Blog

Cara Usaha Laundry Pemula Dengan Modal Terbatas

Analisa, Resiko, Modal, Panduan dan Tips Di Bisnis Laundry

Jika Anda bingung mencari usaha yang bisa dilakukan online atau offline. Mungkin solusinya usaha laundry. Benar sekali, usaha mencuci dan menyetrika ini tetap menjadi primadona.

Usaha laundry kiloan tetap laris manis di pasaran. Sibuknya kegiatan masyarakat sekarang, membuat sehingga membuat mereka tidak sempat untuk cuci baju apalagi setrika.

Dan menjalankan bisnis laundry rumahan sangat mudah. Hanya menyediakan tempat dan modal sedikit. Juga tidak diperlukan kursus untuk memulai usaha laundry.

Sebelum kita memulai cara mengerjakan bisnis laundry ini, mari kita bahas kelemahan dan keunggulan bisnis ini.

Kelemahan Usaha Laundry

Karena usaha ini sangat mudah dilakukan, tanpa memerlukan keahlian khusus. Sudah pasti banyak pelaku bisnis laundry ini. Dan akibatnya, persaingan semakin tinggi.

Kemudian, peralatan yang digunakan seperti mesin cuci dan pengering, memiliki batasan usia. Sehingga suatu saat, Anda harus menyiapkan dana untuk membeli mesin cuci sekaligus pengering.

Terakhir, bisnis laundry merupakan bisnis yang rawan komplain. Misalnya, pakaian rusak, warna pudar, tidak bersih, bau dan masalah-masalah lainnya.

Keunggulan Usaha Laundry

Keunggulan pertama dari usaha cuci baju ini adalah tidak memerlukan skill. Anda tidak perlu kursus mencuci dan setrika. Karena mencuci dan setrika dengan benar hanya membutuhkan waktu belajar sebentar.

Lalu, modal yang dikeluarkan juga tidak banyak. Mulai dari peralatan hingga sewa tempat. Anda bisa menggunakan rumah sendiri.

Permintaan jasa cuci baju dan setrika sangat tinggi. Rata-rata masyarakat mencuci baju dan setrika 2 kali dalam seminggu.

Apalagi menyewa jasa pembantu, sudah pasti biaya sangat mahal. Biasanya pembantu lepas hanya untuk mengurus cuci dan setrika baju dapat bayaran 50 ribu atau 100 ribu.

Maka dari itu, banyak yang beralih menggunakan jasa laundry. Lebih murah, cepat dan hasilnya bagus.

Agar lebih jelas, kami akan membeberkan kerugian dan keuntungan dalam bisnis laundry. Yuk simak di bawah ini.

Lihat juga : Mesin Cuci yang Cocok untuk Jasa Laundry Pemula

Kerugian dalam Menjalankan Bisnis Laundry

  1. Bisnis laundry merupakan bisnis sejuta umat. Artinya pesaing dalam usaha ini sangat banyak. Cobalah amati sekitar lingkungan Anda, pasti Anda menemukan 3 sampai 5 pelaku bisnis laundry rumahan. Apalagi sekarang, bisnis laundry menjamur.
  2. Modal yang dikeluarkan lumayan besar. Mulai dari membeli mesin cuci dan pengering, membuat saluran air panas dan paling besar sewa tempat. Mendapatkan lokasi strategis tentu mengeluarkan uang sewa tinggi. Minimal 30 juta hingga ratusan juta untuk sewa per tahun.
  3. Menyita waktu banyak. Usaha laundry tidak mengenal hari libur. Karena permintaan cuci baju dan setrika dari pelanggan selalu tinggi. Agar menjaga kualitas pelayanan bisnis laundry Anda, Anda harus selalu siap sedia. Jangan lupa atur jam operasional bisnis Anda.
  4. Harus serba bisa. Khususnya untuk Anda yang bermodal pas-pas an. Memulai usaha laundry sendirian tanpa ada karyawan. Disini Anda harus bisa menjadi operator mesin cuci, menyetrika baju, menjadi bagian keuangan dalam mengurus tagihan listrik dan air, dan juga memperhatikan kualitas peralatan yang digunakan dalam usaha laundry. Misalnya, putaran mesin cuci tidak bekerja dengan baik. Tentu Anda harus mengatasi permasalahan itu, dengan memanggil jasa perbaikan mesin cuci.
  5. Siap mental dan tenang menghadapi komplain pelanggan. Mulai dari waktu telat, pakaian rusak, bau, luntur dan masalah lainnya. Selalu bertanggung jawab agar tidak kehilangan pelanggan.

