5 Tips Menjadi Dropshipper Sukses Dengan Biaya Murah

Pernah mengetahui istilah dropshipper?. Pekerjaan ini cukup diminati oleh beberapa kalangan dari tahun ke tahun.

Selain minim modal bisnis ini banyak digeluti lantaran minim tenaga yang dikeluarkan. Dropshipper sendiri merupakan sebutan untuk para bisnis dropship.

Dropship sendiri merupakan istilah dari metode pemasaran yang sering digunakan oleh kalangan pebisnis tanpa membuat produk maupun menanam modal dalam upaya membeli barang.

Teknisnya, cara kerja dropshipper hampir mirip dengan reseller. Namun, dropshipper tidak perlu menyetok produk untuk bisa berjualan. Singkatnya seperti perantara dalam bisnis orang lain.

Lihat juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Alat Tulis Kantor Online

Tidak heran jika pekerjaan ini menjadi sasaran berbagai orang. Tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan ini bisa mendapatkan keuntungan yang cukup signifikan.

Tingkat Keberhasilan Bisnis Dropship

Sayangnya, tidak ada angka resmi yang tersedia yang dapat menentukan tingkat keberhasilan industri dropshipping secara keseluruhan.

Dropshipping adalah model bisnis e-commerce dan dianggap sebagai bisnis berisiko menengah. Sebagian besar uang dalam model bisnis ini dihabiskan untuk iklan karena dropshippers mengandalkan upaya pemasaran berbayar untuk menjual produk mereka.

Dropshippers yang sukses memperkirakan bahwa bisnis dropshipping dengan tingkat keberhasilan tertinggi adalah sekitar 10 persen selama tahun pertama operasi.

Ini karena sebagian besar dropshippers terjun ke bisnis tanpa memahami dengan benar cara menjadi dropshipper sukses.

5 Tips Menjadi Dropshipper Sukses

Kunci kesuksesan dalam dropshipping yakni ada pada customer service dan marketingnya. Berikut 5 langkah untuk menjadi dropshipper sukses :

Jangan Emosional dan Belajar

Kebanyakan dropshipper emosional khususnya pemula. Mereka tidak berpengalaman dan tidak memiliki kemampuan mengambil risiko. Mereka senang melihat orang lain menghasilkan uang secara online, jadi mereka juga harus melakukannya.

Dan kemudian mereka memulai toko mereka sendiri tanpa pengujian atau bahkan melakukan studi kelayakan. Ketika dalam beberapa bulan pertama, mereka tidak mendapatkan keuntungan, mereka menyadari bahwa seluruh ide bisnis tidak cocok untuk mereka.

Akhirnya, mereka mengeluh dan menyimpulkan bahwa bisnis dropship bukanlah bisnis yang bagus. Sehingga menyebabkan mereka mencari bisnis online baru selain bisnis dropshipping.

Sebenarnya ini bagus sih. Setidaknya mengurangi persaingan di dunia dropshipper.

Memilih Produk yang Tepat

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan bahwa produk apa yang laku di pasaran. Tentunya produk tersebut akan mengalami konsisten dan selalu dicari oleh masyarakat luas dalam jangka waktu yang lama.

1. Hindari Produk Mudah Rusak

Produk yang seperti inilah sulit untuk dikirimkan, ongkos kirimnya pun terbilang mahal, dan risiko rusak dalam perjalanan juga besar.

Selalu ingat untuk menghindari menjual produk yang sudah dimiliki oleh kompetitor yang sudah memiliki nama dan mempunyai basis pelanggan yang setia.

Jual barang dengan 1 kesamaan dan hindari menjual barang dengan banyak jenis.

Seperti hanya menjual sepatu, namun jenisnya banyak seperti sepatu olahraga, sepatu casual dan barang pendukung lainnya.

2. Pilih Produk Cepat Terjual

Untuk mendapatkan kriteria produk yang cepat dijual, Anda bisa melakukan observasi ke beberapa marketplace besar. Kemudian telusuri produk yang sedang populer dan terlaris.

Mulailah dengan produk harga murah. Stok dalam jumlah sedikit, Anda juga menjalankan bisnis penjualan sebagai reseller.

Lihat juga : Tempat Beriklan Efektif Dan Tertarget

Memilih Penyedia Barang yang Baik

Langkah kedua yang bisa dilakukan ialah memilih penjual yang terpercaya. Kriteria dalam memilih supplier yang baik terlihat dari berbagai komponen.

Contohnya jarak toko dengan lokasi tempat tinggal, kecepatan dalam merespon pelanggan, dan rekam jejak si penjual.

Ingat untuk tidak terlena oleh harga yang ditawarkan karena begitu murah, namun juga perhatikan poin-poin yang sudah dijelaskan agar bisnis dropshipper bisa tahan dalam waktu lama.

Ciri supplier produk yang baik :

  • Menyediakan harga murah dengan kualitas sesuai.
  • Memberikan garansi jika terjadi kerusakan ataupun kehilangan di saat pengiriman.
  • Layanan dan proses pengiriman cepat.

Saran kami, lebih baik mencari di sekitar domisili Anda. Atau mencari supplier terpercaya di marketplace. Karena marketplace memberikan keamanan dalam transaksi, dan perlindungan konsumen jika mendapatkan barang rusak atau hilang dalam pengiriman.

Menentukan Harga Produk

Jangan menjual produk dengan harga tinggi. Mengambil mark up harga supplier setinggi mungkin, hanya untuk mengejar keuntungan. Buatlah harga sewajarnya. Margin normal biasanya berkisar 30% untuk harga eceran dan harga grosir berkisar 5% hingga 15%.

Jika Anda menetapkan margin 5%, jika dalam sebulan ada 30 hari. Maka margin yang Anda dapatkan sekitar 150%. Artinya modal Rp.1 juta, mendapatkan untung Rp. 1,5 juta dalam sebulan.

Pembeli sekarang pada pintar-pintar mencari harga. Jika memasang harga terlalu tinggi, hanya sedikit pembeli yang Anda dapatkan.

Memperhatikan Branding Bisnis

Branding merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. Tanpa branding barang yang dijual tidak akan dikenal oleh masyarakat luas.

Branding ini tidak hanya berkecimpung pada dunia promo di segala platform media sosial.

Melainkan memanfaatkan betul event-event yang mengikutsertakan produk yang dijual, bergabung dengan berbagai influencer, dan sebagainya.

Seperti contoh pengadaan brand sepatu lokal, tentunya acara tersebut cukup penting guna menarik pelanggan.

Menawarkan Barang dengan Sistem Otomatis

Langkah ini begitu penting mengingat kemajuan zaman yang cukup pesat. Semua orang dituntut untuk berbelanja dengan mudah tanpa ribet sedikitpun.

Nah, hal tersebut bisa menjadi opsi untuk mengembangkan usaha. Seperti pembayaran dengan online, catalog online, dan sebagainya.

Gunakan platform toko online yang bisa dengan mudah digunakan untuk tempat berbelanja. Sehingga toko online tersebutlah yang mengatur perihal transaksi dan ongkos kirimnya.

Maksimalkan juga dalam menggunakan website. Penting untuk diingat yakni sebarlah produk ke pangsa yang dituju di seluruh penjuru.

Lihat juga : Tips Membuat Iklan Tertarget

Memakai Strategi Limited Edition

Strategi ini bisa menarik keingintahuan pembeli. Menggunakan limited edition tentunya membuat pembeli tertarik dan akan berlomba-lomba untuk mendapatkan barang tersebut.

Tapi patut diketahui bahwa strategi ini dilakukan tanpa clickbait dengan niat menipu pembeli. Clickbait sendiri berarti umpan balik yakni membuat judul pada konten yang menarik dan unik untuk bisa menarik pembaca.

Langkah tersebut menjadi baik mana kala judul konten dengan isi saling berkaitan. Sehingga akan meyakinkan pembeli untuk stay pada produk yang ditawarkan. Tidak beralih pada produk yang sama di toko berbeda.

Selain memulai bisnis online dropshipper, ada banyak kegiatan menghasilkan uang dari rumah. Dan jangan lupa memasang iklan di >>> Situs Iklan Gratis Tanpa Daftar.

Itulah tadi 5 tips menjadi dropshipper sukses. Semua sudah dipraktekkan oleh kami. Dan hasil penghasilan puluhan juta per hari hanya menjadi dropshipper di internet. Anda bisa menggunakan 5 tips ini di marketplace. Seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain-lain.

Leave a Reply