Produk Murah

Top 15 Sepatu Lokal Murah Terbaik Di Indonesia 2021

15 Sepatu Lokal Murah. Sepatu merupakan produk yang sudah termasuk kebutuhan dalam dunia fashion anak muda zaman sekarang. Terdapat banyak jenis sepatu yang dapat digunakan, dari sneakers, sepatu olahraga, sepatu casual, hingga sepatu street fashion yang digunakan dalam kegiatan tertentu.

Penggunaan sepatu untuk dewasa ini bukan hanya untuk meningkatkan tingkat perlindungan kaki dari seseorang, bahkan sepatu sekarang digunakan untuk menunjukkan tingkat fashion dan tingkatan sosial dari suatu individu.

Permintaan yang tinggi terhadap produk sepatu di Indonesia, membuat para designer dan pengusaha lokal berlomba-lomba untuk memberikan brand-brand dengan kualitas terbaik hingga kualitas sekaliber internasional. Demi menjunjung tinggi kecintaan kita terhadap produk-produk bangsa sendiri.

Sepatu Lokal Murah Terbaik 2021

Berikut 15 merk sepatu lokal murah terbaik yang sedang beredar di pasar Indonesia

1. Ventella

Brand ini telah menjadi primidone sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 oleh William Ventella, pemilik pabrik sepatu vuklanisir yang telah berdiri sejak tahun 1989 di Bandung, Jawa Barat.

Ramai menjadi kontroversi akibat dari desain yang hampir memiliki banyak kesamaan dengan brand ternama luar negeri, tetap saja Ventella masih menjadi produk sneaker yang diminati banyak sekali anak muda di Indonesia.

Sepatu yang di produksi Ventella, memiliki design yang simple namun elegan. Menggunakan bahan canvas dan rubber membuat sepatu ini memiliki kualitas yang sama dengan sepatu sneaker besutan luar negeri.

Harga yang dibandrol hanya 200 ribu hingga 300 ribu rupiah, membuat sepatu ini dapat dipakai oleh banyak kalangan, dewasa, muda, anak-anak, bahkan orang tua.

Produksi Ventella selalu melalui proses yang panjang dan juga menyenangkan. Proses ini dilakukan oleh tenaga ahli di Bandung, diawasi oleh pemeriksa kualitas mumpuni, dan diperiksa secara ketat berkala. Membuat sepatu Ventella memiliki kualitas yang cukup baik dikelasnya.

Link Official : www.ventela.com

2. Compass

Sepatu lokal buatan Bandung yang sudah ada sejak 1998 ini memiliki fanbase yang tersebar di seluruh Indonesia.

Telah berkolaborasi dengan banyak brand papan atas, sepatu ini semakin meneguhkan eksistensinya di dunia sneakers lokal Indonesia.

Design vintage terbaik dipadukan dengan taste sneaker modern membuat produk ini dicari di pasaran.

Sepatu Compass memiliki beberapa seri maha laris yang mereka luncurkan, diantaranya; Compass Gazelle, Compass Search and Destroy Proto 1, Compass X Darahku Biru, hingga kolaborasi yang sempat menghebohkan jagad industri sneaker lokal di Indonesia, Compass X Pot Meets Pop.

Proses manufaktur dari setiap produk yang dikeluarkan Compass selalu menggunakan material lokal yang dipilih secara ketat kemudian bertujuan untuk menghasilkan produk yang aman dan nyaman dipakai oleh pelanggan.

Sepatu ini bukanlah merk sepatu sembarangan, mereka memiliki designer lokal yang merancang bagian-bagian penting sepatu dengan penuh ketelatenan dan ketelitian.

Menggunakan bahan Canvas dan Rubber Sol yang sangat lembut. Sepatu Compass dibanderol dengan harga yang cukup murah untuk seri classicnya, yaitu sekitar 200-400 ribu rupiah.

Link Official : www.sepatucompass.com

3. Poison Street

Melirik lebih dalam menuju Instagram @poisonstreet_ membuat sebagian orang berpikir “apa yang lebih baik dari brand karya lokal namun memiliki feel dan kualias seperti di Los Angeles, Amerika Serikat?’.

Jawabannya adalah Poison Street, yang melaksanakan tugasnya sebagai brand lokal pembawa vibes terbaik luar negeri.

Mulai dari streetwear, skatewear, hingga sneaker premium bermodel macam Jordan membuat sepatu buatan lokal dengan semangat western yang kental ini terkenal dipasaran edgy lokal Indonesia.