Keuntungan dalam Menjalankan Bisnis Laundry

  1. Cepat balik modal. Profit yang di dapatkan setiap bulannya sudah menutupi 1/4 dari modal yang dikeluarkan. Makanya, banyak orang-orang berlomba menjalankan bisnis laundry ini.
  2. Tidak musiman. Permintaan pakaian bersih dan wangi selalu tinggi di kalangan masyarakat. Tidak dipengaruhi kondisi apa pun. Selalu saja ada permintaan. Khususnya di musim liburan, permintaan cuci baju dan setrika melonjak.
  3. Manajemen sangat mudah. Di dalam dunia bisnis laundry, baik itu, bisnis laundry koin maupun usaha laundry kiloan, Anda tidak perlu diribetkan dengan biaya inventaris, tenaga kerja, dan jual beli produk. Yang pasti, bisnis laundry tidak membutuhkan keahlian khusus ataupun pengalaman.
  4. Pembayaran langsung. Dalam bertransaksi di usaha laundry terutama dalam pembayaran, dilakukan langsung. Pelanggan datang mengantar cucian kotor kemudian bayar tunai. Sangat beda dengan bisnis lainnya, yang pembayaran bisa hitungan hari maupun mingguan.
  5. Fleksibel. Di dalam bisnis Anda menjadi bos. Anda terhindar dari celotehan pimpinan. Anda bisa mengatur jam kerja, karyawan, libur kapan saja. Dan juga mengatur promosi untuk menarik banyak pelanggan.
  6. Bebas biaya franchise. Ini berlaku bagi Anda yang ingin memiliki brand sendiri, dan keuntungan maksimal tanpa dibagi ke orang lain.
  7. Membantu keluarga. Jika bisnis laundry Anda sudah besar dan membutuhkan tenaga kerja. Gunakan tenaga kerja dari anggota keluarga dan saudara-saudara lain. Dengan cara ini, sepertinya lebih membuat lega, daripada mempekerjakan orang lain yang tidak dikenal.
  8. Peralatan mudah dijual. Jika Anda memutuskan pensiun ataupun bangkrut, peralatan laundry Anda bisa dijual. Sangat mudah menjualnya, karena bisnis laundry memiliki banyak peminat. Baik itu pemula maupun sudah kawakan.

Cara Memulai Usaha Laundry

Untuk melakukan usaha laundry, ada beberapa persiapan penting yang harus Anda siapkan. Apa saja itu? Berikut persiapan yang penting yang harus disiapkan.

Modal Usaha Laundry

Ada 2 jenis modal yang digunakan di dalam usaha laundry. Yakni, pertama modal investasi awal yang digunakan untuk membeli peralatan. Yang kedua modal biaya operasional, baik itu harian maupun bulanan.

Mari kita mulai dengan modal awal ya.

Modal Awal Investasi

Mesin cuci2 unitRp5,000,000,-
Mesin pengering1 unitRp1,500,000,-
Setrika5 unitRp600,000,-
Timbangan digital1 unitRp350,000,-
Renovasi ruangan1 kaliRp1,000,000,-
Meja dan kursi1 setRp500,000,-
Promosi awal(spanduk, brosur/selebaran, papan petunjuk arah dll)Rp800,000,-
Total modal investasi awalRp9,750,000,-

Modal Biaya Operasional Bulanan

Listrik dan AirRp1,000,000,-
DetergenRp500,000,-
PewangiRp200,000,-
Gaji karyawanRp1,500,000,-
Bensin (antar-jemput)Rp200,000,-
Biaya kebersihan & lain-lainRp200,000,-
Total biaya operasional bulananRp3,600,000,-

Total modal adalah : Rp. 13.350.000

NB:

Perhitungan modal di atas hanya perkiraan saja ya. Karena mungkin ada perbedaan harga di setiap daerah. Anda juga bisa menghilangkan biaya pegawai dan layanan antar-jemput, jika modal tidak memadai.

Selain itu, Anda juga bisa memulai dengan membeli peralatan bekas yang jauh lebih murah dibandingkan membeli baru.

Dari rincian modal usaha laundry di atas, maka kita bisa menghitung pendapatan per bulannya. Pastikan semua perhitungan modal usaha laundry sudah catat secara lengkap ya.

