7 Cara Ampuh Menjadi Seller Shopee Sukses

Hi, guys. Di artikel ini akan membahas bagaimana menjadi seller shopee. Mulai dari star, star+ dan mall. Setiap jenis tersebut, memiliki keunggulan masing-masing.

Artikel ini ditujukan untuk :

  1. Seller yang ingin meningkatkan penjualan produk di Shopee.
  2. Mempertahankan kualitas produk, layanan penjual, dan kecepatan pengiriman.
  3. Menaikkan status seller di Shopee.

Shopee saat ini merupakan marketplace dengan jumlah pengguna yang besar. Shopee marketplace memiliki jumlah pengunjung dan pengguna sebanyak 71,5 juta di Indonesia.

Tren belanja online saat ini juga membuat Shopee menjadi marketplace yang digemari oleh banyak kalangan, ditambah lagi saat ini produk yang ada di Shopee semakin beragam, sehingga semakin meningkatkan kenyamanan dalam berbelanja online.

Jadi jangan heran, hingga saat ini, banyak orang-orang berlomba-lomba berjualan di Shopee. Bahkan yang dulu hanya menjadi pembeli setia di Shopee, kini ikutan jualan di Shopee.

Dengan begini, tingkat persaingan antar perjual di Shopee menjadi tinggi. Tapi, kalian jangan khawatir. Karena di artikel ini juga akan dibahas, bagaimana produk laku cepat dan bisa mengalahkan persaingan.

Keuntungan mempunyai status seller di Shopee

Status toko di Shopee diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada seller yang berhasil memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Shopee. Ada tiga jenis status untuk toko di Shopee yaitu Star, Star+, dan Mall

Dengan mendapatkan status, toko kalian akan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan toko yang tidak memiliki rating atau status apapun.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan oleh toko yang telah mendapatkan status seperti star, star+, dan mall di Shopee.

1. Reputasi toko yang baik

Toko dengan reputasi yang baik akan memiliki nilai plus di mata calon customer. Toko dengan status mulai dari star hingga mall di Shopee merupakan toko yang memiliki reputasi yang telah diakui oleh Shopee.

Untuk bisa menjadi toko dengan status mulai dari star harus mengikuti program yang telah diadakan oleh Shopee. Program tersebut berisi sejumlah persyaratan yang akan menseleksi apakah sebuah toko layak atau tidak mendapatkan status tersebut.

Toko yang telah memiliki status seperti star, star+, dan mall akan memiliki tanda status di berbagai halaman di Shopee yang dapat dilihat oleh pembeli seperti di bawah nama toko, di setiap halaman semua produk maupun di halaman tiap produk. Status tersebut akan menambah kepercayaan calon customer yang akan berbelanja di toko kalian.

2. Selalu menjadi pilihan pencarian produk

Shopee menyediakan fitur untuk melakukan penyaringan berdasarkan kategori tertentu saat mencari produk seperti filter harga, lokasi, hingga toko berstatus star. Toko dengan status star akan memiliki kelebihan mudah ditemukan melalui filter ini.

3. Akses ke program dan fitur baru Shopee

Toko dengan rating akan mendapatkan prioritas untuk mengakses fitur dan juga program terbaru yang diadakan oleh Shopee, sehingga dapat meningkatkan performa toko Shopee kalian.

Program yang sering diadakan oleh Shopee antara lain adalah program gratis ongkir, flash sale, dan cashback. Program Gratis Ongkir XTRA untuk toko dengan rating mulai dari star akan mendapatkan biaya layanan yang lebih rendah dibandingkan toko non star.

7 Cara Menjadi Seller Shopee Sukses

Dengan mendapatkan predikat penjual sebagai star, star+ dan mal, akan ada banyak fitur yang membantu penjualan yang kalian dapatkan.

