Blog

Jenis Minuman Kopi Yang Wajib Dimiliki Warung Kopi

Hi, guys. Mau coba usaha warung kopi? Yang pertama kamu lakukan selain mempersiapkan modal usaha, adalah mengetahui 10 jenis minuman kopi yang laku dijual di pasaran. Tentu dengan variasi kopi ini, semakin membuat warung kopi kamu rajin dikunjungi. Mudah-mudahan pengunjungnya tidak melihat saja, melainkan membeli juga.

Selama ini, warkop alias warung kopi tidak pernah kehabisan peminat. Ada saja pecinta kopi pemula setiap harinya. Sebab itulah bisnis kafe kopi gaul sangat diminati masyarakat. Namun di artikel ini tidak menjelaskan tentang modal sewa tempat, peralatan dan teknik manajemennya.

Fokusnya hanya membahas jenis minuman kopi yang sering diminati banyak orang. Warung kopi merupakan salah satu tempat yang sering dijadikan tempat nongkrong atau sekedar coba-coba menu yang disediakan. Bisa juga dijadikan tempat bertransaksi atau bertukar informasi. Salah satunya bergosip ria.

Saya juga sering nongkrong di warkop, guys. Harga kopi warkop dekat rumah juga tidak mahal. Hanya Rp.3.000 per gelas. Sudah termasuk gorengan sebanyak 5 biji kalau bayar 5 ribu lagi. Alasan ngopi di warkop, yah karena ingin suasana baru.

Tak jarang juga noingkrong di warkop mahal juga. Yang 1 gelasnya 100 ribu. Itupun kalau ada yang bayarin :P.

10 Jenis Minuman Kopi Terkenal Di Dunia

Oke, balik lagi ke topik utama. Yakni membahas 10 variasi minuman kopi yang paling laku di pasaran ya. Berikut 10 jenis minuman kopi paling digandrungi di zaman milenial ini.

1. Espresso

Espresso adalah minuman kopi yang mudah dibuat. Rasa murni dari biji kopi yang baru dipanggang. Varian kopi hitam dengan khas pahit ini, sering dijadikan menu minuman pilihan bagi para pecinta kopi sejati. Bagi baru-baru mencoba kopi, sebaiknya memulai dari espresso. Rasanya pahit.

Tapi kamu bisa mengakalinya dengan mencampur espresso dengan susu kental dan krim. Biar gaul gitu loh. Harga pasaran kopi seperti kira-kira 20 ribu di kafe-kafe. Ada juga jualnya hampir seratus ribu, mungkin dijual segitu karena biaya metik di belakang rumah, kupas, oseng bijinya dan kegiatan lainnya yang bisa membuat mahal.

Cara Membuat Espresso Di Rumah

Espresso adalah bahan dasar untuk berbagai minuman kopi lainnya. Tapi sebelum memulai membuat espresso, kamu membetuhkan peralatan yang harus disiapkan Apakah saja itu?

Peralatan membuat espresso :

  1. Mesin espresso
  2. Penggiling
  3. portafilter
  4. Tamper
  5. Timbangan gram
  6. Gelas

Setelah peralatanya tersedia, mulailah dengan proses pembuatannya. Saran saya, jika membuat espresso membuat repot, lebih baik membeli saja. Beli peralatannya saja sudah menghabiskan ratusan gelas kopi espresso. Tetapi jika kamu memaksa mau buat sendiri. Ya sudah, ini cara pembuatan kopi espresso :

  1. Isi wadah mesin espresso dengan air dingin dan disaring yang tidak terlalu keras atau terlalu lembut. Jauhi air suling karena dapat merusak ketel Anda secara serius.
  2. Nyalakan mesin Anda untuk memanaskannya, memakan waktu antara 15 hingga 45 menit tergantung pada ukuran mesin. Setelah mesin Anda memanaskan suhu penyeduhan, tunggu sedikit lebih lama hingga mesin espresso Anda terasa hangat.
  3. Tempatkan portafilter di group head dan jalankan mesin espresso selama beberapa detik untuk membawa air ke depan dan memanaskan bagian mesin yang dekat dengan kopi Anda.
  4. Lap bagian dalam portafilter dan bagian bawah group head hingga bersih.
  5. Giling beberapa kacang dan singkirkan bubuk basi dari penggiling Anda. Ambil 18 hingga 21 gram kopi yang baru digiling ke portafilter.
  6. Tempelkan dan berikan tekanan yang merata, gunakan ujung jari untuk merasakan tepi keranjang.
  7. Kembalikan portafilter di group head dan mulai menyeduh. Jika mesin espresso Anda memiliki tahap pra-seduh atau pra-infus, selesaikan langkah itu terlebih dahulu.
  8. Mulai infus dan akhiri pembuatan bir untuk menghasilkan 2 ons. atau sekitar 30 gram espresso.