Kemudian menentukan harga laundry untuk per kilo nya. Anggap saja Anda menetapkan harga jasa laundry Rp.6.000 per kilo. Dengan target mendapatkan 40 kilo baju kotor per hari. Maka pendapatan dalam sebulan adalah :

Rumusnya : Jumlah baju kotor per hari x jumlah hari dalam sebulan x harga per kilo

Menjadi : 40 kg x 30 x Rp.6.000

Hasilnya : Rp.7.200.000

Setelah itu, hasil tersebut dikurangkan dengan modal biaya operasional bulanan. Menjadi :

Rp.7.200.000 – Rp.3.600.000

Hasilnya : Rp.3.600.000

Jika menghitung balik modal dari perhitungan di atas, maka balik modal bisa terjadi di bulan keempat.

NB:

Perhitungan profit peluang usaha laundry di atas hanya perkiraan saja. Bisa jadi kurang atau lebih. Semua tergantung dari harga permintaan setiap daerah, sudah punya nama, jumlah pesanan laundry per hari dan juga hal-hal tidak terduga.

Itulah tadi modal paket usaha laundry. Semua hanya perkiraan saja. Nominal di atas bisa berubah atau tidak sesuai. Itu disebabkan beberapa faktor yang telah kami singgung sebelumnya.

Selanjutnya membahas, bagaimana sih membuat usaha laundry Anda bisa berkembang dengan pesat. Bisa mengalahkan pesaing dan meningkatkan pemasukan dalam bisnis laundry Anda.

Tips dan Panduan Menjalankan Usaha Laundry

Ada banyak cara untuk menghasilkan pemasukan banyak di usaha laundry. Tetapi disini kami akan membahas beberapa cara dan tips, yang terbukti cepat menghasilkan cuan di bisnis laundry.

Semua ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami dari berbagai sumber. Berikut tips dan panduan menjalankan usaha laundry.

1. Kenali Lokasi Usaha

Setelah Anda mengetahui modal awal menjalankan bisnis laundry, langkah selanjutnya menentukan lokasi usaha laundry Anda.

Kenali masyarakat sekitar lokasi usaha Anda. Mulai dari :

  • Padatnya jumlah masyarakat tinggal di sekitar lokasi usaha.
  • Jumlah usaha jasa laundry di sekitar lokasi usaha.
  • Aktivitas dan kegiatan masyarakat sekitar. Apakah pekerja yang sibuk dan mahasiswa/i atau kebanyakan keluarga yang tidak mempekerjakan asisten rumah tangga.
  • Permintaan layanan laundry di sekitar lokasi usaha Anda. Lakukan survei dan pengamatan.

Jika lokasi yang sesuai terlalu mahal untuk kocek Anda, lalu memilih lokasi kurang strateggis. Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menyiasatinya dengan mengoptimalkan promosi.

Tentu promosi ini harus didukung kualitas layanan laundry yang Anda sediakan. Misalnya, alasan memilih jasa laundry Anda, apakah harga lebih murah, cepat, bersih, layanan antar jemput, dan alasan lainnya membuat usaha laundry Anda begitu sangat spesial.

2. Menetapkan Harga

Tentukan harga jasa laundry yang tepat dan sewajarnya. Harga murah sudah pasti dicari banyak orang. Namun, jangan karena hanya murah, kualitas layanan pun dilupakan.

Beri harga yang pas, sesuai dengan perhitungan balik modal dan profit didapatkan perbulan. Tidak ada salahnya memberikan harga promo jauh lebih murah dari kompetitor bisnis Anda. Disertai dengan layanan oke lainnya. Seperti gratis layanan antar jemput, pesanan nyuci 10 kilo dapat bonus 1 kilo.

Berikan bonus-bonus menarik dengan harga murah Anda. Cara ini bisa merayu calon pelanggan dan menjadikan mereka menjadi pelanggan tetap Anda.

Anda juga bisa memberikan harga untuk berbagai paket. Misalnya Paket Cuci Bersih Langsung Pakai dalam hitungan 2 jam, Anda bisa menetapkan harga khusus. Atau Paket Cuci Kilat dan sebagainya.

Dengan cara ini, juga bisa menambah penghasilan usaha laundry.

3. Tidak Perlu Franchise

Buatlah brand sendiri. Anda tidak perlu ikutan franchise, walaupun pemilih franchise sudah terkenal. Menjalankan usaha laundry tidak sulit, apalagi menjadikan brand Anda terkenal. Dengan mengikuti panduan di artikel ini, brand laundry Anda bisa cepat terkenal.