Fitur prioritas yang dapat kalian dapatkan lainnya jika menjadi star seller adalah kapasitas upload produk baru hingga 10.000 produk/hari yang tidak didapatkan jika toko masih belum berstatus star.

Kemudian ada juga fitur eksklusif yang didapatkan oleh toko star seller seperti fitur pengelolaan pembeli yaitu toko dapat mengirimkan pesan secara massal ke seluruh pembeli, menu panduan penjualan di fitur bisnis saya yang dapat mengakses kata kunci teratas dan juga produk terlaris, dan fitur sub-akun untuk pembagian kerja dan akses bagi toko yang memiliki lebih dari 1 admin.

Wah menarik kan keuntungan-keuntungan yang diperoleh jika menjadi star seller di Shopee. Nah, berikut ini adalah tips yang bisa kalian praktekan untuk meningkatkan rating toko kalian di Shopee.

1. Daftarkan KTP

Syarat pertama menjadi star seller di Shopee adalah mendaftarkan KTP. Tahap ini penting untuk memastikan kevalidan data seller dan menghindari adanya tindakan kejahatan seperti penipuan dan sebagainya.

2. Persentase chat yang dibalas lebih dari 80%

Persentase chat menunjukkan tingkat respon dari toko kalian. Ini menjadi penilaian dari Shopee terhadap kinerja pelayanan kalian kepada customer. Seller dengan respon yang baik, akan memiliki tingkat chat dibalas yang semakin tinggi.

Untuk fitur auto-reply chat tidak masuk dalam perhitungan persentase chat dibalas. Persentase chat dibalas dihitung dalam jangka waktu 12 jam setelah chat baru diterima. Perhitungan persentase ini terhitung selama 90 hari terakhir dari chat dan penawaran yang masuk ke toko kalian.

3. Skor penilaian toko yang tinggi

Toko dengan status star berarti telah memiliki reputasi yang baik dan sudah diakui oleh Shopee, sehingga produk yang terjual pun harus memiliki rating yang bagus. Shopee menetapkan syarat penilai produk untuk program star yaitu lebih dari 4.5.

Pastikan kalian menjual produk dengan kualitas yang baik. Penilaian pembeli terhadap suatu produk juga tidak hanya dari produk itu sendiri tapi bisa juga dari kemasan dan juga pelayanan yang toko kalian berikan. Jadi, berikanlah pelayanan sebaik mungkin kepada customer toko kalian.

4. Jumlah transaksi berhasil minimal 30 pesanan

Syarat untuk menjadi star seller selanjutnya yaitu toko Shopee kalian harus berhasil menyelesaikan paling sedikit 30 pesanan dalam waktu 1 bulan dan juga jumlah pembeli berbeda dalam waktu 30 hari terakhir.

Toko dengan riwayat pesanan yang tidak wajar akan terancam tidak berhasil mengikuti program star seller. Riwayat pesanan dapat diamati dari resi resmi saat pengiriman. Jadi, sebaiknya semua pesanan kalian dapatkan secara jujur dan tidak curang.

Kalian bisa meningkatkan jumlah penjualan toko kalian untuk mendapatkan jumlah pesanan yang melebihi ketentuan program star seller Shopee. Jumlah penjualan dapat ditingkatkan dengan beberapa cara sebagai berikut.

Cara Membuat Deskripsi Produk SEO Friendly di Shopee

Bagian kolom deskripsi produk ini dapat dioptimalkan, dengan mengoptimalkan SEO yaitu Search Engine Optimization, yang akan meningkatkan jumlah pengunjung ke toko kalian tanpa mengeluarkan biaya.

Berikut adalah caranya dari situs resmi Shopee.

