Mobil

Hyundai Ioniq 5: Mobil Listrik Andalan Terbaru

Hyundai Ioniq 5 pertama kali dirilis di Indonesia pada Maret 2022. Mobil ini mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat, dengan banyaknya pesanan yang diterima dalam waktu singkat setelah peluncurannya.

Ioniq 5 Galeri 1

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Membeli mobil Hyundai Ioniq 5 adalah keputusan yang menarik, terutama jika Anda tertarik dengan kendaraan listrik. Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mobil ini:

1. Spesifikasi Teknis

  • Motor dan Performa: Ioniq 5 tersedia dalam beberapa varian motor, termasuk single motor (RWD) dan dual motor (AWD). Varian AWD menawarkan performa lebih tinggi dengan akselerasi yang lebih cepat.
  • Baterai dan Jarak Tempuh: Ioniq 5 hadir dengan dua pilihan baterai, yaitu 58 kWh dan 72.6 kWh. Baterai yang lebih besar memberikan jarak tempuh lebih jauh, hingga sekitar 480 km per pengisian penuh, tergantung pada kondisi mengemudi.
  • Pengisian Daya: Ioniq 5 mendukung pengisian cepat DC yang memungkinkan pengisian dari 10% hingga 80% dalam waktu sekitar 18 menit menggunakan charger 350 kW.

2. Fitur dan Teknologi

  • Desain dan Interior: Ioniq 5 memiliki desain futuristik dengan interior yang luas dan fleksibel. Mobil ini menawarkan fitur-fitur seperti kursi yang dapat diatur secara elektrik, layar infotainment besar, dan material interior yang ramah lingkungan.
  • Teknologi: Dilengkapi dengan sistem infotainment terbaru yang kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta fitur keselamatan seperti lane keeping assist, adaptive cruise control, dan blind-spot monitoring.

3. Kepraktisan dan Ketersediaan

  • Ruang Kargo: Mobil ini menawarkan ruang kargo yang cukup luas dengan kursi belakang yang dapat dilipat untuk memberikan lebih banyak ruang.
  • Ketersediaan: Pastikan untuk memeriksa ketersediaan unit di dealer-dealer terdekat dan melakukan pemesanan jika stok terbatas.

4. Biaya dan Insentif

  • Harga: Harga Ioniq 5 bervariasi tergantung pada varian dan fitur yang dipilih. Pastikan untuk membandingkan harga dan mencari penawaran terbaik.
  • Insentif Pemerintah: Beberapa negara atau daerah mungkin menawarkan insentif atau potongan pajak untuk pembelian kendaraan listrik. Periksa apakah ada insentif yang berlaku di wilayah Anda.

5. Pengalaman Mengemudi dan Pemeliharaan

  • Pengalaman Mengemudi: Lakukan test drive untuk merasakan bagaimana kenyamanan dan performa Ioniq 5. Perhatikan juga fitur-fitur tambahan yang mungkin meningkatkan pengalaman mengemudi Anda.
  • Pemeliharaan: Kendaraan listrik biasanya memerlukan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Pastikan untuk mengetahui jadwal perawatan yang disarankan dan biaya yang mungkin timbul.

6. Infrastruktur Pengisian Daya

  • Pengisian di Rumah: Pertimbangkan untuk memasang stasiun pengisian di rumah untuk kemudahan pengisian daya sehari-hari.
  • Stasiun Pengisian Umum: Periksa ketersediaan stasiun pengisian umum di daerah Anda dan jaringan pengisian cepat yang dapat mendukung mobilitas Anda.

Dengan memperhatikan semua aspek ini, Anda bisa membuat keputusan yang lebih terinformasi dan menikmati pengalaman memiliki Hyundai Ioniq 5 dengan lebih maksimal.

Harga Pasaran Mobil Hyundai Ioniq 5 di Indonesia

Ioniq 5 Galeri 2

Harga Hyundai Ioniq 5 di Indonesia bervariasi tergantung pada model dan varian yang Anda pilih. Berikut adalah kisaran harga untuk beberapa varian Hyundai Ioniq 5 per Juli 2024:

  1. Ioniq 5 Standard Range Prime: Rp 713 juta
  2. Ioniq 5 Long Range Signature: Rp 816 juta
  3. Ioniq 5 Standard Range Signature: Rp 770,4 juta​​.