Cara pembuatan kopi espresso ini saya dapat dari link situs luar negeri dengan bahasa Inggris. Dan saya belum pernah mencobanya. Karena kelihatannya ribet sekali ya. Dan saya juga tidak ada berencana membuat usaha kopi espresso di rumah atau tempat sewaan. Ini link sumbernya ya.

2. Cafe Latte

Jenis minuman kopi berikutnya adalah cafe latte. Tipe kopi berbasis dari espresso. Ya betul, menggunakan kopi espresso dengan dicampur susu. Di luar negeri susu digunakan adalah susu murni atau susu tidak manis. Namun di tanah air tercinta ini, banyak memodifikasi dengan menambahkan susu kental manis.

Sehingga cita rasa yang kaya dari biji kopi yang rasanya pahit berkurang. Membuat kopi tidak terlalu pahit atau manis jika menggunakan zat pemanis seperti susu kental manis. Dan di jenis minuman kopi ini selalu dibubuhkan dengan susu busa.

Masyarakat sering menyebut cafe latte dengan sebutan latte. Ada juga menganggap cafe latte sama dengan moccacino. Yah itu bebas saja ya. Selama itu tidak membahayakan.

Cara Membuat Cafe Latte

Membuat cafe latte bisa dilakukan pemula, tidak harus belajar dulu sebagai barista. Namun, dibutuhkan peralatan-peralatan dan bahan, guys. Adapun peralatannya sebagai berikut.

Peralatan dan Bahan Membuat Cafe Latte :

  1. Kopi Espresso
  2. Susu tanpa lemak
  3. Bubuk kakao
  4. Sendok
  5. Toples dengan tutup
  6. Cangkir kopi lebar dan dangkal

Setelah semua bahan disiapkan. Mulailah bekerja membuat kopi cafe latte. Tahap-tahapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Buat espresso atau kopi yang diseduh dengan air panas.
  2. Isi toples dengan buih susu dan susu rendah lemak dengan jumlah setengah dari toples. Lalu masukkan juga espresso yang telah dibuat. Lalu tutup toples. Kemudian kocok toples selama 1 menit atau hingga semua tercampur rata.
  3. Setelah itu tuangkan ke gelas kopi kamu.
  4. Lalu taburkan bubuk kakao. Kamu bisa membuat hiasan atau gambar apa saja dengan bubuk kakao di atas kopi kamu.
  5. Kopi late atau cafe latte siap dinikmati.

Untuk membuat busa susu, cara dengan memanaskan susu dalam toples di microwave selama setengah menit. Di selama itu akan muncul busa naik ke atas toples. Nah busanya itulah nanti disendookan dan dituangkan ke dalam kopi latte.

Bagaimana, mudah kan. Jika terlalu sulit untuk membayangkan memulai mengerjakan. Sebaiknya beli saja, daripada repot.

3. Americano

Pernah dengar nama jenis minuma kopi kafe yang satu ini? Kalau belum, berarti ndeso. Americano merupakan minuman kopi khas Amerika. Rasanya? Mirip banget dengan espresso. Namun yang membedakan hanya cara pembuatannya. Espresso bisa dibuat di rumah sendiri, sedangkan americano hanya bisa dibuat di Amerika saja. Canda, guys.

Perbedaan yang lebih kentara antara espresso dengan americano adalah tingkat kekentalannya. Jangan salah ucap loh ya. Americano lebih encer dibandingkan espresso. Atau bisa dikatakan versi encer espresso. Banyak gak peminatnya? Wah banyak sekali, gak kehitung deh. Sumpah. Ampun, bang jago.

