Rahasia Latihan Cupang Adu Siap Tempur Dari Murah Jadi Mahal

Setelah saya membaca artikel Cara Latihan Cupang Adu Tanpa Capek, jadi teringat pengalaman di tahun 2006. Di saat itu menemukan rahasia latihan cupang adu yang menjadikan ikan menjadi juara terus selama 3 tahun berturut.

Bukan hanya cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas saja, tetapi lebih dari kata oke bisa diperoleh dengan mudah. Tidak perlu repot dan pusing mencari berbagai latihan rahasia.

Baca juga:

  1. Harga Ikan Cupang Terbaru Terlengkap
  2. Jenis Cupang Liar Paling Sering Dipelihara

Ikan cupang dari lahirnya sudah ganas. Karena merupakan hewan karnivora dan kanibalisme. Jadi tidak perlu mencari cara latihan supaya cupang ganas. Namun lebih fokus membuat teknik laga dan kejantanan semakin paten.

Rahasia Latihan Cupang Aduan
Gambar Cupang Adu

Rahasia Latihan Cupang Adu

1. Perhatikan Kualitas Air
Langkah ini sebagai permulaan untuk menyiapkan air yang cocok untuk cupang adu kesayangan ataupun pilihan. Utamakan kualitas agar ikan nyaman dan tanpa penyakit.

2. Pemberian Makan
Pemberian makan yang ideal adalah pagi hari sebelum dijemur di bawah sinar matahari dan sore hari jam 4-5 sore. Takaran makanan secukupnya. Jenis pakan yang bagus kutu air ataupun jentik.

3. Wadah Sehari-hari Yang Sesuai
Gunakan toples kecil atau botol minuman mineral 600 ml yang telah dipotong 1/4nya. Kedalam air 3/4 botol yang telah dipotong. Pergantian air usahakan 2 hari sekali. Atau ingin mempercepat ukuran ikan, sebaiknya 1 x sehari.

4. Air Digunakan
Paling bagus menggunakan air rendaman ketapang dan garam dapur secukupnya. Lalu diaerasi 24 jam atau lebih. Untuk mengaerasi diperlukan mesin aerator aquarium. Harga kisaran Rp.15 ribu sampai dengan Rp. ratusan ribu. Sesuaikan dengan budget dan wadah.

5. Tidak Perlu Latihan Jantur
Sebenarnya latihan jantur atau menggunakan plastik tabung dengan ukuran panjang ini hanya melatih otot pangkal ekor ikan. Yang diperlukan yang paling penting adalah serangan mematikan.

6. Tidak Perlu Latihan Putar
Latihan ini menggunakan wadah bulat seperti ember atau toples. Dengan kedalaman 50 cm atau lebih. Lalu ikan dimasukkan ke wadah tersebut dan lalu diputar ke kiri dan kanan. Upaya membuat tenaga dan nafas cupang semakin bagus. Tapi bukan untuk serangan mematikan. Percuma.

7. Tidak Menggunakan Latihan Pale atau Palei
Jenis latihan penerapannya dengan cara meletakkan ikan ke wadah datar seperti piring kecil lalu piring tersebut diberikan 1 sendok makan air. Kemudian ditutup dengan piring lainnya. Ikan dibiarkan menggelepar melompat semalaman atau waktu yang dipilih. Ini juga termasuk latihan yang sia-sia. Hanya menyiksa, merusak sisik, mulut dan nyali cupang.

8. Mengejar Betina atau Ikan Bacol
Sempat menjadi latihan populer karena sangat mudah melakukannya. Hanya dengan menyiapkan Aquarium atau wadah besar lainnya. Isi air hingga kedalaman 3/4 dari wadah. Kemudian masukkan cupang yang dilatih dan ikan betina atau ikan bacol. Tetap saja, latihan ini juga percuma. Hanya meningkatkan nyali bukan serangan mematikan.

Ada banyak latihan ikan laga lainnya yang tidak perlu digunakan untuk mengikuti kejuaraan. Bahkan tidak jarang dijumpai, akibat latihan yang tidak sesuai. Ikan menjadi bacol atau penyakitan.

Lihat juga: Harga Ikan Cupang Terbaru Terupdate

Resiko Latihan Cupang Aduan

Menjadi Bacol
Bukanlah rahasia jika latihan tidak sesuai prosedur akan mengakibatkan cupang bacol. Bacol atau bacul pengertian singkatnya adalah kondisi cupang tidak berani. Jika disandingkan ke cupang lain, tidak bereaksi sama sekali. Bahkan sering kaget. Untuk mengobatinya dengan latihan mengejar ikan betina.