Promo dan Benefit

Selain harga dasar, Hyundai juga menawarkan berbagai promo dan benefit menarik seperti:

  • Gratis biaya pemasangan wall charger dan biaya charge
  • Gratis sparepart selama 3 tahun atau 45.000 km
  • Gratis servis selama 5 tahun atau 75.000 km
  • Garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km
  • Garansi mesin 3 tahun atau 100.000 km
  • Cuti cicilan 3 bulan dan 1 tahun dengan DP dan suku bunga rendah​.

Fitur Utama

Ioniq 5 dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti:

  • Sistem Keselamatan: 6-airbag system, Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), dan Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA).
  • Teknologi: Remote Power Control, Drive Mode & Terrain Mode, Hill-start Assist Control (HAC), dan Smart Cruise Control.
  • Kenyamanan: Jok dilapis kulit dengan pengaturan elektrik, sistem pemanas dan pendingin jok, sunroof, dan sistem audio premium BOSE​.

Dengan mempertimbangkan harga, promo, dan fitur yang ditawarkan, Hyundai Ioniq 5 merupakan pilihan yang menarik untuk kendaraan listrik di Indonesia. Pastikan untuk mengunjungi dealer terdekat dan melakukan test drive untuk memastikan mobil ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah Mobil Hyundai Ioniq 5 Membutuhkan Perawatan yang Mahal?

Ioniq 5 Galeri 3

Hyundai Ioniq 5, sebagai kendaraan listrik (EV), umumnya membutuhkan perawatan yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Namun, ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan terkait biaya perawatan:

Keuntungan Perawatan EV

  1. Lebih Sedikit Komponen Bergerak: Kendaraan listrik memiliki lebih sedikit komponen bergerak dibandingkan dengan kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE). Ini berarti lebih sedikit bagian yang bisa rusak atau aus, mengurangi kebutuhan akan perawatan rutin.
  2. Tidak Memerlukan Perawatan Mesin ICE: Tidak ada kebutuhan untuk mengganti oli mesin, filter udara, busi, dan komponen lain yang biasanya diperlukan untuk mesin bensin atau diesel.
  3. Rem Regeneratif: Ioniq 5 menggunakan sistem pengereman regeneratif, yang mengurangi keausan pada rem karena sistem ini menggunakan motor listrik untuk membantu memperlambat kendaraan dan mengisi ulang baterai.

Perawatan yang Diperlukan

  1. Baterai: Meskipun baterai kendaraan listrik memerlukan sedikit perawatan, penting untuk menjaga kondisi baterai agar tetap optimal. Hyundai memberikan garansi baterai hingga 8 tahun atau 160.000 km, memberikan kepercayaan diri bahwa baterai akan bertahan lama.
  2. Sistem Pendingin Baterai: Sistem pendingin baterai juga perlu diperiksa dan dijaga agar tetap berfungsi dengan baik untuk mencegah overheat dan menjaga efisiensi baterai.
  3. Perangkat Lunak: Seperti kendaraan modern lainnya, pembaruan perangkat lunak secara berkala mungkin diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan keamanan.

Biaya Perawatan

Secara umum, biaya perawatan Hyundai Ioniq 5 diperkirakan lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional. Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya perawatan meliputi:

  1. Garansi dan Servis Gratis: Hyundai menawarkan gratis servis selama 5 tahun atau 75.000 km, serta gratis spare part selama 3 tahun atau 45.000 km, yang dapat mengurangi biaya perawatan selama periode ini​​.
  2. Penggantian Komponen Lain: Seperti ban, wiper, dan cairan pendingin, masih perlu diganti secara berkala.

