Analisa Usaha Menjalankan Toko Alat Tulis Kantor

Analisa Usaha Menjalankan Toko Alat Tulis Kantor. Alat tulis memang banyak digunakan oleh banyak orang untuk bermacam kegiatan. Seperti menulis, menggambar, melukis dan masih banyak lagi. Peralatan tulis akan selalu dibutuhkan. Sebab, manusia saat ini belum bisa meninggalkan kebiasaan dalam menulis menggunakan pensil. Meskipun berbagai teknologi sudah bisa menggantikan peran pensil tersebut.

Mengapa bisnis alat tulis banyak pemainnya?

Sebab usaha yang satu ini tidak serumit usaha kuliner. Jika usaha kuliner tidak akan mati karena perkembangan zaman, sama halnya dengan usaha jual alat tulis menulis. Karena usaha kuliner bisa jadi terdapat kerugian sebab bisnis tersebut memiliki batas waktu.

Artinya harus laku sebelum kuliner yang dijajakan basi. Sedangkan bisnis ini nantinya akan terus berkembang dan dibutuhkan sebab barang yang dijual hampir semuanya tidak memiliki batas waktu. Asalkan letak menyimpan alat baik dan sesuai, maka meskipun disimpan dalam waktu yang lama akan baik-baik saja.

Kelebihan Dan kekurangan Usaha ATK

Yang pertama kita membahas kelebihan atau keuntungan dalam usaha ATK dulu ya. Biar makin semangat. Biasanya orang memulai usaha itu melihat dari segi keuntungan dulu baru memikirkan kerugian setelah bangkrut.

Keuntungan Membuka Usaha ATK

  1. Risiko dalam bisnis relatif rendah
  2. Keuntungan yang cukup besar
  3. Alat tulis menulis akan selalu dibutuhkan banyak orang
  4. Kegiatan operasional yang tidak begitu ribet
  5. Bisnis cenderung mudah dilakukan
  6. Barang tahan lama (tanpa expired)

Nah, setelah enak-enak mikirin keuntungan membuka usaha ATK. Lanjut dengan kerugian atau kekurangan dalam usaha alat tulis kantor ini. Berikut kerugian yang akan terjadi jika salah managemen.

Kekurangan Bisnis Alat Tulis

Apa saja sih kelemahan atau kerugian dalam bisnis ini? Yang pertama, perlu modal yang cukup besar, meskipun pasti balik modal. Kedua, usaha ini musiman, ramai di waktu mendekati masuk sekolah, perkuliahan atapun perkantoran.

Sehingga saat libur sekolah, omzet dari bisnis ini tidak sebesar saat adanya kegiatan belajar di sekolah. Selain itu waktu balik modal dalam usaha ini terbilang cukup lama karena usaha ini sifatnya jangka panjang. Alasan itulah perlu strategi yang tepat dan dilakukan secara optimal agar bisnis semakin berkembang.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan dalam usaha alat tulis. Kemudian mari kita membahas modal usaha atk yang dibutuhkan untuk seorang pemula. Berapa sih modal uang harus dikeluarkan? Yuk simak informasi berikut ini.

Analisa Usaha Menjalankan Toko Alat Tulis Kantor

Ada 3 jenis modal yang akan dibahas. Yakni modal sewa tempat, peralatan dan operasional. Kita mulai dari modal sewa tempat ya.

Modal Sewa Tempat

Biasanya untuk menghasilkan penjualan tinggi, memerlukan tempat yang ramai. Setidaknya mengetahui lokasi yang banyak dihuni anak sekolahan, mahasiswa dan karyawan. Untuk itu, sudah pasti hasrga sewa tempat akan menjadi mahal. Nah, setelah kami survei bahwa sewa tempat di daerah perkuliahan rata-rata 30 juta hingga 50 juta per tahunnya.

Jadi siapkanlah modal sewa tempat dengan kisaran 50 juta untuk per tahun. Jika sudah punya tempat sendiri lebih baik lagi. Sehingga menghemat pengeluaran modal. Membuat lega karena tidak memikirkan modal yang bertambah besar dengan urusan sewa tempat usaha.

Modal Peralatan

Selanjutnya melirik besar modal peralatan yang dibutuhkan. Kami sudah menyiapkan informasi biaya seminimal mungkin untuk mengadakan peralatan dalam bisnis atk. Khususnya untuk pemula. Berikut rincian modal peralatan dalam usaha alat tulis.