  1. Rutin mengupdate deskripsi toko yang berisi istilah seperti “online shop”, nama tempat yang berkaitan dengan lokasi tempat tinggal pembeli produk, contohnya: “beli jaket lari di Surabaya”, jam operasional toko, promo dan diskon.
  2. Mengoptimalkan halaman produk: dapat dilakukan dengan menghindari mengupload produk yang sama secara berulang karena ini akan dianggap sebagai spam oleh Shopee dan selalu memperbarui konten (nama produk, deskripsi produk, atribut produk).
  3. Promosikan toko Shopee kamu di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp dengan membagikan link URL toko Shopee kalian. Ini akan membuat toko Shopee kalian mudah dikunjungi oleh lebih banyak orang.

Selain informasi di kolom deskripsi, foto produk juga harus jelas supaya tidak membuat customer kebingungan.

Resolusi foto produk yang disarankan oleh Shopee adalah maksimal 2 MB, sehingga pastikan foto produk kalian memenuhi persyaratan tersebut. Kalian juga bisa melengkapi video produk untuk meningkatkan kepercayaan customer.

Ikut program gratis ongkir

Saat membeli produk di Shopee, biasanya orang akan lebih tertarik jika ada logo gratis ongkirnya. Nah, cara ini dapat kalian praktekan untuk meningkatkan minat pembeli.

Program gratis ongkir di Shopee sendiri dapat diikuti oleh penjual yang telah memenuhi persyaratan dari Shopee :

  1. Menentukan minimal salah satu dari beberapa jasa pengiriman yang ada.
  2. Memiliki jumlah produk aktif dengan stok minimal 1
  3. Toko memiliki akumulasi poin penalti kurang dari 3
  4. Dan lain-lain.

Untuk ketentuan lengkap mengenai program gratis ongkir Shopee dapat kalian cek di website resmi Shopee sehingga kalian bisa menentukan program mana yang cocok untuk toko kalian.

Gunakan fitur naikkan produk

Fitur naikkan produk ini berfungsi untuk menaikkan peringkat pencarian produk kalian ke bagian atas hasil pencarian produk tersebut.

Caranya mengaktifkan fitur ini juga cukup mudah yaitu dengan cara mengklik tanda titik tiga pada bagian kanan atas halaman produk di toko Shopee kalian dan setelah itu produk yang kalian naikkan akan segera terupdate.

Produk yang dapat dinaikkan terbatas yaitu hanya bisa menaikkan produk sebanyak 5 slot saja dengan durasi masing-masing produk selama 4 jam dan setelah itu dapat kalian perbarui kembali.

Namun, fitur naikkan produk ini masih kalah jika dibandingkan dengan produk yang menggunakan iklan dimana potensi ditemukan oleh pembeli akan lebih ada di bawah produk yang menggunakan iklan.

Mengikuti flash sale

Flash sale adalah fitur yang disediakan oleh Shopee untuk para seller mempromosikan produk mereka dengan harga yang lebih miring sehingga dapat menarik lebih banyak pembeli.

Flash sale ada dua jenis yaitu flash sale Shopee dan flash sale toko saya. Flash sale Shopee ini merupakan flash sale yang diatur langsung oleh Shopee dan sifatnya dipilih oleh Tim Shopee, sedangkan flash sale toko saya dibuat dan dipilih sendiri oleh seller.

Untuk ketentuan mengikuti flash sale ini kalian dapat melihat langsung di website resmi Shopee.

Flash sale ini juga dapat kalian tinjau untuk mengetahui performanya, seperti data jumlah produk diklik dan jumlah pengingat diklik, dengan tujuan untuk memahami tingkat ketertarikan terhadap produk kalian.

Memasang iklan berbayar

Shopee telah meluncurkan fitur iklan sejak tahun 2017 dimana para seller dapat membuat iklan berbayar dengan menggunakan Shopee Iklanku.