Pertimbangan Jangka Panjang

  1. Penggantian Baterai: Meskipun jarang, penggantian baterai bisa menjadi biaya yang signifikan. Namun, dengan garansi yang diberikan, ini seharusnya tidak menjadi kekhawatiran dalam jangka waktu garansi.
  2. Ketersediaan Suku Cadang: Pastikan ketersediaan suku cadang dan teknisi terlatih di daerah Anda untuk memastikan perawatan yang mudah dan terjangkau.

Cara Mengajukan Klaim Garansi Mobil Mobil Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 Galeri 4

Untuk mengajukan klaim garansi mobil Hyundai Ioniq 5, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Periksa Syarat dan Ketentuan Garansi

Pastikan bahwa kerusakan atau masalah yang Anda alami tercakup dalam garansi yang diberikan. Hyundai memberikan garansi standar untuk komponen tertentu, garansi baterai, serta berbagai layanan gratis seperti servis dan suku cadang​.

2. Siapkan Dokumen yang Diperlukan

Anda akan membutuhkan beberapa dokumen untuk memproses klaim garansi:

  • Buku servis kendaraan
  • Bukti pembelian atau faktur
  • Kartu garansi yang diberikan saat pembelian

3. Hubungi Dealer atau Bengkel Resmi Hyundai

Segera hubungi dealer atau bengkel resmi Hyundai tempat Anda membeli mobil atau yang terdekat dengan lokasi Anda. Anda bisa mencari lokasi dealer terdekat di situs resmi Hyundai Indonesia.

4. Jadwalkan Pemeriksaan

Atur jadwal untuk membawa mobil Anda ke dealer atau bengkel resmi Hyundai untuk pemeriksaan. Dealer akan melakukan diagnosis untuk memastikan bahwa kerusakan atau masalah tersebut tercakup dalam garansi.

5. Pengajuan Klaim

Jika dealer memastikan bahwa kerusakan tersebut termasuk dalam garansi, mereka akan mengajukan klaim ke Hyundai. Proses ini biasanya melibatkan pengisian formulir klaim garansi dan pengiriman dokumen-dokumen pendukung.

6. Perbaikan

Setelah klaim disetujui oleh Hyundai, dealer akan melakukan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak tanpa biaya, sesuai dengan syarat dan ketentuan garansi yang berlaku.

7. Konfirmasi dan Pengambilan Kendaraan

Setelah perbaikan selesai, dealer akan menghubungi Anda untuk menginformasikan bahwa mobil Anda sudah siap diambil.

Tips Tambahan

  • Perawatan Rutin: Lakukan perawatan rutin di bengkel resmi Hyundai untuk memastikan bahwa garansi tetap berlaku. Perawatan yang dilakukan di bengkel non-resmi dapat menyebabkan garansi menjadi tidak berlaku.
  • Catat Semua Layanan: Simpan semua catatan servis dan perawatan yang telah dilakukan pada kendaraan Anda sebagai bukti perawatan yang diperlukan.
  • Manual Pemilik: Baca manual pemilik yang disertakan dengan kendaraan Anda untuk memahami detail garansi dan prosedur klaim.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa klaim garansi Hyundai Ioniq 5 Anda diproses dengan lancar dan cepat.

Tips Perawatan Mobil Mobil Hyundai Ioniq 5

Ioniq 5 Galeri 5

Merawat Hyundai Ioniq 5 memerlukan perhatian khusus terhadap komponen kendaraan listrik serta perawatan rutin lainnya untuk memastikan kendaraan tetap dalam kondisi optimal. Berikut adalah beberapa tips perawatan untuk Hyundai Ioniq 5:

1. Perawatan Baterai

  • Pengisian Daya: Usahakan untuk tidak sering mengisi daya hingga 100% atau membiarkan baterai habis total. Jaga kapasitas baterai antara 20-80% untuk memperpanjang umur baterai.
  • Pengisian Cepat: Batasi penggunaan pengisian cepat DC untuk mengurangi stres pada baterai. Gunakan pengisian lambat AC untuk pengisian harian.
  • Lingkungan Penyimpanan: Hindari memarkir kendaraan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin untuk waktu yang lama, karena suhu ekstrem dapat mempengaruhi kesehatan baterai.