Caffe americano atau kopi americano disajikan dengan mencampurkan espresso dengan sedikit air panas. Inilah menyebabkan kenapa bisa encer tuh kopi. Terkadang, karena pahitnya penikmatnya sering menambahkan gula. Tambahan lainnya dengan menambah krim kocok. Supaya menambah cita rasa kopi itu sendiri.

Cara Membuat Kopi Caffe Americano

Membuat caffe americano sangat mudah loh. Tidak perlu alat-alat yang mahal. Cukup gunakan perangkat yang ada dirumah. Jangan gunakan perangkat mobil ya. Yang pertama adalah kamu siapkan kopi espresso. Lalu tambahkan sedikit air panas agar kopi espresso tersebut tidak kental alias encer.

Mudah sekali bukan. Oh iya, americano tidak memiliki ampas ya. Penamaan caffee americano disebabkan banyaknya ejekan terhadap kopi espresso yang terlalu kental. Sehingga mereka meminta ditambahkan air panas ke kopi espresso agar tidak mengental. Kira-kira begitulah sejarah caffe americano yang saya tangkap dari berbagai bacaan sejarah dunia.

4. Cafe Mocha

Jenis minuman kopi berikut ini adalah cafe mocha. Variasi kopi ini sebenarnya hanya menggunakan sedikit takaran kopi. Lalu ditambahkan bubuk coklat, whipped cream dan susu. Sebenarnya ada banyak versi yang satu ini, mungkin disebabkan selera ya.

Saya pribadi tidak menyukai kopi ini, tapi kalau dikasih gratis gak nolak. Cafe mocha salah minuman kekinian yang menjamur di masa kini. Hampir semua kafe, selalu ada minuman ini di menunya. Harganya beragam. Kalau bisa memilih di luar itu, saya pilih yang gratis.

Cara Membuat Cafe Mocha

Sudah gak kuat ya pengen tahu resep membuat cafe mocha? Tenang saja. Saya akan memberikan resep rahasia yang sudah diketahui banyak orang. Baik itu dari mulut ke mulut, dari mata turun ke hati dan sebagainya.

Begini cara membuat cafe mocha. Pertama siapkan sedikit espresso kira-kira 3 sendok makan, lalu masukkan bubuk coklat kira-kira 5 sendok makan. Kemudian tuangkan susu cair panas rendah lemak. Aduk, setelah tercampur rata semuanya. Lalu tuangkan ke gelas kopi kamu, jangan gelas orang lain ya apalagi nyolong. Jadi deh.

Agar semakin kaya rasa jenis minuman kopi ini, boleh ditambahkan whipped cream, marshmallow, keripik singkong, empedu buaya dan lain-lain.

Bagaimana? Mudah kan caranya. Jika masih membuat repot setengah mati, mending beli saja. Kan lumayan hemat tenaga dan waktu.

5. Caramel Macchiato

Namanya seperti orang lagi mengeluarkan jurus berkelahi ya, ada chiatttt chiatnya. Jenis minuman kopi ini katanya paling enak. Perpaduaan espresso, susu dan karamel. Menyajikan rasa unik nan berkelas. Itu katanya ya. Dan salah satu varian kopi terlaris saat ini. Itu katanya juga.

Sebenarnya caramel macchiato ini adalah variasi dari kopi macchiato. Kopi macchiato adalah kopi espresso yang dicampur dengan susu. Menu minuman kopi ini saat ini dijual di Starbucks. Bukan promosi loh ya. Harganya juga sangat ramah, sehingga banyak juga yang beli.

Nah, jika kamu malu untuk mencoba dan mencicipi rasa jenis minuman kopi ini, kamu bisa membuat sendiri di rumah orang lain. Eh salah, maksudnya rumah kamu sendiri. Dan kamu juga tidak perlu khawatir, resah dan gelisah dengan cara pembuatannya. Sebab sangat mudah loh, mas.

Cara Membuat Kopi Caramel Macchiato

Bahan yang dibutuhkan adalah kopi espresso secukupnya, 2 sendok makan karamel, 2 sendok teh ekstrak vanila dan 1 gelas susu cair. Selain itu diperlukan juga bahan tambahan sebagai pelengkap yakni whipped cream. Jika mau dingin, bisa ditambahkan es batu secukupnya.

Cara pertama yakni masukkan espresso, lalu karamel dan ekstrak vanila. Aduk sampai rata. Lalu diamkan. Kemudian kukus susu cair ke dalam microwave atau alat pemanas lain. Kukus hingga berbusa. Setelah itu tuang ke wadah espresso, karamel dan ektrak vanila yang diaduk rata tadi.

Dan jangan lupa ya. Setelah tadi dikukus susu cairnya. Busa yang keluar tadi dipisahkan ya. Nah busanya itu dimasukkan dalam campuran espresso, susu, karamel dan ekstrak vanila. Agar semakin menarik dan menambah rasa, jangan lupa bubuhkan whipped cream diatas.

Caramel macchiato bisa disajikan dalam hangat atau dingin ya. Tergantung selera masing-masing. Kalau selera saya sendiri, saya suka yang hangat-hangat. Bikin angin keluar.

Bagaimana? Apakah sulit membuatnya? Gak lah ya. Mudah sekali bukan. Kamu bisa coba di rumah sampai bosan. Bahan-bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan. Oh iya, katanya harga minuman ini termasuk mahal. Jadi pas banget kalau buat sendiri.

6. Affogato Coffee

Dari 10 jenis minuman kopi yang dibahas disini, hanya ini yang memiliki nama unik. Ya kopi unik bernama affogato. Yuk kita mengenal sekilas tentang variasi kopi ini. Pemberian nama berasal dari bahas Italia. Affogato artinya tenggelam. Saya tidak wow dengan sejarah nama jenis minuman kopi ini, karena semua kopi tenggelam.

Namun rasanya tidak perlu diragukan, karena rasanya memang nikmat. Apalagi kamu-kamu yang doyan manis-manis. Tidak banyak yang perlu dibahas di minuman kafe ini. Baiklah, langsung saja dengan acar pembuatannya.

Cara Membuat Affogato Coffee Ala Kafe

Bahan diperlukan masih sama dengan bahan minuman kopi lainnya yang dibahas di artikel ini. Yakni kopi espresso. Kopi espresso yang panas, lalu tuangkan 1 sendok makan es krim kemudian tambahkan dengan topping seperti susu kental manis. Trala trili, kopi affogato siap disajikan.

Bagaimana? Mudah kan? Apalagi dibuatkan oleh orang lain. Minuman ngopi dulu ini cukup menggetarkan jiwa, jika susu kentalnya diberi banyak. Kebayangkan manisnya.

7. Turkish Coffee

Jenis minuman kopi berikutnya adalah turkish cofee. Kopi khas Turki ini biasanya menggunakan pasir panas untuk mendidihkan kopi. Tapi sekarang sudah bisa dibuat dengan menggunakan kompor sebagai pemanasnya. Selain itu kamu membutuhkan sebuah teapot dengan pegangan panjang.

Orang Turki menyebutnya cezve atau pot dengan tangkai panjang sebagai pegangan. Keunikan pada kopi ini adalah cara menikmatinya. Turkish coffee biasanya dinikmati secara perlahan-lahan. Alasannya untuk bersosialisasi dengan penikmat kopi lain. Tapi menurut saya, dinikmati perlahan-lahan karena kopinya masih panas.

Cara Membuat Turkish Coffee

Pertama kamu siapkan cezve atau pot dengan tangkai panjang. Kemudian masukkan bubuk kopi baik itu jenis arabika atau robusta. Tambahkan gula jika ingin rasa manis. Lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian didihkan dengan menggunakan kompor. Didihkan hingga mengeluarkan busa.

Setelah itu bolehlah dinikmati dengan menuangkan ke gelas kopi kamu. Ingat ya, pelan-pelan minum kopi nya. Ntar bisa meleleh mulut. Mudah sekali bukan?

8. Iced Coffee

Kopi es atau es kopi adalah jenis minuman kopi yang paling disukai penikmat kopi pemula. Namun membuatnya terlalu lama. Untuk menikmati kopi harus menunggu 12 jam dulu, setelah dimasukkan serutan es. Baru bisa dinikmati. Tapi jangan khawatir, jika bosan menunggu kamu bisa membeli langsung di warung kopi dekat rumah.