Supaya bisa beriklan di Shopee, kalian harus mengisi saldo iklan Shopee terlebih dulu. JIka kalian melakukan top up melalui website caranya adalah sebagai berikut:

  1. Log in ke Seller Center > klik Iklan Shopee > klik Isi Saldo
  2. Pilih jumlah saldo yang diinginkan
  3. Jika kalian memiliki voucher diskon bisa digunakan untuk pembayaran saldo iklan
  4. Buat pesanan, dan kemudian pesanan kalian akan diproses maksimal 30 menit oleh Shopee setelah konfirmasi pembayaran

Sedangkan jika kalian melakukan top up melalui aplikasi Shopee, berikut ini adalah caranya:

  1. Klik tab Saya
  2. Klik Toko Saya > Iklan Shopee
  3. Klik Isi Saldo > pilih nominalnya
  4. Klik Bayar Sekarang

Fitur beriklan di Shopee ada tiga komponen yaitu kata kunci, iklan toko, dan iklan produk serupa.

Berikut ini adalah perbedaannya :

1. Iklan kata kunci

Ini adalah tipe iklan dimana seller memasang iklan berupa kata kunci untuk produk yang mereka jual dan merupakan iklan yang paling populer digunakan. Keuntungan menggunakan iklan jenis ini adalah kalian dapat menempatkan produk kalian di posisi teratas dari kata kunci yang kalian gunakan ketika ada yang mencari.

Cara untuk memasang iklan ini yaitu:

  • Masuk ke seller center > pilih produk yang ingin diiklankan > menentukan modal serta lama periode iklan
  • Menentukan keywords secara otomatis (kata kunci yang disarankan oleh Shopee) ataupun secara manual (kata kunci sesuai keinginan kalian)
  • Memilih biaya per klik iklan: biaya iklan di Shopee yang ditampilkan adalah biaya per klik iklan, kalian bisa menentukan sendiri sesuai budget yang ada
  • Mengatur iklan secara massa: cukup dengan mencentang “Ubah Biaya Iklan Massal”
  • Mengaktifkan iklan
2. Iklan toko

Jenis iklan ini sama seperti iklan pada umumnya yaitu menampilkan produk secara langsung dan juga informasi singkat tentang toko kalian berupa nama dan foto profil toko. Keuntungan menggunakan jenis iklan ini yaitu meningkatkan popularitas toko kalian. Berikut ini adalah cara memasang iklan toko Shopee kalian.

  • Pilihlah foto profil dan slogan iklan yang sesuai dengan produk yang kalian jual dan arahkan pembeli ke toko kalian
  • Pilihlah kata kunci seperti pada iklan kata kunci sebelumnya
  • Menentukan biaya per klik sesuai budget
  • Aktifkan iklan kalian
3. Iklan produk serupa

Jenis iklan ini akan menampilkan iklan produk kalian bersamaan dengan produk-produk lainnya yang serupa dengan produk kalian. Selain itu, iklan kalian juga dapat ditampilkan pada halaman rekomendasi yang dapat dilihat pembeli yang tertarik dengan produk serupa dalam 30 hari terakhir.

Keuntungan menggunakan jenis iklan ini adalah produk mudah ditemukan di halaman rekomendasi calon pembeli dan dapat menjangkau pembeli dengan spesifik. Berikut ini adalah cara pemasangan iklan produk serupa.

  • Masuk ke halaman Seller Center
  • Pilih “Iklan Produk Serupa Baru”
  • Tentukan maksimal 50 produk untuk dipromosikan
  • Tentukan iklan secara otomatis atau secara manual
  • Aktifkan iklan

Jika kalian ingin mengisi saldo iklan secara otomatis kalian bisa menggunakan fitur Isi Saldo Otomatis. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Klik Isi Saldo
  2. Aktifkan Isi Saldo Otomatis untuk memulai pengaturan
  3. Tentukan batas minimum Saldo Iklan di menu Kondisi dan jumlah nominalnya > Isi Saldo Otomatis di menu Jumlah Top Up > Setuju > Konfirmasi
  4. Masukkan PIN Saldo Penjual untuk memberi izin Shopee melakukan pengisian Saldo Iklan dengan Saldo Penjual

Ketika melakukan pengisian saldo iklan secara otomatis kalian perlu mengatur PIN Saldo Penjual terlebih dulu di menu Buat PIN Saldo Penjual.