2. Pemeliharaan Rutin

  • Servis Berkala: Ikuti jadwal servis yang direkomendasikan oleh Hyundai, termasuk pemeriksaan sistem pendingin baterai, sistem pengereman, dan komponen lainnya.
  • Pembaharuan Perangkat Lunak: Pastikan kendaraan Anda mendapatkan pembaruan perangkat lunak terbaru untuk meningkatkan kinerja dan keamanan.

3. Perawatan Sistem Pengereman

  • Pengereman Regeneratif: Manfaatkan sistem pengereman regeneratif untuk mengurangi keausan pada rem mekanis. Namun, periksa kondisi rem secara berkala.

4. Pemeriksaan Ban

  • Tekanan Ban: Periksa dan jaga tekanan ban sesuai rekomendasi pabrik untuk mengoptimalkan efisiensi energi dan mengurangi keausan.
  • Rotasi Ban: Lakukan rotasi ban secara berkala untuk memastikan keausan yang merata.

5. Perawatan Interior dan Eksterior

  • Kebersihan Interior: Gunakan produk pembersih yang ramah lingkungan dan sesuai untuk bahan interior. Bersihkan layar sentuh dan panel instrumen dengan kain lembut untuk menghindari goresan.
  • Pencucian Eksterior: Cuci kendaraan secara rutin untuk menjaga cat dan menghindari kerusakan akibat kotoran dan debu. Gunakan wax secara berkala untuk melindungi lapisan cat.

6. Pemeriksaan Sistem Listrik

  • Koneksi Kabel: Periksa koneksi kabel secara berkala untuk memastikan tidak ada yang longgar atau rusak.
  • Fitur Elektronik: Periksa fungsi semua fitur elektronik seperti lampu, wiper, dan sistem infotainment.

7. Garansi dan Layanan Purna Jual

  • Garansi: Manfaatkan garansi yang diberikan oleh Hyundai untuk komponen tertentu dan perawatan gratis yang mungkin termasuk dalam paket pembelian.
  • Layanan Purna Jual: Gunakan layanan purna jual resmi Hyundai untuk memastikan kendaraan Anda ditangani oleh teknisi yang terlatih dan menggunakan suku cadang asli.

8. Pembaruan Kendaraan

Gunakan aksesori dan suku cadang resmi Hyundai untuk memastikan kompatibilitas dan kinerja optimal.

Dengan menjaga perawatan secara rutin dan mengikuti tips di atas, Anda dapat memastikan Hyundai Ioniq 5 Anda tetap dalam kondisi terbaik dan memberikan kinerja yang optimal untuk jangka panjang.

Mana Lebih Baik Ioniq 5 atau Ioniq 6?

Memilih antara Hyundai Ioniq 5 dan Ioniq 6 bergantung pada preferensi pribadi dan kebutuhan spesifik Anda. Berikut adalah perbandingan beberapa aspek utama dari kedua model ini:

Desain dan Dimensi

  • Ioniq 5: Memiliki desain crossover dengan tampilan futuristik dan kotak. Ukuran yang lebih kompak membuatnya lebih cocok untuk penggunaan perkotaan dan parkir yang lebih mudah.
  • Ioniq 6: Memiliki desain sedan yang lebih aerodinamis dan elegan, dengan garis yang lebih halus dan panjang. Desain ini memberikan koefisien hambatan yang lebih rendah, yang biasanya mengarah pada efisiensi energi yang lebih baik.

Performa dan Jarak Tempuh

  • Ioniq 5: Tersedia dalam varian baterai 58 kWh dan 72.6 kWh, dengan jarak tempuh hingga sekitar 480 km untuk baterai yang lebih besar. Performa kuat dengan opsi AWD dan RWD.
  • Ioniq 6: Menggunakan platform yang sama dengan Ioniq 5, sehingga memiliki pilihan baterai dan motor yang serupa, namun desain aerodinamisnya dapat memberikan jarak tempuh yang sedikit lebih baik dibandingkan Ioniq 5 pada konfigurasi yang sama.