Bentuk Bagian Tubuh Cacat
Ini sering terjadi pada latihan putar. Disebabkan seringnya terpukul tubuh ikan cupang dengan tongkat pengaduk. Cacat yang sering disebabkan adalah pangkal ekor bengkok, mata kurang awas, mulut lecet atau luka. Kondisi ini bisa membuat penyakitan dan berakhir kematian.

Kurang Agresif
Latihan yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan ikan kurang agresif. Kurangnya ikan cupang istirahat akan berpengaruh buruk pada mental dan kondisi kesehatan tubuh. Latihan yang sering menyebabkan kurang agresif adalah latihan putar dan pale.

Mudah Sakit
Khusus untuk latihan jantur menggunakan plastik panjang, biasanya sering menyebabkan cupang mudah sakit. Penggantian air pada jantur seringkali diabaikan pemiliknya. Sehingga kualitas air berkurang menyebabkan penyakit parasit seperti jamur kapas, gatal-gatal ataupun tidak selera makan.

Merusak Gigi
Untuk mencari cara membuat gigi ikan cupang tajam, sebaiknay mengabaikan latihan mengejar ikan betina atau ikan bacul. Karena merusak gigi ataupun mengurangi jumlah gigi.

Kualitas Mental
Berkurangnya mental nyali dan sampai tidak mau menyerah, biasanya disebabkan teknik latihan yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai dengan umur cupang aduan. Kasus yang sering terjadi ketika membawa cupang ke tempat pertandingan, eh sampai disana ikan menjadi lesu dan kagetan.

Cara Memilih Cupang Aduan

Menentukan Harga
Harga bisa saja bohong bisa saja benar. Tergantung dari kejujuran penjual. Biasanya keterangan penjual dengan peternak sering berbeda. Untuk itu, lebih percaya ke peternak. Namun Anda jangan khawatir, karena ikan murah bisa disulap menjadi kualitas mahal. Terus membaca artikel rahasia latihan cupang adu ini. Karena semakin banyak informasi bermanfaat seputar cupang adu yang Anda dapat.

Umur Ideal
Umur ideal cupang aduan adalah 5 bulan dengan ukuran 4-5 cm. Sisik rapat dan lebih pekat warnanya. Pastikan warna mulutnya hitam pekat.

Kondisi Kesehatan
Cupang ada sehat biasanya dalam kondisi agresif, kotoran padat dan hitam serta aktif. Jangan pernah memilih ikan yang lambat atau sering berdiam diri. Biasanya ada trauma ataupun penyakit.

Ukuran Tubuh
Jangan pernah memilih ukuran tubuh gemuk dan panjang. Biasanya ikan seperti ini, sering diberikan makan berlebihan atau memang dari lahir pertumbuhan ukuran tubuh terlalu cepat dibandingkan yang lain. Bagusnya dijadikan indukan saja.

Tips Membeli Cupang Aduan

Beli Dari Peternak
Pastikan sebelum beli dari peternak Anda menanyakan umur, lubuk dan arah serangan. Berapa lama di ren dan pemberikan pakannya apa saja. Jika baru diangkat dari kolam, sebaiknya menanyakan cara ren ikan cupang aduan.

Tester
Jangan lupa untuk melihat kualitas yang akan dibeli. Biasanya 1 lubuk atau kolam arah serangan dan kualitas sama. Jadi perlu Anda meminta peternak untuk testing 1 ekor sebelum membeli. Biasanya peternak memiliki cupang seken dari lubuk yang dijual. Atau membayar setengah harga.

Beli Dari Penjual
Terkadang membeli dari penjual atau pengepul biasanya sering beresiko. Resko yang sering dialami yakni beli mahal tetapi kualitas jelek. Beli murah eh ternyata sangat buruk jeleknya. Untuk menghindari ini, sebaiknya jangan membeli dari penjual kacangan. Anda sebaiknya membeli penjual yang sering diinformasikan pemain.

Penanganan Saat Membeli Cupang
Usahakan setelah deal harga dan telah membeli, kemasan plastik cupang adu dibungkus kertas putih polos atau hitam polos. Untuk mengurangi stress cupang pada saat perjalan pulang nanti.

Penanganan Cupang Setelah Sampai Di Rumah
Ini wajib Anda ketahui, sebelum ikan cupang Anda penyakitan, stress bahkan menjadi bacul. Yakni menyiapkan air cupang yang baru lalu menuangkan di toples atau botol. Isi setengah, lalu taruh kemasan cupang ke dalam botol tersebut. Biarkan 4 jam, lalu buka kemasan. kemudian tuangkan air dan ikannya ke dalam botol.