Kopi terbuat dari bahan dasar kopi dan susu skim. Agar mendapatkan cita rasa tinggi, sebaiknya menggunakan bubuk kopi pilihan. Penasaran kan cara membuatnya. Yuk kita bongkar resepnya.

Cara Membuat Iced Coffee

Untuk membuat es kopi atau iced coffee yang sempurna, Anda harus mencampur biji kopi yang baru direbus dengan air. Lalu diamkan sekitar 12 jam. Setelah dibiarkan selama 12 jam, siapkan 1 cangkir penuh es serut dan menuangkan setengah gelas penuh campuran kopi dengan es.

Kemudian tambahkan susu dan gula sesuai proporsi selera kamu. Dan iced coffee bisa dinikamti di hari cerah kamu. Bagaimana? Gak bingung kan? Mudah sekali bukan?

9. Cappuccino

Jenis minuman kopi ini sudah sering didengar ya. Apalagi ada banyak kopi sachetan cappucino berbagai merek yang dijual di minimarket ataupun warung-warung. Bisa dikatakan minuman kopi ini sudah menjadi pilihan sejuta umat kopi mania.

Bahkan tidak perlu repot-repot lagi membuat sendiri. Ya karena sudah ada yang instant. Tapi itukan buatan pabrik, nah bagaimana dengan buatan kamu sendiri? Penasaran kan?

Cara Membuat Cappucino

Yang pertama kamu siapkan kopi espresso. Setelah itu panaskan susu sapi atau skim buat mendidih atau bisa menggunakan french press agar mengeluarkan busa banyak. Kemudian tuangkan wadah kopi espresso tadi. Tambahkan sedikit bubuk coklat, agar kelihatan menawan dan menantang untuk dinikmati.

Jika cara ini masih sulit untuk dipraktekkan, abaikan saja. Gunakan kopi instan sachet rasa cappucino. Mungkin harganya 3 ribuan kali ya. Langsung seduh. Jadi deh kopi cappuccini buatan pabrik dan buatan kamu.

Kopi cappucino sering divariasikan dengan bahan lain seperti cincau dan es batu. Kadang rasa cappucino sering juga dijadikan flavour dalam membuat kue bolu ataupun makanan lainnya.

10. Cafe Au Lait

Namanya unik ya. Nama jenis minuman kopi cafe au lait memiliki arti yakni kopi di dalam susu. Jadi dalam susu ada kopi. Begitu seterusnya. Kamu bisa menemukan menu minuman kopi di kafe-kafe kesayangan kamu. Jika tidak ada, mintalah kepada mereka membuat 1 gelas untuk kamu.

Sekilas kopi Prancis ini hampir sama dengan kopi susu pada umumnya. Hanya yang membedakan susu yang digunakan susu steamed milk. Bahan dasarnya tetap kopi espress atau kopi hitam kental.

Cara Pembuatan Cafe Au Lait

Kabar gembira buat kamu, kini membuat cafe au lait bisa dilakukan sendiri di rumah. Bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan. Asal mau berusaha pasti ada jalan. Adapun bahan yang dibutuhkan sepertti kopi espresso dan susu cair.

Tahap pembuatan dengan menyiapkan setengah cangkir kopi espresso masih hangat. Lalu didihkan susu cair. Setelah itu tuangkan susu yang mendidih tadi ke gelas kopi espresso. Abrakadabra, kopi cafe au lait siap dinikmati.

Wow mudah sekali ya.

Itulah tadi 10 jenis minuman kopi yang sering dijadikan menu minuman andalan di warkop ataupun kafe. Jika variasi kopi tadi membuat membingungkan, janganlah membuat kamu putus semangat dalam memulai bisnis kopi. Kamu bisa menggunakan kopi sachetan. Praktis dan hemat biaya sepertinya.

Sekian dulu artikel pembahasan jenis minuman kopi ini ya. Sekiranya ada yang kurang, mohon beritahukan di kolom komentar. Nanti akan kami tambahkan di artikel ini. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman-teman dengan menggunakan media sosial.

Lihat juga :

  1. Pilihan Hotel Terbaik Dan Murah Di Kota Semarang
  2. Kasur Murah Dan Bagus Harga Di Bawah 500 Ribu
  3. Pilihan Aplikasi Edit Video Terbaik Yang Dibutuhkan Youtuber

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button