Produk ini merupakan produk asli Bandung yang telah mulai terlihat tajinya sejak 2019. Mengedepankan budaya Pop Culture yang rebel namun tetap memiliki semangat berkarya dengan lokal membuat sepatu ini masuk dalam jajaran atas sepatu lokal Indonesia.

Produk ini memiliki sneaker dengan material terbaik seperti Canvas, Vulcanized Midsole, dan Rubber Waffle Outsole yang lembut dan dipadukan dengan Repetitive NFP Logo Print sehingga sneaker kali ini terbilang sangar.

Kalian bisa mendapatkan sepatu ini hanya dengan 600 ribuan saja di martketplace kesayangan.

4. Saint Barkley

Produk yang lagi-lagi merupakan berasal dari kota Bandung ini telah terbentuk sejak 2012. Berangkat dari kegelisahan David dan Alvi tentang kota Bandung yang sudah sesak dengan beraneka brand olahan baju dan celana yang itu-itu saja, mereka memutuskan untuk menjual produk sampingan lain, yaitu Sepatu.

Awal mula nama sepatu ini adalah Seven (VII), namun semakin berkembangnya teknologi, nama tersebut akhirnya digantikan dengan Saint Barkley.

Produk Saint Barkley terdiri dari material lokal berkualitas berupa canvas material dan rubber sole yang tahan lama. Sepatu ini dibandrol dengan harga mulai dari 300-400 ribuan.

Saint Barkley memiliki ukuran sepatu yang termasuk lengkap, mulai dari ukuran 36 US hingga yang paling besar yaitu 46 US.

5. NAH Projects

Proyek sepatu lokal murah yang digagas oleh Rizky Arief Dwi Prakoso ini telah dipakai oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Bermula dari pertanyaan presiden terhadap ajudannya tentang produk sepatu lokal mana yang cocok untuk dipakai beraktifitas sehari-hari, NAH Project menjadi rekomendasi.

Karena harganya yang cukup bersahabat. Harga sneakers rata-rata NAH Project dibanderol sebesar 250-300 ribu rupiah.

Merk sepatu sneaker yang terbentuk sejak 2017 ini telah menelurkan banyak produk, diantaranya sepatu Flexnit, Audacity Skate, Chibimaru, SN-05R, dan masih banyak lagi.

NAH Project memiliki salah satu sistem penjualan yang sangat menarik, yaitu Transparency Pricing. Hal ini membuat NAH Project menerapkan transparasi modal pembuatan sepatu yang akan diproduksi secara masal.

Hal ini dilakukan karena ingin semakin dekat dengan pelanggannya, melakukan transparasi modal berarti bersikap jujur terhadap pelanggan. Sehingga pelanggan tidak akan merasa dibohongi oleh produk-produk NAH Project.

Link Official : https://nahproject.com/

6. Kodachi

Seperti namanya, Kodachi merupakan brand sepatu capung asal Jepang dari tahun 1980-an. Namun karena kurangnya minat pasar dunia akan sepatu Jepang, dan kalahnya persaingan sepatu dengan produk Amerika dan Eropa, membuat sepatu Kodachi di Jepang gulung tikar.

Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak sekali pengguna sepatu, akhirnya mengambil alih nama dan pasar Kodachi di tahun 2000-an.

Mulai saat itu hingga kini, sepatu Kodachi merupakan brand kebanggaan yang telah dimiliki oleh Indonesia. Mengandalkan design retro klasik dengan fleksibilitas tinggi, menjadikan Kodachi sebagai pilihan kaum adam sporty di Indonesia.

Tak ayal penggunaan sepatu ini biasa difungsikan untuk kegiatan olahraga sehari-hari oleh atlit bulutangkis zaman dahulu.

Sepatu ini terbilang sangat murah, dipasarkan dengan harga 90-150 ribu rupiah saja, penggemar sepatu lucu ini akan mendapatkan kualitas built in standar atlit yang kokoh.

Link Official : https://www.sepatukodachi.com/

7. Exodos57

Sepatu vintage incaran Jokowi satu ini merupakan sepatu dengan gaya yang unik, Terbilang unik karena konsep jadul dengan sistem cutting vintage yang membuat sepatu ini semakin eksotis.

Sepatu yang dikembangkan sejak 2016 oleh Gally Magido Rangga ini selalu memiliki design-design terbaru yang sangat vintage.

Hanya dengan satu tahun berdirinya Exodos57, permintaan pasar telah mencapai 1.300-1500 pasang sepatu perbulan. Hal ini diakibatkan dari unik dan kokohnya material lokal terbaik yang dimiliki oleh produk Exodos57.

