Manfaat Website Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Minuman Kekinian Nikmat Banget

Manfaat Website tentu bukan lagi satu hal baru. Website merupakan salah satu wadah dimana manusia modern mencari informasi dan melakukan banyak aktivitas lain. Seperti berinteraksi dengan orang lain di internet.

Pengertian website lainnya adalah sebagai media komunikasi dan interaksi dalam jaringan internet. Dimana semua pengguna bisa menulis dan membaca serta mengakses informasi. Website sering disebut sebagai World Wide Web.

Bapak penemu World Wide Web (WWW) adalah Prof. Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Dan website mulai dikenalkan ke masyarakat luas pada tangga 30 April 1993. Dan di saat itu, semua situs web bisa digunakan dan dimanfaatkan secara gratis kepada seluruh masyarakat dunia. Kira-kira itu sekilas sejarah tentang website.

Meskipun bukan lagi hal yang baru, namun tidak sedikit yang belum memahami apa sebenarnya website.  Website bisa dikatakan juga sebagai pusat atau sentral dari web pages atau halaman yang disimpan.

Dari halaman – halaman tersebut berkumpul berbagai informasi yang saling berkaitan dan terhubung. Jelas bahwa website semacam perpustakaan untuk menyimpan berbagai informasi.

Baca juga : Pengertian Domain dan Manfaat Domain

Kategori Website

Secara umum dan sejarah, website dibagi dalam 3 kategori. Yakni website statis, dinamis dan interaktif.

Website Statis

Website statis adalah website yang isinya hanya itu-itu saja. Kontennya memang disengaja jarang diupdate. Bisa dikatakan kategori website ini merupakan website jadul. Atau kategori website pertama kali di dunia. Untuk mengupdate konten, diperlukan keahlian. Seperti mengutak-atik source code. Di masa ini, hanya programmer yang bisa menjalankan website statis.

Website Dinamis

Website dinamis merupakan penerus website statis. Yang sengaja dikembangkan serta diperbaharui agar kontennya bisa diupadate atau diubah. Contohnya website-website zaman sekarang ini. Selain itu, pembuatan website dinamis lebih lama daripada website statis.

Website Interaktif

Website interaktif bisa dikatakan jawaban atas kesulitan menggunakan website statis dan dinamis. Pembuatan website ini sangat mudah. Karena sudah tersedia aplikasi-aplikasi yang mempermudah pembuatan web interaktif.

Salah satunya fitur yang mempermudah membuat website interaktif adalah framework. Selain itu juga ada platform CMS. Inilah yang sering disebut website modern. Tidak diperlukan keahlian untuk menjadi seorang developer web untuk membuat kategori website seperti ini.

Manfaat Website Dan Tujuannya

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa memiliki website bukan hal yang merugikan. Jika anda berencana untuk memiliki website. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan tujuan website:

  1. Media Transaksi Bisnis

Bagi anda yang memiliki usaha atau bisnis, tentu menggunakan website sebagai media promosi sekaligus transaksi akan sangat berguna. Anda bisa mempromosikan berbagai produk maupun jasa yang anda tawarkan melalui website anda.

Bukan hanya itu, transaksi secara online menjadi pilihan lebih banyak orang. Dengan website, anda bisa menyediakan layanan transaksi secara online  selama 24 jam setiap hari.

  1. Meningkatkan Kualitas Layanan

Memiliki website juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan. Pada website anda bisa memberikan berbagai layanan pelanggan seperti live chat yang tentunya akan membantu pelanggan anda.

Saat pelanggan anda mengalami kesulitan, maka anda akan dengan mudah mengetahuinya melalui live chat yang disediakan pada website anda. Anda juga akan lebih cepat untuk menemukan solusi masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

  1. Memperluas Target Pasar

Website merupakan media online  yang dapat diakses semua orang bahkan orang luar negeri. Jelas, dengan begitu maka semakin banyak pula orang yang akan mengunjungi website anda.

Dengan jumlah kunjungan yang banyak, itu juga berarti bahwa target pasar anda juga akan semakin luas. Anda bisa menargetkan pelanggan dari segala usia dan negara.

  1. Media Informasi Online Yang Real Time

Tidak dipungkiri, sebuah website menggantikan media berita seperti surat kabar, tv, radio dan sejenisnya. Selain itu, website juga bisa digunakan sebagai alat menyampaikan pesan. Bandingkan dengan zaman dulu. Mengirim pesan saja harus menggunakan telegram atau pos. Kini semua diakses dan dilakukan dengan menggunakan website di internet.

  1. Media Belajar Online

Perkembangan sekarang makin canggih. Manfaat website semakin melebar kemana-mana. Salah satunya menjadi media belajar online. Kini semakin banyak website belajar online. Baik itu forum belajar online gratis maupun berbayar.

  1. Sebagai Kantor Online

Biasanya website yang dijadikan kantor online adalah website company profile. Memang kegiatannya tidak seperti biasa dalam kantor fisik. Tapi setidaknya, pengguna bisa tahu apa yang dilakukan di perusahaan tersebut. Web company profile biasanya berisi pengenalan profil dan produk sebuah perusahaan.

  1. Media Hiburan

Kini website menyajikan hiburan semakin banyak. Misalnya menonton film-film bioskop box office, streaming video, bermain game online, karaoke online, joget online, ngelawak online dan masih banyak lagi. Salah satau situs hiburan terkenal dan masih ada sampai sekarang adalah Youtube.

  1. Sarana Iklan

Berdasarkan tujuan di awal terciptanya website yakni sebagai media informasi. Otomatis ini bisa dijadikan sebagai media promosi secara online. Sangat banyak website-website iklan yang beroperasi di internet. Dan selain sebagai sarana iklan, juga bisa menjadi sumber penghasilan. Dengan menyediakan space iklan dalam website kepada advertiser.

Dampak Buruk Website

Selain manfaat-manfaat website yang disebutkan diatas. Ternyata ada juga dampak buruk website kepada penggunanya. Khususnya di zaman serba canggih ini. Namun sisi buruk tidak kami jelaskan secara detail. Hanya garis besarnya saja.

Berikut dampak negatif sebuah website :

  1. Sering dijadikan tindakan penipuan. Khusus dalam urusan transaksi jual beli dan pengambilan data-data pengguna.
  2. Mudahnya mengakses konten-konten negatif. Sudah pasti yang di bawah umur dan labih mudah terpengaruh dengan konten-konten negatif. Ada banyak website-website yang tidak memfilter kontennya.

Dan dampak buruk lainnya. Pengurangan dampak buruk dari website, memang telah dilakukan. Mulai dari tindakan mesin telusur dan pemerintah yang memblokir situs-situs yang meresahkan. Tapi ini hanya bisa berkurang 60%. Karena ada banyak cara-cara untuk mengakses website berkonten negatif. Seperti menggunakan VPN atau aplikasi-aplikasi browser lainnya.

Demikian adalah manfaat memiliki website yang utama. Manfaat lainnya seperti pemberi informasi lowongan kerja, media menyalurkan hobi menulis contohnya blog dan masih banyak lagi.

Semoga artikel ini bisa membantu pembaca yang sedang ingin memiliki website. Dan bisa menentukan tujuan memiliki website sesuai kebutuhan.

Baca juga : Cara Menentukan Jenis Website Sesuai Kebutuhan

Minuman Kopi Nikmat Kebangetan
Share on:

Leave a Comment