Lihat juga : Cara Beriklan Efektif Di Instagram

5. Jumlah produk pre order kurang dari 20%

Jika kalian ingin menjual produk yang sifatnya pre order, sebaiknya kalian membatasi jumlahnya sesuai dengan peraturan dari Shopee yaitu produk pre order hanya boleh 20% dari keseluruhan produk yang dijual di toko kalian.

Kalian bisa menyiasati ketentuan ini dengan mengombinasikan produk pre order kalian dengan produk yang ready di toko Shopee kalian.

Sebaiknya kalian menentukan produk dengan kategori yang masih sama dengan produk pre order yang kalian jual ataupun sebaliknya ya karena ini akan mempengaruhi minat pembeli terhadap toko kalian.

6. Tidak memiliki poin penalti

Poin penalti dikenakan kepada penjual yang tidak memenuhi standar pembeli sehingga mengecewakan pembeli. Performa penjual Shopee yang baik meliputi:

  • Penyelesaian pesanan yaitu pengiriman cepat & pengalaman belanja yang memuaskan dari pembeli.
  • Produk & deskripsi produk yang sesuai dengan produk yang diterima pembeli.
  • Respon chat yang cepat dan ramah kepada pembeli.

Penjual yang tidak memenuhi standar kepuasan pelanggan akan menerima poin penalti sebagai peringatan dari Shopee untuk tidak mengulangi hal yang sama di masa mendatang.

7. Mematuhi kebijakan Shopee

Shopee menetapkan peraturan jenis barang yang tidak boleh dijual oleh seller yang ingin mendapatkan rating sebagai star seller. Produk-produk yang dilarang tersebut antara lain:

  • Barang-barang KW atau palsu ataupun yang menggunakan logo merk asli dan sejenisnya
  • Produk makanan, suplemen, obat, dan kosmetik yang tidak memiliki sertifikasi BPOM
  • Produk ilegal seperti narkoba, senjata berapi, obat-obatan terlarang, dan sejenisnya
  • Minuman keras dan rokok
  • Produk berjenis “share in jar” yaitu produk yang dijual ulang dengan kemasan yang lebih kecil dari produk aslinya
  • Produk MLM
  • Parfum badan

Itulah tadi 7 cara menjadi seller Shopee sukses, sekaligus menaikkan ranking seller kalian di Shopee.

Selanjutnya membahas tips-tips menjadi seller pilihan banyak pembeli, serta menjaga kepercayaan pelanggan toko kalian di Shopee. Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Cara mempertahankan status star seller

Meskipun kalian sudah berhasil mendapatkan status sebagai star seller di Shopee, namun toko kalian masih berada di bawah pengawasan karena status tersebut dapat hilang jika kalian tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Shopee.

Beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Shopee agar toko tetap memiliki status Star, berikut riterianya :

  1. Persentase chat dibalas minimal 65%.
  2. Penilaian toko di atas 4.4.
  3. Persentase jumlah produk pre order dalam 30 hari maksimal 20%.
  4. Minimal jumlah transaksi berhasil dalam 30 hari terakhir minimal 15 pesanan.
  5. Jumlah pembeli berbeda dalam 30 hari terakhir minimal 9 orang.
  6. Jumlah poin penalti maksimal 3.

Kalian juga dapat melakukan pemantauan toko untuk mencegah kehilangan status Star Seller Shopee dengan cara melihat notifikasi di halaman Star Seller Shopee toko kalian.

Notifkasi tersebut akan melaporkan performa toko Shopee kalian dan akan memperingatkan kalian untuk mengambil tindakan untuk mempertahankan status Star Seller Shopee.

Cara Menaikkan Status Seller Star Menjadi Star+ dan Mall

Status star+ dan mall adalah status seller di Shopee yang lebih tinggi daripada seller star. Perbedaan dari ketiga jenis status seller ini adalah pada syarat-syarat yang ditentukan Shopee.

Star+

Seller berstatus star+ Memiliki kriteria di atas seller berstatus star namun di bawah seller berstatus mall. Syarat untuk menjadi seller berstatus Star+ :

  1. Memiliki persentase chat dibalas mulai dari 85%.
  2. Memiliki rata-rata penilaian toko mulai dari 4.8.
  3. Memiliki jumlah pesanan lebih dari 15 pesanan atau pendapatan bersih mulai dari 50 juta Rupiah.
  4. Memiliki jumlah pembeli unik mulai dari 9 pembeli dalam waktu 30 hari terakhir.
  5. Lama waktu pengemasan maksimal 2 hari selama 12 minggu terakhir.

Mall

Shopee Mall adalah status toko tertinggi yang ada di Shopee. Untuk menjadi penjual Shopee Mall harus melakukan registrasi, dengan mengisi formulir registrasi dan nantinya akan dihubungi oleh pihak Shopee, bagi penjual yang lolos seleksi maksimal 7 hari setelah pengisian formulir registrasi.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi penjual Shopee Mall yaitu :

  1. Memiliki jenis badan usaha berupa PT/CV/distributor/Firma/Koperasi/Persekutuan Perdata/Persekutuan Umum/Persero/Usaha Dagang/Individual.
  2. Tipe merk yang dijual harus memenuhi salah satu dari beberapa kriteria yang ada yaitu ; merk global, merk yang tersedia di pusat perbelanjaan/mall ternama, pusat perbelanjaan modern/mall ternama, merk yang tersedia di pasar swalayan/supermarket/hypermarket ternama, merk yang tersedia di pasaraya/department store ternama, merk yang dimiliki oleh selebriti ternama, merk populer.
  3. Dokumen penjual yang meliputi KTP, NPWP, NIB atau SIUP, HKI, Surat Resmi Penunjukkan Distributor (khusus distributor), sertifikat BPOM/Depkes/Postel untuk produk berkategori kecantikan, kesehatan, makanan & minuman, ibu & bayi, postel berlaku untuk alat telekomunikasi seperti handphone.

Sedangkan persyaratan operasional untuk penjual Shopee Mall adalah penjual mall harus memenuhi kriteria operasional seperti :

  • Toko memiliki produk minimal 25 produk.
  • Persentase chat dibalas minimal 75%.
  • Minimal pesanan 1 pesanan.
  • Tingkat pesanan tidak terselesaikan maksimal 5%.
  • Keterlambatan pengiriman minimal 5%.
  • Jumlah produk pre order maksimal 20% dari total produk.
  • Tidak memiliki poin penalti.
  • Mengikuti standarisasi daftar produk Shopee Mall.

Kesimpulan

Untuk mengalahkan persaingan dan meningkatkan penjualan di Shopee, minimal status seller Shopee yang diperlukan adalah Star.

Tetapi lebih baik menjadikan seller Shopee Star menjadi Star+ dan Mall. Dengan begini akan memperkecil persaingan, dan menjadi toko sebagai pilihan terfavorit di setiap pencarian, yang dilakukan oleh pengunjung website Shopee.

Gunakan cara-cara dan tips-tips yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengupgrade status seller Shopee kalian.

Jangan lupa juga memberikan layanan profesional sebagai penjual. Mulai dari layanan chat, komplain dan kecepatan pengiriman.

Selain itu, jangan lupa membuat judul dan deskripsi produk yang menarik. Utamakan kejujuran dalam memberikan informasi produk. Dan gunakan juga metode SEO friendly dalam pembuatan judul dan deskripsi produk.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat khususnya untuk kalian para seller Shopee yang sedang berjuang menaikkan peringkat toko Shopee kalian ya. Selamat mencoba.

Leave a Reply