Dengan begini, keuntungan sepenuhnya bisa Anda miliki. Daripada franchise, Anda mendapatkan keuntungan yang dibagi untuk pemilik franchise.

4. Tingkatkan Promosi

Mengoptimalkan promosi berlaku untuk Anda, yang baru mulai, atau yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis laundry.

Berlaku juga untuk lokasi usaha yang kurang strategis. Tujuan promosi sudah jelas, yakni memperkenalkan bisnis Anda ke banyak orang. Semakin terkenal usaha Anda, semakin tinggi peluang mendapatkan pelanggan.

Ada 2 jenis promosi yang dilakukan para pelaku usaha laundry. Yakni promosi online dan offline.

Promosi Online

Promosi satu ini, sering digunakan untuk mempromosikan berbagai bisnis. Hemat dan target pemasaran juga banyak. Manfaatkan pemasaran digital seperti whatsapp, facebook, twitter dan media sosial lainnya.

Buatlah iklan online menarik dan kekinian kalau bisa. Bergabung juga dengan grup-grup yang anggota-anggotanya berdomisili dekat lokasi usaha Anda.

Promosikan ke orang-orang tinggal di sekitar lokasi bisnis Anda ya. Anda tidak mungkin memasarkan jasa laundry Anda di Bandung, jika lokasi usaha Anda di Jakarta.

Anda juga bisa membuat website khusus untuk bisnis laundry Anda. Untuk meningkatkan ketenaran brand usaha Anda di internet.

Promosi Offline

Promosi jenis satu ini merupakan alat pemasaran yang masih tetap dilakukan. Penerapannya sedikit berbeda dengan promosi online. Promosi offline membutuhkan biaya, mobilitas, skill desain dan waktu.

Untuk memulai promosi offline bisa dengan cara :

  • Membuat kartu nama, brosur, selebaran atau pamflet. Kemudian berikan ke orang-orang di sekitar lokasi usaha Anda.
  • Memasang iklan di media cetak atau koran lokal. Rutinlah beriklan di korang. Setidaknya seminggu sekali.
  • Berpartisipasi di kegiatan masyarakat sekitar lokasi usaha Anda. Seperti, mensponsori kegiatan 17 Agustus, berdonasi di kegiatan amal, kegiatan gotong royong serta meningkatkan hubungan sesama warga di sekita lokasi usaha Anda.
  • Membuat papan petunjuk arah. Anda bisa menggunakan papan petunjuk arah, untuk memudahkan masyarakat sekitar menemukan jasa laundry Anda. Cara ini cukup efektif untuk menjaring konsumen.

Khusus untuk promosi offline menempelkan brosur atau selebaran, sebaiknya tidak boleh dilakukan ya. Karena merusak keindahan dan membuat kondisi kumuh. Anda pasti tidak mau brand bisnis Anda sebagai pelopor perusak keindahan lingkungan.

5. Optimalkan Layanan Jasa Laundry

Promosi tanpa layanan bagus, sudah pasti tidak menghasilkan apa-apa. Untuk itu, optimalkan mutu layanan jasa laundry Anda. Mulai dari :

  • Tepat waktu. Pastikan Anda menyelesaikan pekerjaan laundry tepat waktu, sesuai dengan kesepakatan Anda dengan pelanggan. Karena bisa jadi, pakaian yang dicuci sangat dibutuhkan oleh pelangggan. Misalnya kondangan, rapat, sekolah dan lain-lain.
  • Bersih, wangi dan rapi. Salah persyaratan hasil yang diinginkan pelanggan dari usaha laundry Anda. Jangan asal-asalan mencuci dan memberikan deterjen yang keras. Bisa menyebabkan noda ataupun warna luntur. Setrika terlalu panas, cuci terlalu buru-buru karena lonjakan pesanan tinggi. Utamakan yang terbaik untuk pelanggan Anda.
  • Layanan antar jemput. Ada baiknya mengadakan layanan ini. Khususnya menargetkan orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk mengantar baju cucial ke toko laundry Anda. Jika Anda keberatan melakukan layanan ini sendiri, pekerjakan seseorang untuk mengerjakan tugas ini. Dijamin, pesanan jasa laundry Anda semakin banyak.
  • Selalu siap siaga. Selalu cepat melayani telp, sms atau wa dari pelanggan Anda. Layani dengan bahasa friendly. Berikan informasi selengkapnya tentang usaha Anda.