Informasi Yang Sering Ditanyakan Seputar Cupang Adu

Mengapa ikan menjadi bacul atau bacol?
Ikan menjadi bacol atau bacul karena latihan yang overdosisi dan perawatan tidak benar setelah bertanding. Solusinya dengan melakukan latihan kejar betina atau didiamkan di ember hitam selama 2 Minggu.

Apa yang membuat cupang aduan penyakitan?
Yang pertama karena kualitas air yang kotor, faktor makanan yang tidak higienis, kecelakaan atau kelalaian di saat latihan dan saat penjemuran di pagi hari.

Apa itu ren cupang?
Ren cupang adalah masa cupang diangkat dari lubuk ke toples. Gunanya untuk melepaskan sifat kehidupan kolam atau lubuk menjadi sifat individual. Biasanya sifat individual akan menjadi agresif dan beringas.

Apa itu jantur?
Jantur adalah plastik panjang kisaran 50 cm sampai dengan 2 meter yang diikat menjadi bentuk tabung. Sehingga bisa diisi air dan diberika ring diatasnya agar bisa digantung.

Berapa lama latihan jantur?
Biasanya latihan jantur minimal 2 Minggu agar mendapatkan pangkal ekor yang kekar dan pernafasan yang bagus. Pemberian pakan normal seperti biasa. Pagi dan sore hari.

Cara Mengatasi Penyakit Cupang

Biasanya ikan cupang yang tidak terawat dengan benar akan mengalami kondisi kesehatan yang menurun. Sehingga menyebabkan penyakit parasit seperti jamuran putih seperti kapas, adanya parasit pada kipas sekitar leher dan lesu.

Penyakit Parasit

Untuk mengatasi parasit, diperlukan obat yakni Gold 100 atau obat kuning yang sering dijual toko-toko ikan hias. Sekedar saran, belilah di toko ikan hias yang besar, bukan di emperan atau yang kecil.

Biasanya dijual adalah barang tiruan alias palsu, Yang justru membahayakan ikan cupang. Jangan pernah menggunakan obat biru, karena obat semakin membuat parah kondisi cupang.

Penyakit Lesu dan Tidak Selera Makan

Biasanya disebabkan air yang kotor dan makanan yang tidak higienis. Makanan berupa kutu air atau jentik yang tidak dibersihkan biasanya penyebab utama.

Penyakit yang sering dijumpai adalah kotoran berwarna bening dan panjang seperti cacing, perut membengkak sehingga membuat sisik berdiri atau tidak rapat, berenang lambat dan banyak berdiam diri.

Untuk mengatasi ini, sebenarnya jika mendapatkan kasus seperti ini akan sukar disembuhkan. Tetapi Anda bisa mencoba dengan mempuasakan ikan cupang, rutin mengganti air dan dijemur di bawah sinar matahari di pagi hari.

Lalu Apa Sih rahasia latihan cupang aduan itu?

Sebenarnya rahasia latihan cupang paling mutakhir dan paling efisien adalah di perawatan. Bukan di latihan-latihan. Pada dasarnya serangan cupang sudah mematikan.

Latihan-latihan yang diberikan justru membuat arah serangan mematikan menjadi tidak menentu. Atau ciri khas bertarungnya menjadi hilang. Bahkan serangan menjadi tidak terarah.

Yang awalnya serang perut, bisa menjadi serangan pangkal dan badan. Atau hanya serangan badan saja. Serangan ke arah badan tidak bisa membuat menjadi jagoan dan memakan waktu yang lama.

Jadinya rahasia latihan cupang aduan hanya ada di perawatan sehari bukan latihan-latihan yang ribet. Ikan cupang adu tidak sama dengan petinju yang naik di ring.

Perawatan Cupang Aduan

Menjaga kualitas air

Untuk menyiapkan air yang benar yakni siapkan air tampungan di dalam wadah besar yang berbentuk bulat seperti ember. Beri garam dapur secukupnya. Secukupnya artinya terasa sedikit asin di airnya.

Kemudian siapkan 30 atau 50 lembar ketapang. Ikat menjadi satu, lalu rendam ke dalam wadah yang disiapkan tersebut. Lalu berikan aerasi minimal 24 jam bahkan lebih. Agar kandungan polusi di dalam air hilang.

Usahakan wadah ditutupi sehingga tidak terjadi perkembangbiakan jentik atau serangga lain. Setelap 24 jam nonstop, air bisa digunakan untuk air sehari-hari cupang di botol atau toples. Air di dalam wadah bisa digunakan untuk pergantian air cupang.

Sehingga menghemat waktu. Dan jangan lupa mesin aerator selalu dalam keadaan nyala terus memberikan udara ke dalam air yang di wadah.