Tingginya permintaan membuat sang pemilik tidak dapat memenuhi semuanya, dikarenakan produk Exodos57 semuanya diproduksi dengan cara Handmade. Hanya sekitar 600-700 pasang saja yang dapat mereka produksi (kompas.com).

Sepatu lokal murah ini memiliki ciri khas berbahan kulit dan terkesan manly ini telah dipakai oleh beberapa tokoh penting, seperti Joko Widodo, Ridwan Kamil, Dr.Tirta, dan lain sebagainya.

Harga yang dibanderol untuk produk Exodos57 berkisar antara 350 ribu hingga 2,9 juta rupiah. Harga tersebut sangat wajar, karena built in dari sepatu ini memang berkelas Internasional.

Link Official : https://www.exodos57.com/

8. Heiden Heritage

Sepatu ini mengusung sneaker dengan model knits layaknya Yeezy ini memiliki design yang sangat futuristic dengan aksen modern urban touch di kedua sisi sepatunya.

Memiliki banyak produk andalan, seperti; Heiden Zephyr, Heiden Vendage VS, Heiden Venom, Heiden Cage

Heiden Heritage memiliki varian produk terbaik dengan harga yang cukup terjangkau untuk pasar Indonesia. Dibanderol dengan harga 200-600 ribu rupiah, memenangkan Heiden Heritage sebagai merk sepatu lokal dengan fitur knits termurah di Indonesia.

Produk Heiden Heritage mengusung sporty modern, membuat sepatu ini dilirik oleh banyak market urban di kota-kota besar di Indonesia.

Sepatu ini menggunakan solid material dengan tekstur yang padat, serta sematan teknologi Flexi Foam yang mengkombinasikan ketangguhan dan kenyamanan untuk mengopimalisasi kegiatan para konsumen.

Sejak tahun 2016 setelah Heiden Heritage dikembangkan di Bandung. Sepatu ini seperti menyihir para penggemar sepatu-sepatu air knits seperti Yeezy dan Adidas yang begitu populer.

Hal ini mengakbatkan Heiden Heritage semakin naik daun. Menggunakan material premium dengan design yang digarap dengan standar internasional. Membuat sepatu ini layak untuk kamu gunakan.

Link Official : https://www.heiden.id/

9. Geoff Max Footwear

Berbagai macam sepatu lokal murah terbaik telah diproduksi oleh produk lokal asli Bandung ini. Home industry yang berdiri sejak 2012 yang awalnya hanya ingin memenuhi pasar lokal di kota Bandung.

Tanpa disadari market pasar dari Geoff Max semakin melebar hingga pasar nasional akibat dari kegiatan marketing yang tepat sasaran di media sosial kala itu.

Geoff Max mengambil konsep Old-skool yang diprakarsai oleh duo Yusuf Ramadhani dan Fauzan Efwanda. Konsep ini diambil karena ketertarikan kedua founder ini dengan fashion style tempo 1950-1990 di Amrika Serikat.

Geoff Max memiliki 8 jenis sepatu yang dijual bebas di pasaran. Jenis sepatu-sepatu tersebut diantaranya adalah Autentic, Avalon, Kuzma, Knoxville, Zach, Jetta, Kevia, dan Vadisk.

Sedangkan untuk pasar wanita, Geoff Max meluncurkan seri Shiva, Alvy, dan Cindy sebagai perpaduan manis diantara sneaker sangar yang diusung.

Geoff Max memiliki ciri khas berupa sol sepatu dari rubber yang tidak hanya elastis, namun juga kuat. Seluruh material seperti suede, canvas, dan kulit sintetis yang digunakan Geoff Max adalah material lokal dengan kualitas premium.

Sepatu ini hadir dengan berbagi varian ukuran, yakni dari ukuran 37-44. Cantuman harga untuk sepatu Geoff Max juga sangat murah, yaitu berkisar diantara 300-400 ribu rupiah.

Link Official : https://geoff-max.com/

10. Brodo

Berawal dari founder yang menceritakan kisah susahnya mendapatkan sepatu ukuran 46 pada tahun 2010. Dua pemuda Yukka dan Uta berinisiatif untuk mengembangkan sebuah produk sepatu yang memiliki range size yang cukup luas.

Latar belakang tersebut yang menyebabkan Brodo lahir. Latar belakang akademisi Teknik yang dimiliki kedua founder Brodo, mereka menemukan bahwa pada tahun 2010 di Indonesia sangat jarang sekali menemukan produk lokal yang bisa bersaing hingga pasar Internasional.

Oleh sebab itu, founder Brodo bertujuan untuk membuat sepatu stylish, nyaman, berkualitas, murah, dan dapat bersaing dengan produk luar.

Brodo memiliki beberapa produk andalan, mulai dari sepatu formal, casual, hingga sneakers dan boots. Brodo yang sekarang merupakan merk dagang sepatu pertama di Indonesia yang berani menjual sepatu direct-to-consumer.

Hal ini membuat pasar Brodo tersebar luas di penjuru Indonesia. Brodo sendiri merupakan penyedia sepatu terlengkap di kelasnya.

Menggunakan bahan premium berkualitas membuat Brodo memiliki daya guna yang cukup lama. Tak ayal sepatu ini menjadi jawara produk sepatu pada zamannya.

Link Official : https://bro.do/

11. AeroStreet

Aditya Caesarico, pendiri serta pemilik merk sepatu AeroStreet menyatakan bahwa Lokal Tak Gentar. Aksi ini digaungkan karena gempuran sepatu luar KW yang lebih banyak beredar di Indonesia.

AeroStreet sendiri merupakan brand asli Klaten, Jawa Tengah, Indonesia. Yang mengedepankan sepatu modern, sporty, serta berkualitas.

AeroStreet sendiri memiliki banyak sekali varian sepatu sneaker yang cocok digunakan untuk olahraga dan kegiatan kasual sehari-hari.

Sepatu ini berbahan kanvas katun 12 oz dan menggunakan karet outsole berkualitas tinggi. Kesemua material yang digunakan oleh AeroStreet merupakan material asli Indonesia.

Para pekerja yang bergabung dengan AeroStreet pun merupakan anak bangsa yang berasal dari Kota Klaten itu sendiri.

Sepatu ini siap mengobrak-abrik pasar sneaker lokal. AeroStreet berhasil menekan angka produksi dengan menggunakan bahan dan tenaga yang 100% berasal dari Indonesia.

Sepatu lokal murah AeroStreet, dibandrol dengan harga flat Rp 99.900. Harga murah tersebut tetap memberikan kualitas terbaik untuk sepatu ini. Kelas!

Link Official : https://aerostreet.co.id/

12. Forever Young Crew (FYC)

Sepatu ini merupakan sepatu yang dimiliki dan diproduksi oleh Al Kautsar, atau yang biasa dipanggil Ucay Rocket Rockers. Sepatu ini dimulai pada tahun 2013 awal, ketika Ucay memutuskan berhenti dari Rocket Rockers.

Sepatu ini merupakan satu-satunya sepatu yang sistem penjualannya menggunkan sistem syar’i seperti yang diucapkan Ucay pada Interview di Mebiso.com.

FYC memiliki main brand footwear yang terkenal di dalam maupun di luar negeri karena design “pisang” yang waktu itu menghiasi sepatu-sepatu produksi FYC.

Sepatu Forever Young Crew memiliki durabilitas yang lumayan tinggi. Menggunakan material Canvas dan Vulcanized Sole yang berguna untuk meningkatkan daya tahan sepatu ketika digunakan untuk kegiatan ekstrim di luar ruangan.

Harga sepatu Forever Young Crew ini dibandrol sekitar 165-650 ribu rupiah.

Link Official : https://fycfootwear.com/

13. League

Penikmat dan pengguna sepatu di Indonesia mungkin banyak yang belum tahu tentang kepemilikan League sebagai produk lokal dengan produksi rata-rata terbesar di Indonesia.

League merupakan brand sepatu sport asli Indonesia yang dikebangkan oleh perusahan ritel dan marketing Berca Retail Group. League mulai diluncurkan pada Februari 2004.

Brand ini terbilang legendaris, karena berhasil bertahan dari gempuran produk-produk impor di Indonesia.

Sepatu League menghadirkan banyak produk, mulai dari sepatu running, sepatu basket, sepatu kasual, sneakers, sepatu futsal, sepatu voli, bahkan sepatu wanita.

Harga sepatu lokal murah ini dibanderol sekitar 200-600 ribu rupiah saja. Produk ini memiliki pasar hingga mancanegara.

Menggunakan bahan baku full dari Indonesia, membuat League menjadi produk sepatu yang tetap dicari oleh pelanggan tetapnya.

Link Official : https://www.league-world.com/

14. Piero

Sepatu ini merupakan produk lokal kebanggaan Indonesia. Asli Indonesia dan legendaris!. Lahir pada tahun 1999 dengan nama brand “Urip” yang kemudian diganti dengan Piero karena nama “Urip” kurang menjual.

Piero merupakan padanan huruf dari Urip yang dibalik kemudian ditambahkan menggunakan ejaan lama, sehingga menjadi Piero. Amazing!

Sepatu ini menggunakan material yang berkualitas asli Indonesia. Produk sneakers, sepatu sporty, kasual dan sepatu sepakbola adalah produk unggulan yang telah dimiliki oleh Piero selama 22 tahun berkiprah di dunia sepatu lokal Indonesia.

Piero tetap aktif mengikuti tren dan teknologi terbarukan seputar sepatu lokal murah di dunia. Namun produk ini tetap bertahan menggunakan harga dibawah rata-rata produk luar ternama dengan kualitas yang sama.

Link Official : https://pieroindonesia.com/

15. Pijak Bumi

Pijak Bumi didirikan oleh Rowland Asfales. Awal mulai dari Pijak Bumi sendiri adalah karena Rowland kehilangan sepatu satu-satunya pada saat itu. Rowland akhirnya termenung dan mencetuskan ide untuk membuat sepatu.

Namun karena tidak ada daya jual yang ada disepatu prototipe tersebut, akhirnya Rowland melakukan riset lebih dalam tentang produksi sepatu.

Hasilnya, Rowland menemukan bahwa 90% kegiatan produksi sepatu menghasilkan limbah yang sangat buruk bagi lingkungan dan manusia.

Oleh sebab itu, akhirnya Rowland membuat sepatu ramah lingkungan dengan menggunakan ekstrak tanaman Kenaf yang dapat mengeluarkan oksigen delapan kali lebih banyak daripada tanaman lain.

Pijak Bumi hadir dengan material terbaik tanpa menggunakan bahan kimia apapun. Sepatu Pijak Bumi bahkan hanya menggunakan mesin jahit kaki agar proses pembuatan tetap mengedepankan Kesehatan lingkungan.

Pijak Bumi lahir sebagai innovator merk sepatu lokal murah yang mengedepankan keramahan lingkungan, orisinalitas design, dan promosi kearifan lokal.

Oleh karena itu, Pijak Bumi membuat prestasi dengan meraih penghargaan Emerging Designer The MICAM Milano 2020. Sepatu ini dibandrol dengan harga yang relatif untuk kualitas Internasional, hanya dengan 350 ribu – 1 juta rupiah, anda dapat menggunakan merk sepatu ini dengan rasa bangga.

Link Official : https://pijakbumi.com/

Tips Memilih Sepatu Lokal Terbaik

Berikut ini beberapa tips memilih sepatu lokal terbaik:

  1. Build Quality

Hal ini mengacu pada kualitas material lokal yang digunakan pada bagian tertentu sepatu. Sepatu yang memiliki tampilan yang bagus dan menarik belum tentu memiliki ketahanan kualitas yang mumpuni. Tetap periksa bahan material apa yang digunakan oleh sepatu anda, agar aktifitas anda bersama sepatu anda tetap terjaga.

  1. Harga

Harga merupakan hal yang penting dalam pemilihan sepatu. Sepatu berkualitas pasti memiliki harga yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Namun hal tersebut dapat dipatahkan oleh produk-produk lokal Indonesia. Semua produk lokal disini mengandung bahan terbaik yang didapatkan di Indonesia, oleh sebab itu harga sepatu di Indonesia cenderung murah namun tidak murahan.

  1. Ukuran

Sepatu merupakan instrument penting untuk melindungi kaki para penggunanya. Namun apa guna sepatu pelindung apabila tidak dapat digunakan secara tepat.

Atau mungkin untuk apa sepatu built in terbaik dengan harga yang sangat murah namun tidak memiliki ukuran sepatu yang dibutuhkan oleh konsumen. Jadi, pilihlah sepatu yang memiliki ukuran terbaik untuk kaki anda!

Kesimpulan :

Sepatu lokal kini telah hadir dengan banyak jenis pilihan dan ukuran. Sepatu kali ini bukan hanya digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari, namun sepatu juga telah bertransformasi menjadi penambah estetika gaya hidup.

Karena itulah sepatu kini bukan menjadi komoditi yang hanya digunakan, tetapi sepatu juga sudah dapat dijadikan barang koleksi pribadi.

Sepatu anak bangsa lahir dari beberapa permasalahan seputar sepatu yang hadir di Indonesia, mulai dari ukuran, design, harga, material, pengrajin, hingga keuntungan dan kerugian yang dapat ditimang oleh konsumen di Indonesia itu sendiri.

Oleh sebab itu sepatu lokal murah terbaik menjadi jawaban atas permasalahan tersebut.

Lihat juga :

  1. Top 12 Produk Buatan Google Terbaik Dan Terlaris Saat Ini
  2. Top 15 Gitar Terbaik Untuk Belajar
  3. Cara Menentukan Jenis Sepatu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button