6. Menentukan Jam Operasional

Tetapkan jam operasional Anda. Tujuannya, agar Anda tidak terbebani dengan waktu. Ada waktu Anda untuk istirahat. Istirahat cukup sangat penting untuk kesehatan Anda. Jangan sampai bisnis laundry Anda terhambat karena kesehatan terganggu akibat kurangnya istirahat.

Selain itu, buat sebuah papan pemberitahuan jam buka jasa laundry Anda. Gunanya agar pelanggan tahu waktu mengantar cucian baju kotor ke toko usaha laundry Anda.

7. Kenali Jenis Pakaian

Anda mengenali jenis kain pada pakaian yang akan dicuci di usaha laundry Anda. Agar Anda bisa memperlakukan semestinya ke jenis pakaian tersebut.

Perlakukan ini harus dilakukan, supaya tidak terjadi kerusakan pada pakaian laundry milik pelanggan. Apakah mencuci pakaian harus menggunakan air hangat, deterjen banyak atau sedikit, level kecepatan pengering atau pencuci dan perlakuan khusus lainnya.

Anda harus belajar lagi mengenali jenis-jenis pakaian khusus, agar menghindari resiko yang terjadi. Daripada Anda harus mengganti pakaian bekas dengan pakaian baru, lebih mencegah dari sekarang.

8. Amati Pesaing

Lakukan pengamatan pada pesaing atau kompetitor usaha Laundry Anda. Jika ada yang cocok ditiru, tiru saja. Bahkan, kalau bisa dioptimalkan.

Tidak perlu malu untuk melakukan cara ini. Yang penting Anda tidak membuat kerugian apa-apa ataupun berlaku jahat kepada kompetitor Anda.

Jadikan tolak ukur untuk menjadi bisnis laundry Anda semakin besar.

9. Penerapan Cuci Efektif

Tentukan cara mencuci yang efektif, untuk mengatasi masalah telat waktu dan menghindari resiko kerusakan. Cari teknik mencuci cepat tanpa melupakan kualitas bersih, wangi, dan tidak menguras banyak waktu.

Contohnya, berapa kilo dalam 1 mesin cuci, berapa kilo untuk dikeringkan, kondisi baju saat disetrika dan lain-lainnya.

Jangan lupa memilih deterjen dan pewangi yang benar. Jangan salah pilih, hanya memilih harga murah malah mendapatkan resiko.

10. Manajemen

Manajemen yang dimaksud disini adalah manajemen keuangan. Anda harus mengatur semua pengeluaran dan pemasukan sedetil mungkin di usaha laundry yang Anda lakoni.

Salah satu faktor penyebab bangkrutnya usaha adalah salah mengatur keuangan. Buat pembukuan, lalu catat semua dana keluar dan dana masuk.

Kami tidak akan menjelaskan secara detail mengenai manajemen keuangan di bisnis. Anda mencari tahu di sumber-sumber terpercaya di internet.

Itulah tadi tips dan panduan memulai usaha laundry, berdasarkan pengalaman dari pelaku usaha jasa laundry terkenal di Indonesia. Anda bisa menerapkan ke bisnis laundry Anda. Sekaligus mengatasi permasalahan permasalahan yang terjadi di usaha laundry Anda.

Prospek Usaha Laundry

Prospek bisnis laundry sangat bagus, dan memiliki peluang yang menghasilkan keuntungan dengan mudah. Karena permintaan jasa cucui baju masih diminati masyarakat zaman kini.

Selain itu, bisnis laundry bisa dikembangkan dari laundry pakaian, menjadi laundry sepatu, tas, helm, boneka, karpet dan produk lainnya.

Tetapi yang dikhawatirkan di masa mendatang adalah, harga mesin cuci yang semakin murah. Dengan mendapatkan harga mesin cuci disertai pengering yang murah, sudah pasti banyak yang beli.

Ini menyebabkan permintaan jasa cuci baju bisa berkurang. Apalagi mencuci baju dengan mesin cuci, tidak memerlukan skill khusus ataupun harus mengikuti kursus.

Tapi untuk masa 20 tahun kedepannya, prospek usaha laundry masih menjanjikan untuk dijadikan pendapatan sampingan atau pokok.

Sekian dulu artikel bisnis kali ini. Artikel ini ada kekurangannya. Dan kami sangat terbantu, jika Anda sudi memberitahu kekurangan artikel ini, dengan menggunakan kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman ya. Sumber artikel : Analisa Bisnis Laundry Rumahan dan Pelaku Usaha Laundry Sukses di Indonesia.

Lihat juga : Cara Sukses Berjualan Di Shopee

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button