Pemberian Makan dan Penjemuran

Pemberian pakan haruslah tepat. Mulai dari kebersihan dan penjadwalan. Bersihkan dulu makanan ikan cupang dengan air bersih, lalu rendam selama 5 menit dengan obat gold 100. Setelah itu saring dan diberikan kepada cupang.

Pemberian makan dimulai pagi hari, 2 jam sebelum dijemur. Beri makan secukupnya sekitar 5 ekor jentik ukuran besar. Waktu penjemuran paling ideal adalah di antara jam 7 pagi sampai dengan 9 pagi.

Usahakan dijemur tepat kena paparan sinar matahari langsung. Selalu cek suhu air. Jika sudah hangat, sandingkan dengan ikan lainnya. Biarkan ikan cupang bertatap muka dan saling menantang.

Jika sampai memukul toples, ini artinya ikan sudah cukup dijemur. Ikan cupang boleh diistirahat. Setelah dijemur, istirahat, keadaan toples tidak boleh dibungkus dengan kertas.

Biarkan transparan tetapi beri pembatas atau sekat agar tidak melihat cupang lain. Gunanya meningkatkan keberanian ikan cupang dan tidak mudah kaget. Apalagi jika tempat penyimpanan cupang sering dilalui banyak orang.

Usahakan tempat penyimpanan cupang bebas dari cicak. Karena cicak sering memancing cupang untuk melompat dari botol. Jika Anda sering melihat kasus ikan cupang melompat dari botol, sudah pasti salah satu penyebabnya adalah cicak.

Kotoran Padat dan Hitam

Biasanya setelah dijemur, ikan cupang akan mengeluarkan kotoran yang padat dan warna hitam. Kondisi ini sangat bagus. Artinya pencernaan ikan cupang sehat. Dan bila begini, ikan cupang selalu aktif dan warnanya lebih mencolok.

Sebelum membawa ke arena pertandingan, pastikan Anda selalu cek kondisi kotoran cupang. Jika belum buang kotoran ataupun berak putih. Sebaiknya urungkan untuk membawa cupang tersebut ke tempat pertandingan.

Lamanya Perawatan Cupang Aduan

Lamanya perawatan cupang aduan dijelaskan diatas, biasanya 2 Minggu. Ini bisa diperlakukan dengan ikan yang di ren. Tetapi biasanya ikan yang di ren membutuhkan waktu beradaptasi di botol selama 2 Minggu dan perawatan 2 Minggu.

Kondisi ikan yang baru diangkat dari lubuk atau kolam, biasanya dengan kondisi sirip hancur, ekor terbelah dan sirip terpecah. Kondisi tidak perlu dikhawatirkan karena wajar jika terjadi pekelahian sesama di kolam.

Maka itu dibutuhkan ren cupang. Untuk memulihkan fisik cupang, diperlukan 2 Minggu dengan perawatan yang dijelaskan sebelumnya di artikel rahasia latihan cupang aduan ini.

Tips Membawa Ikan Cupang Ke Tempat Kontes

Pastikan Ikan Sehat

Kondisi ikan sehat selalu diutamakan. Yakni mulai dari keagresifan dan kotorannya. Jika disebengkan dengan ikan cupang lain, langsung agresif dan liar. Ini artinya ikan sudah siap untuk bertanding.

Pembungkus Toples

Untuk menjaga kenyamanan cupang di saat perjalan menuju tempat kontes, usahakan membungkus toples dengan kertas putih polos atau hitam polos. Tapi direkomendasikan kertas putih polos. Alasan faktor kebuasan.

Perawatan Setelah Tanding

Selalu menyiapkan air cupang baru yang dijelaskan sebelumnya. Air ini akan digunakan untuk cupang yang telah bertanding. Lalu toples di bungkus dengan kertas hitam polos.

Usahakan cupang telah bertanding tadi tidak terkena cahaya. Diamkan selama minimal 6 jam. Maksimal 24 jam. Tujuan mengistirahatkan cupang adu.

Kemudian keesokan harinya, ganti air. Beri makan sedikit. Lalu jemur di pagi hari. Setelah istirahatkan ikan. Jangan lupa sore hari beri makan sedikit saja. Lakukan ini sampai ikan terlihat segar dan sehat.

Itulah tadi sekilas tentang rahasia latihan cupang aduan yang dijamin bisa membuat cupang Anda menjadi juara. Rahasia ini bukanlah rahasia lagi setelah diulas tuntas di artikel ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dibagikan kepada sesama peng hobi ikan cupang. Perawatan yang dijelaskan disini bisa diterapkan pada cupang aduan dan cupang hias.

Terimakasih Cari Harga Murah Dot Com.

Wow, artikel ini bagus sekali. Yuk, share ke teman-teman :

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *