapat juga disetel untuk mendengarkan berbagai bahasa, bahasa Indonesia salah satunya.

Proses instalasi perangkat ini tidaklah sulit, semua proses dapat dilakukan melalui aplikasi Google Home via smartphone atau laptop untuk menyambungkan koneksi antara jaringan Wi-Fi dan akun-akun yang diperlukan Google Nest.

Google Nest Mini dibanderol dengan harga 925 ribu rupiah.

2. Google Pixel 4

Google Pixel 4

Handphone besutan Google yang diluncurkan Oktober 2019 ini memiliki desain khas yang hanya dimiliki oleh Google.

Ponsel ini tidak diragukan lagi performanya sebagai ponsel Android milik Google, karena ponsel ini memiliki skor mencapai 420 ribu di Antutu Benchmark.

Cukup aneh, mengingat handphone dengan kapasitas dan fitur perangkat yang sama ada di skor kisaran 360 ribu.

Hal tersebut Google mengukuhkan kelasnya sebagai produsen perangkat keras terbaik untuk masalah performa.

Layar Google Pixel 4 sunggu mengesankan. Menggunakan layar 5,7 inchi full HD+ untuk Pixel 4 dan kemasan display yang kaya dengan 6,4 inci Quad HD+ untuk Pixel 4XL.

Kedua perangkat telah dibekali dengan panel OLED refresh rate hingga 90 Hz yang sangat responsive dan memanjakan mata.

Google menyematkan hal baru dikelas perangkat android pada Pixel 4. Teknologi radar dimasukkan kedalam handphone ini yang membuat -pengguna dapat mengaktifkan motion gestur.

Fungsi dari radar ini kurang lebih hampir sama dengan Air Control S-Pen Galaxy Note 10, yang hanya dapat digunakan untuk beberapa aplikasi.

Termasuk untuk mengganti lagu dan pembaca berita. Google Pixel 4 dibandrol dengan harga 8 juta hingga 12 juta rupiah (2021).

Lihat juga : 15 Smartphone Murah terlaris Saat Ini

3. Google Glass Enterprise Edition 2

Google Glass Enterprise Edition 2

Google merilis Google Glass Enterprise Edition 2 pada Mei 2019. Produk tersebut dilengkapi dengan prosesor baru, kamera yang disempurnakan, port USB-C pengisian daya cepat, dan berbagai perangkat tambahan baru lainnya.

Google masih belum memposisikan Glass sebagai produk mainstream. Namun, mereka berharap penjualan Glass Enterprise Edition 2 bisa dipasarkan lebih luas suatu saat nanti.

Perangkat tersebut telah dipindahkan dari “Moonshot Factory”, perusahaan induk besutan Google Alphabet X, ke lini produk Google, yang memungkinkan Google memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat untuk perangkat yang dapat digunakan di tempat kerja.

Desain Google Glass Enterprise Edition 2 pada dasarnya tidak banyak berubah. Perangkat ini masih memiliki tampilan Head Up Dispaly (HUD) yang relatif sederhana, bukan headset mixed reality campuran seperti Microsoft HoloLens.

Namun, perangkat Google Glass Enterprise Edition tersebut telah dipersenjatai chip Qualcomm Snapdragon XR1 yang dirancang khusus untuk AR dan VR, dan kekuatan pemrosesan Artificial Intelegence (AI) yang telah ditingkatkan.

Produk ini dikhususkan untuk pengguna tingkat lanjut yang memiliki profesi seperti ahli bedah, pekerja pabrik, pekerja software engineer, dan professional lain.

Perangkat revolusioner ini telah dipersenjatai dengan frame pengaman terbaru yang diproduksi dengan kemitraan Smith Optics. Baterai yang lebih besar dan tahan lama berkapasitas 820mAh fast charge.

Kini Google Glass berjalan di sistem OS Android dengan dukungan penuh Android Enterprise Mobil Device Management. Perangkat Google Glass Enterprise Edition 2 dibanderol dengan harga sekitar 14,6 jutaan, dan belum tersedia untuk pasar Indonesia.