PeralatanBiaya Keluar
Rak besi 4 buahRp. 2.000.000
Lemari etalase 2 buahRp. 1.800.000
Mesin kasirRp. 1.000.000
Mesin detektor uangRp. 300.000
Neon boxRp. 400.000
BannerRp. 100.000
TotalRp. 5.600.000

Jadi total modal biaya untuk peralatan sekita 6 juta ya. Tidak terlalu besar ya untuk zaman sekarang ini. Coba zaman dulu, uang sebesar ini sudah bisa sewa rumah besar untuk 3 tahun. Masa sih?

Modal Operasional

Berikutnya membahas pengeluaran modal operasional. Di modal ini akan selalu kamu keluarkan setiap hari, mingguan atau bulanan. Tergantung persediaan produk yang jual di toko. Modal ini juga yang mengatur profit dalam usaha alat tulis. Berikut modal operasional bisnis atk untuk pemula.

Jenis OperasionalBiaya Keluar
ListrikRp. 300.000
Gaji 4 karyawanRp. 3.200.000
Biaya promosiRp. 100.000
Modal produkRp. 8.000.000
TotalRp. 11.600.000

Jadi modal operasional sekitar 12 jutaan. Gaji karyawan terlalu kecil ya. Namanya juga baru memulai. Setelah bisnis berkembang menjadi besar, jangan lupa menaikkan gaji karyawan ya.

Itulah tadi modal usaha atk untuk pemula. Dalam usaha yang dibutuhkan kerja keras dan rajin mempromosikan produk-produk. Jangan berleha-leha. Selanjutnya mari kita membahas omzet dan profit dalam usaha ala tulis menulis ini.

Perhitungan Omzet Dan Profit Usaha ATK

Dalam perhitungan biaya yang dikeluarkan setiap bulannya yang pasti biaya listrik, karyawan, promosi dan persediaan barang yang dijual. Jadi dalam pengamatan kami. Menjual atk dalam lingkungan mahasiswa bisa menghasilkan omzet sebesar minimal 500 ribu per hari. Jadi dalam 1 bulan bisa menghasilkan 15 juta dalam perbulan. Dengan catatan tiada tanpa hari lubur dalam 1 bulannya.

Jadi masih menghasilkan profit. Profit yang di dapat, cara menghitungnya adalah Omzet – Pengeluaran Perbulan. Pengeluaran perbulan sekitar 12 juta. Jadi profit = 15 juta – 12 juta = 3 Juta. Ini hanya hitungan mengira-ngira saja. Fakta di lapangan yang terjadi, sebuah toko yang berjualan di lingkungan kampus bisa mengantongi omzet 700 ribu per hari bahkan lebih.

Dengan rincian hitungan diatas, kamu pasti sudah bisa menghitung kapan balik modal bukan? Dalam hitungan 6 bulan, modal akan kembali dan di bulan berikut nya menikmati keuntungan. Dan jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk membeli jenis produk atk dan sewa tempat.

Strategi Menjalankan Usaha ATK Untuk Pemula

Untuk menjalankan atau memulai bisnis belum pernah dijalani sama sekali. Kamu perlu strategi atau tips yang bisa membimbing kamu untuk menuju kesuksesan. Termasuk dalam usaha atk. Ada beberapa tips dan panduan untuk memulai bisnis atk ini. Yuk simak di bawah ini.

1. Membuat Konsep Usaha

Konsep usaha inilah yang akan menentukan gambaran dari usaha yang akan dijalankan. Banyak orang yang terlalu menyepelekan konsep usaha dan berakibat fatal terhadap usaha yang dilakoninya.

Hanya bermodalkan nekat saja apapun jenis usaha tidak akan bertahan lama. Perlu adanya ide-ide cemerlang yang bisa kamu dapatkan dari teman, saudara dan orang terdekat lainnya bahkan dari orang yang sudah lebih dulu terjun di usaha ini.

2. Kenali Target Pasar

Hal yang perlu kamu ketahui di awal sebelum mendirikan bisnis alat tulis menulis ialah menentukan target pasar. Tentu, jika berbicara mengenai alat tulis target pasar yang dituju tidak lain ialah orang-orang yang berkecimpung di dunia tulis menulis.

Seperti anak sekolah, perkuliahan, hingga dunia perkantoran. Orang-orang inilah yang akan selalu membutuhkan alat tulis menulis. Jika dilihat usaha ini sebenarnya memiliki target pasar yang sangat luas. Oleh karenanya bisnis alat tulis menulis ini bisa dicoba.

3. Memilih Lokasi Usaha

Menentukan lokasi yang tepat diperlukan sebagai langkah untuk menarik banyak pelanggan. Karena target pasar kebanyakan ialah orang-orang yang sedang menempuh pendidikan, maka lokasi yang tepat ialah berada di dekat sekolah, kampus dan perkantoran. Harapannya ialah target pasar memilih kios kamu karena letaknya yang berdekatan dan bisa diakses sekali jalan.

Selain itu, bisa memanfaatkan apabila target pasar lupa membawa alat tulis yang dibutuhkan dan mau tidak mau akan membeli barang yang dibutuhkan tersebut.

Syarat pemilihan lokasi selanjutnya ialah tidak terpelosok dan usahakan berada di pinggir jalan atau sederhananya ialah mudah diakses oleh pelanggan. Pemilihan lokasi juga penting untuk mempertimbangkan areal parkir untuk pelanggan.

Sehingga perlu memberikan parkir yang luas untuk membuat nyaman pelanggan. Setelah menentukan lokasi yang terbaik maka langkah selanjutnya ialah bagaimana menata desain interior dari kios kamu.

Usahakan untuk menata barang yang memiliki kegunaan yang sama di satu lokasi. Contohnya seperti pensil, pulpen, spidol dan alat khusus untuk menulis disendirikan di rak khusus. Begitu pula dengan bermacam buku seperti buku tulis, buku gambar, dan lain sebagainya ditaruh di rak khusus untuk buku.

Dengan begitu tata letak barang akan menjadi rapi. Hal itulah yang akan mendapatkan nilai positif dari pelanggan. Desain interior juga bersifat menyeluruh artinya, kebanyakan toko alat tulis membangun usahanya dengan tema yang minimalis. Minimalis ini mulai dari segi bangunan, rak yang digunakan dan lain sebagainya yang cenderung akan menambah kenyamanan pelanggan dalam berbelanja alat tulis menulis.

4. Mencari Supplier Terpercaya

Pasti dalam membangun bisnis alat tulis diperlukan pemasok peralatan tulis yang baik dan profesional. Pemasok inilah yang nantinya akan memasok peralatan alat tulis yang kamu butuhkan. Dalam menentukan pemasok alat tulis ini diperlukan beberapa kriteria untuk menentukan pemasok yang dapat dipercaya. Berikut kriteria supplier yang mendukung perkembangan usaha atk kamu :

Supplier Bisa Memberikan Barang Berkualitas

Kamu harus memastikan bahwa barang yang dimiliki oleh supplier termasuk barang yang bagus. Bagus disini artinya tidak ada satupun barang yang rusak. Pemasok barang juga memiliki kewajiban untuk mengantarkan barang sampai di tempat kamu dalam keadaan yang baik.

Kamu perlu mengecek saat barang turun, apakah keadaan barang baik semua. Jika ada yang rusak, kamu bisa mengembalikannya pada supplier dan meminta barang yang rusak tersebut dengan yang baru.

Bagaimana caranya agar tahu bahwa supplier memiliki barang-barang berkualitas? Kamu bisa mengunjungi supplier terkait dengan mengecek langsung barang yang kamu butuhkan.

Supplier Bisa Menyediakan Produk Terbaru

Alat menulis juga memiliki tren tertentu, terutama dengan alat tulis yang mempunyai desain unik. Kamu tentunya harus bisa menyediakan alat tulis tersebut. Oleh karenanya, carilah supplier yang selalu update dan menyediakan barang-barang tren.

Selain itu supplier yang menyediakan produk lengkap dan banyak pilihan tentu akan mempermudah mengembangkan bisnis ini. Kamu bisa berhubungan atau memiliki setidaknya 2 – 3 supplier berbeda.

Supplier Mengirimkan Produk Dengan Tepat Waktu

Pengiriman barang harus tepat waktu. Jika sudah ada kesepakatan maka supplier wajib mendatangkan barang sesuai waktu yang ditentukan. Hal tersebut juga menyangkut performa toko kamu.

Bisa saja pelanggan mencari peralatan tulis di tempat lain lantaran barang yang dicari kosong di toko kamu. Semua hanya karena keterlambatan pengiriman stok barang yang dilakukan supplier. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui pengiriman barang dan jadwal tiba di lokasi toko kamu.

Supplier Bisa Memberikan Harga Terbaik

List harga biasanya disediakan oleh supplier, sesuaikan dengan dengan modal biaya pengadaan produk yang dianggarkan. Usahakan cari supplier yang memberikan harga terbaik alias murah dan mau ditawari untuk diajak bekerja sama.

Salah satunya dengan meminta potongan harga dari supplier seterusnya ,asalkan kamu bisa kasih jaminan bahwa supplier tersebut menjadi langganan kamu.

Supplier Memberikan Transaksi Mudah, Cepat dan Aman

Seperti yang diketahui, langkah ini akan menjadi langkah akhir yang perlu dipertimbangkan. Kamu perlu menanyakan transaksi apa yang digunakan oleh supplier. Pastikan transaksi yang digunakan aman dan mudah untuk kamu. Tanyakan juga apakah bisa kontra bon atau ngutang dulu.

5. Menentukan Jam Buka

Jam operasional atau jam buka toko harus disesuaikan dengan di jam berapa ramai pembeli. Untuk jam operasional kebanyakan orang akan membutuhkan alat tulis di pagi hari dan malam hari.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menyasar pembeli yang belum mempersiapkan alat tulis ataupun hal lainnya. Bukalah toko pada jam 6 pagi hingga 9 malam setiap hari kecuali hari sabtu, misalnya. Sebab hari minggu terkadang lebih banyak mendatangkan banyak pembeli karena keesokan harinya merupakan hari sibuk dan notabene orang memerlukan peralatan tulis.

6. Mengoptimalkan Promosi

Jangan lupa mengadakan promosi secara rutin untuk mempromosikan usaha kamu ke banyak orang. Berikan penawaran-penawaran menarik yang mendukung alasan mengapa harus membeli alat tulis dari toko kamu.

Kamu bisa mempromosikan dalam bentuk brosur-brosur. Yang bisa dibagikan ke orang-orang yang lewat sekitar toko kamu. Atau kamu bisa menyebarkan brosur-brosur ke sekolahan, ke kampus dan perkantoran.

Bisa juga melakukan promosi online. Promosi online bisa menggunakan media sosial. Loh kok media sosial? Alasanya hanya media sosial promosi online tanpa mengeluarkan biaya dan bisa menjangkau orang-orang di sekitar kamu.

Jangan lupa memberikan harga yang murah meriah tetapi tidak mengurangi kualitas dan membuat kamu rugi. Ambil untung sedikit tetapi menghasilkan penjualan yang banyak.

7. Menjaga Dan Meningkatkan Pelayanan Penjualan

Pelayanan juga patut kamu terapkan dengan sebaik-baiknya. Pelayanan ini bisa berupa tutur komunikasi yang sopan, sikap yang ramah dan masih banyak lainnya. Pelayanan ini bisa dikembangkan menjadi misalnya pengiriman barang pembelian untuk pembeli yang sibuk.

Pelayanan inilah yang bisa wajib diterapkan seiring berjalannya waktu. Sebab untuk pelayanan seperti ini terbilang jarang, apalagi banyak orang menuntut segala hal untuk menjadi mudah.

Memberikan bermacam transaksi otomatis seperti penggunaan kartu kredit / debit, ovo dan lain-lainnya. Semakin mempermudah berbelanja di toko kamu maka semakin pembeli akan merasa puas dan nyaman.

Sehingga tidak menutup kemungkinan toko kamu akan menjadi langganan bagi pembeli. Pelayanan ini juga termasuk akan selalu tersedianya stok barang yang sedang trending atau dicari oleh banyak pembeli. Jangan sampai stok barang yang dicari kosong dan berakibat pembeli akan berpindah ke toko lainnya.

8. Bersiap Menghadapi Sepi Pembeli

Risiko dalam berbisnis alat tulis menulis ialah adanya saat-saat toko mengalami penurunan omzet. Yah, seperti yang diketahui bahwa ketika adanya libur panjang, seperti liburan semester bagi sekolah dan aktivitas perkuliahan sedang libur, maka toko pun mengalami turunnya jumlah pembeli.

Sebab ketika libur tiba, banyak orang akan meninggalkan kesibukan yang notabene berkecimpung di dunia penulisan. Orang lebih baik bermain, berlibur ke suatu tempat untuk menghilangkan jenuh. Otomatis, saat libur panjang tiba, mau tidak mau kamu juga akan menutup toko Anda untuk mengurangi biaya operasional bulanan.

Kesimpulan

Usaha ATK bisa dikatakan usaha yang tidak pernah habis sepanjang masa. Selama kegiatan menulis di kertas masih tetap dijalankan. Namun, untuk di masa sekarang ini. Masa pandemik corona atau covid yang merajalela, membuat banyak perkantoran, sekolah dan kampus-kampus tutup. Sudah pasti akan mengurangi jumlah pembeli.

Bahkan untuk penjualan online juga kini semakin sepi pembeli. Ini disebabkan permintaan produk atk menurun dan kebanyakn pembeli kini beralih menjadi penjual di internet.

Tapi janganlah membuat patah semangat. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan strategi untuk bertahan di masa sulit ini. Suatu saat, semua akan kembali normal. Penjualan bisa meningkat kembali.

Sekian dulu artikel bisnis tentang cara memulai usaha atk bagi pemula ini. Jika ada pertanyaan, jangan lupa gunakan kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman-teman artikel, siapa tahu membutuhkan peluang bisnis seperti ini.

Lihat juga : Tempat Jualan Online Yang Cepat menghasilkan Uang

Leave a Reply