Lihat juga : 20 Aplikasi Android Terpopuler Saat Ini

4. Stadia Controller

Stadia Controller

Google Stadia adalah perangkat baru Google yang digunakan untuk bermain video game. Produk ini menggunakan pusat server Google yang besar dan canggih.

Pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan pembelian konsol dan CD game mahal atau merakit PC game untuk memainkan video game favorit Anda.

Para pengguna hanya membutuhkan perangkat elektronik, seperti ponsel pintar, TV atau PC biasa, ditambah koneksi dan pengontrol Internet yang kuat.

Bisakah Google Stadia memenuhi ekspektasi para gamer?. Prinsip kerja Google Stadia adalah mengirim input dari pengontrol (juga keyboard dan mouse) melalui Internet, lalu mengirimkan hasilnya kembali ke perangkat elektronik yang diperlukan (smartphone, TV, PC, laptop, tablet) cloud computing.

Dengan kata lain, Anda sebagai pengguna dapat memainkan game berat di browser Chrome (laptop, PC, tablet, smartphone), TV yang dilengkapi Chromecast Ultra, atau beberapa smartphone berbasis Android dengan menggunakan Google Stadia Controller.

Tidak hanya itu, Stadia Controller mampu mengirimkan stream video game dengan kualitas resolusi terbaik hingga 4K pada 60 frame per second (fps).

Perangkat ini harus didukung dengan kecepatan internet yang terbilang cukup kencang. Menurut Google, perangkat ini mampu bekerja dengan efektif di resolusi 4K dengan kecepatan internet stabil disekitar 10Mbps.

Sama dengan aplikasi Youtube, Google Stadia akan otomatis menurunkan resolusi permaninan apabila memiliki jaringan rendah yang tidak tabil. Perangkat ini dibandrol dengan harga 1 hingga 2 juta rupiah.

Lihat juga : 30 Headset Murah Terbaik Untuk Bermain Game

5. Google Jamboard

Google Jamboard

Jamboard sebenarnya merupakan aplikasi papan tulis yang sangat mudah dibagikan dan digunakan untuk sekolah dan juga bisnis.

Namun alat bantu tulis ini dihadirkan juga dalam bentuk perangkat keras dengan bentuk papan super besar yang digunakan pengguna untuk mengkomunikasikan ide dan berbagai informasi dalam rapat dan ruang kelar.

Perangkat keras ini dapat digunakan secara fisik hologram, maupun virtual langsung. Terdapat banyak sekali papan tulis yang beredar di pasaran.

Namun Jamboard dengan cepat membedakan dirinya dari perangkat keras lain dengan fitur yang berfungsi.

Pengguna tidak dapat membandingkan aplikasi ini dengan aplikasi sketsa tau desain grafis langsung seperti Adobe dan kawan-kawannya.

Jamboard berfokus pada fitur kualitas hidup yang membuatnya lebih mudah untuk menentukan catatan, menyampaikan ide, dan bahkan menjelaskan konsep.

Seolah-olah menggunakan papan tulis nyata Jamboard yang merupakan papan tulis digital berbasis layar dari Google ini dibandrol dengan harga $4.999 per-kit. Harga tersebut merupakan harga sekali bayar pada saat pembelian dan pemasangan.

Jamboard tidak dimaksudkan untuk penggunaan individu, perangkat ini ditujukan untuk bisnis dan institusi pendidikan yang dapat menggunakan layanan seperti acara virtual konferensi video atau kuliah online.

Papan ini bukan merupakan papan tulis biasa. Dilengkapi dengan perangkat layar sentuh dan stylus untuk menulis dan menggambar di layar yang sangat besar dimanapun anda berada.

6. Nest Learning Thermostat

Nest Learning Thermostat

Perangkat ini merupakan hardware besutan Google yang memiliki fungsi untuk mendapatkan beberapa suhu tepat di ruangan anda.

Nest Learning Thermostat hadir dengan layar yang besar, resolusi yang lebih baik, dan sensor untuk mendeteksi suhu yang cukup jauh. Perangkat ini dapat melihat waktu dan informasi suhu dari kejauhan.

Thermostat modern ini dapat difungsikan dengan integrasi suara menggunakan Google Assistant atau dengan menggunakan Alexa.

Produk yang dirilis pada tahun 2018 ini memiliki harga kisaran 280 dollar. Harga tersebut terbilang murah untuk ukuran pembaca suhu pintar.

Pengguna akan mendapatkan paket penjualan berupa sensor suhu sebanyak 15 unit yang dapat ditempelkan dibagian manapun di rumah anda sebagai sensor default yang berfungsi untuk dukungan pembaca suhu ruangan tertentu.

7. Google Pixelbook

Google Pixelbook

Tidak ada perangkat chromebook terbaik seperti yang dimiliki Google Pixelbook kali ini. Tenaga dan keserbagunaannya yang mengerikan membayangi sebagian besar pesaing kuat dikelasnya.

Dibekali dengan memori 8GB dan 16GB dengan prosesor i7. Produk ini menjadikannya salah satu Chromebook terbaik dan laptop 2-in-1 terbaik di luar sana (Techradar).

Google Pixelbook memiliki fitur lebih dari sekedar bentuk dan fungsi. Desain google yang memiliki banyak gaya dan kegunaan dipersenjatai dengan prosesor Intel Kaby Lake gen 7 yang sangat efektif digunakan untuk segala keperluan berat para pengguna.

Dilengkapi dengan layar sentuh 2.400 x 1.600 pixel yang menakjubkan, membuat mata anda tidak akan lelah apabila harus berjibaku dengan tugas-tugas berat di depan layar laptop.

Produk ini juga telah mendapatkan dukungan dari Pixelbook Pen, yang sayangnya harus dibeli secara terpisah.

Dengan masuknya Android, tanpa kehilangan fitur apapun dari sistem operasi Chrome, Google Pixelbook berhasil dengan lugas membantu meningkatkan profil Chromebook dipasaran.

Produk ini dapat dengan mudah melibas setiap produk Windows 10 yang berada di pasaran. Pixelbook merupakan produk Google yang cukup imersif dan mewah.

Harga bandrol mulai dari $999 hingga $1600 per unitnya membuat anda para pengguna harus merogoh kocek yang lebih dalam apabila ingin memboyong produk ini ke pasar Indonesia.

8. Nest Secure Home Security System

Nest Secure Home Security System

Google Nest Secure merupakan penyedia keamanan pribadi dengan integrasi rumah pintar yang mudah digunakan.

Namun, biaya pemasangan dan kepemilikian dari produk ini terbilang mahal dibandingkan dengan penyedia produk serupa, dan banyak fitur premium hanya dapat diakses dengan membayar biaya bulanan dari Google itu sendiri.

Meskipun demikian, jika Anda mencari solusi keamanan rumah buatan sendiri dan ingin menggunakan produk perusahaan ternama seperti Google, sistem Nest Secure mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk anda para pengguna.

Proses untuk membeli sistem Nest Secure berbeda dari kebanyakan penyedia keamanan lainnya karena semua pembelian dilakukan melalui Google Store.

Paket dasar yang ditawarkan oleh Google Nest Secure adalah seharga $ 249, termasuk stasiun pangkalan, FOB, dan dua sensor gerak.

Sayangnya harga tersebut adalah harga diskon yang turun dari $ 399. Setelah mendaftar ke paket dasar, pengguna dapat membangun sistem keamanan mereka sendiri dengan membeli aksesori tambahan.

Namun, hal ini dapat mengakibatkan biaya di muka yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sebagian besar pesaing Google Nest Secure menawarkan rangkaian opsi perangkat keras dan perangkat lunak yang terbaik di kelasnya.

Selain berbagai sensor gerak, kamera, dan asisten virtual, ada beberapa perangkat dan fitur inovatif yang akan didapatkan oleh para pengguna.

Fitur inovatif ini adalah pemancar Nest Guard, yang memiliki empat cara untuk mempersenjatai sistem, yaitu: Nest Tag, Aplikasi Nest, Asisten Google, atau menggunakan kode sandi.

Pengaturan ini dapat disatukan menggunakan aplikasi Nest Secure.

Produk Google Nest Secure ini memudahkan para pengguna untuk memberikan solusi keamanan ke dalam rutinitas harian dengan cara yang paling nyaman dan serba otomatis.

Dengan kata lain, protocol mengatur identitas dan akses untuk sistem keamanan dari produk ini memang berkualitas tinggi.

9. Nest Cam Outdoor

Nest Cam Outdoor

Produk terbaru dari Google kali ini adalah kamera tahan cuaca yang dilengkapi dengan kamera indoor milik Nest yang sudah ada.

Memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan Google Secure dan Google Learning Thermostat membuat produk ini tetap terasa modern dan kokoh.

Tidak mengherankan, kedua produk ini bekerja dengan mulus dalam aplikasi pendamping yang sama, tetapi produk Nest juga didukung oleh ekosistem perangkat rumah pintar dari merek lain sehingga dengan efektif dapat beradaptasi dalam lingkungan apapun.

Dengan harga $ 199, Nest Cam Outdoor tetap kokoh dan tahan air karena memiliki sertifikasi IP65. Produk ini berarti dapat bertahan dari banjir biasa dan tetesan air hujan.

Nest Cam Outrrood ini dilengkapi dengan basis magnet terpisah yang dapat disekrup ke dinding untuk menyediakan dudukan magnet untuk bagian belakang kamera yang bulat.

Kabel daya dipasang agak tidak selaras ke dasar kamera. Di sebelah saluran masuk ini adalah lubang speaker berlubang, berada di bagian bawah camera yang aman dari masuknya air.

Satu-satunya masalah adalah pengguna tidak dapat memasang kamera secara terbalik. Produk ini disambungkan kepada kabel USB yang kokoh, dan pada ujung 3m nya disambungkan melalui sambungan tahan air ke jalur 4,5m lainnya yang dapat dihubungkan ke adaptor daya listrik terdekat rumah anda.

Dilengkapi dengan kamera 1080p yang memiliki konfigursi otomatis ke mode 720p, produk ini mendapatkan gambar yang mulus tanpa hambatan.

Sepuluh sensor IR memastikan bahwa Nest Cam Outdoor dapat melihat dengan jelas dalam gelap. Mikrofon dan speaker terintegrasi untuk komunikasi audio dua arah.

Sayangnya Anda tidak akan menemukan slot kartu microSD untuk penyimpanan video lokal.

10. Google Chromecast 3

Google Chromecast 3

Terkadang, sebuah produk jauh memiliki sistem yang lebih maju daripada masanya sehingga produk tersebut dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa memerlukan desain ulang yang substansial. Hal ini berlaku untuk Google Chromecast.

Perangkat pemutar video streaming HD dari Google yang akan membuat TV anda lebih pintar dan lebih ramah pengguna hampir disetiap lini entertainment system.

Sekarang di generasi ketiganya, dirilis pada tahun 2018, Chromecast bekerja dengan menghubungkan langsung ke port HDMI di bagian belakang TV Anda.

Perangkat ini menarik daya dari port USB-nya dan kemudian dapat bertindak sebagai penerima sinyal untuk streaming tautan video yang dikirim dari ponsel lain atau dari tablet pengguna.

Sayangnya produk ini belum dapat menampilkan stream video dengan resolusi 4K.

Keajaiban akan terjadi ketika pengguna menekan tombol Google Cast yang terdapat di hampir sebagian besar aplikasi video streaming yang ada di Chromecast dan akan segera memulai streaming.

Ini adalah sistem yang sangat intuitif disaat Anda menggunakannya, produk ini secara nyata menghindarkan kebutuhan akan remote control terpisah yang memiliki banyak masalah.

Produk ini dibandrol hanya dengan harga 500 ribuan saja, yang dapat anda dapatkan di marketplace di Indonesia.

11. Daydream View (2017)

Daydream View (2017)

Sebagai permulaan, Daydream View merupakan produk pelindung VR baru yang terbuat dari bahan yang berbeda dari edisi sebelumnya.

Google Daydream View (2017) dilapisi dengan bahan courser persis seperti yang dapat ditemukan di kursi ruang tunggu kantor atau sofa empuk di ruang tamu Anda.

Jenis headset ini yang membutuhkan ponsel cerdas yang ditempatkan di dalamnya agar dapat digunakan sebagai pemancar video 3D yang revolusioner.

Perangkat ini hadir sebagai alternatif perangkat yang ramah kantong untuk penyiar layar smartphone yang menjadi lebih nyata.

Google Daydream View (2017) pada dasarnya adalah wadah untuk VR, sebuah wadah yang, dengan sendirinya, tidak lebih dari cangkang berlapis kain dengan lensa.

Ini adalah saluran di mana Anda dapat mengalami pengalaman VR yang disalurkan dari ponsel Anda, melalui aplikasi Daydream dan berbagai aplikasi dan game yang tersedia didalamnya.

Dalam hal ini, pengguna akan melakukan pembayaran produk yang secara konsep menggunakan VR untuk memainkan aplikasi yang tersiar melalui layar ponsel pintar.

Dan karena ponsel pintar adalah sumber kehidupan Daydream View, pengalaman Anda bergantung pada resolusi, daya pemrosesan, dan masa pakai baterai ponsel pintar yang anda miliki.

12. Nest Hello

Nest Hello

Produk ini merupakan produk terbaru dari Google yang berfungsi sebagai bel, kamera, pengambil suara, dan juga pengamanan ring 2 / eksternal yang dapat dipasang untuk mengamankan pintu depan rumah anda.

Nest Hello menghadirkan persaingan serius untuk Ring 2 di sektor bel pintu pintar, dengan desain yang stylish, memiliki video HD HDR, pengenalan wajah instan, dan perangkat aplikasi yang mudah digunakan.

Nest Hello harus disambungkan dengan Wi-Fi ataupun koneksi jaringan lainnya agar dapat selalu digunakan secara terus menerus.

Tidak perlu pusing dengan baterai, produk ini menggunakan saluran listrik langsung untuk menghidupkan powernya selama 24/7.

Pemasangan Nest Hello mungkin akan sedikit merepotkan, namun jika anda mencari penjaga pintu yang cerdas dan memiliki salah satu kamera keamanan terbaik di pasaran, Google Nest Hello tentu perlu dipertimbangkan.

Harga Nest Hello dibandrol seharga $ 229 khusus untuk perangkat utamanya saja Tetapi Nest menawarkan paket instalasi professional yang hanya tersedia di Inggris yang membutuhkan biaya hingga £ 329 (sekitar $ 430).

Cukup mahal apabila digunakan atau dipasarkan di Indonesia. Cara lain untuk menghemat uang demi mendapatkan produk ini adalah dengan membeli beberapa produk Nest lainnya secara bersamaan.

Sayangnya penawaran bundel berbeda di setiap wilayah sehingga pengguna harus memeriksa di situs web Nest untuk update list harga secara realtime.

Itulah produk-produk perangkat keras terbaik yang telah diproduksi oleh Google. Anda tertarik?

Segera lakukan pembelian dengan mengunjungi situs marketplace luar negeri terbaik yang anda miliki. Pastikan melakukan pembelian dengan menggunakan paket lengkap yang terjamin keamanan serta orisinalitas-nya.

Lihat juga : 15 Gitar Murah Terbaik Untuk Pemula

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button