Interior dan Fitur

  • Ioniq 5: Interior yang luas dengan desain minimalis dan banyak ruang kaki, terutama di kursi belakang. Dilengkapi dengan layar infotainment besar, material ramah lingkungan, dan berbagai fitur kenyamanan.
  • Ioniq 6: Menawarkan interior yang lebih mewah dan mungkin lebih sempit di kursi belakang dibandingkan Ioniq 5 karena bentuk sedan. Fitur teknologi dan kenyamanan serupa, tetapi dengan tampilan dan nuansa yang lebih premium.

Harga

  • Ioniq 5: Harga berkisar antara Rp 713 juta hingga Rp 816 juta tergantung varian.
  • Ioniq 6: Harga biasanya sedikit lebih tinggi dibandingkan Ioniq 5 karena posisinya sebagai sedan premium dan fitur tambahan.

Kepraktisan

  • Ioniq 5: Lebih praktis untuk keluarga dan penggunaan sehari-hari dengan ruang kargo yang lebih besar dan fleksibel.
  • Ioniq 6: Lebih cocok untuk mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih sporty dan mewah.

Mana Lebih Baik?

  • Pilih Ioniq 5 jika: Anda membutuhkan kendaraan yang lebih praktis dengan ruang kargo lebih besar dan penggunaan lebih fleksibel, terutama untuk keluarga.
  • Pilih Ioniq 6 jika: Anda menginginkan desain yang lebih elegan dan aerodinamis, dengan fokus pada kenyamanan dan fitur premium.

Kedua model memiliki kelebihan masing-masing, jadi pastikan untuk melakukan test drive dan mempertimbangkan kebutuhan spesifik Anda sebelum membuat keputusan.

Mana Lebih Baik Hyundai Ioniq 5 atau Creta?

Memilih antara Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Creta bergantung pada beberapa faktor, termasuk kebutuhan penggunaan, preferensi pribadi, dan prioritas fitur. Berikut adalah perbandingan kedua mobil tersebut:

1. Jenis Kendaraan dan Desain

  • Hyundai Ioniq 5: Merupakan kendaraan listrik (EV) dengan desain futuristik dan crossover. Cocok untuk mereka yang menginginkan kendaraan modern dengan teknologi ramah lingkungan.
  • Hyundai Creta: Merupakan SUV kompak dengan mesin berbahan bakar bensin atau diesel. Desainnya lebih konvensional, namun dengan penampilan yang sporty dan kokoh.

2. Performa dan Jarak Tempuh

  • Ioniq 5: Menggunakan motor listrik dengan varian baterai 58 kWh dan 72.6 kWh. Jarak tempuh hingga sekitar 480 km per pengisian penuh pada varian baterai terbesar​​.
  • Creta: Tersedia dengan pilihan mesin bensin dan diesel. Meskipun tidak memiliki jarak tempuh setara dengan EV, Creta menawarkan performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari dan perjalanan jarak jauh, dengan efisiensi bahan bakar yang baik tergantung pada varian mesin.

3. Fitur dan Teknologi

  • Ioniq 5: Dilengkapi dengan teknologi canggih seperti layar infotainment besar, fitur keselamatan mutakhir, pengisian cepat DC, dan interior yang luas dan ramah lingkungan​​.
  • Creta: Memiliki fitur teknologi yang lengkap untuk SUV kompak, termasuk layar sentuh, konektivitas smartphone, berbagai fitur keselamatan, dan kenyamanan berkendara yang baik.

4. Harga

  • Ioniq 5: Harga berkisar antara Rp 713 juta hingga Rp 816 juta, tergantung pada varian.
  • Creta: Harga mulai dari sekitar Rp 300 juta hingga Rp 450 juta, tergantung pada varian dan fitur yang dipilih. Ini membuat Creta lebih terjangkau dibandingkan Ioniq 5.

5. Kepraktisan dan Penggunaan

  • Ioniq 5: Ideal untuk penggunaan perkotaan dengan infrastruktur pengisian daya yang memadai. Cocok untuk pengguna yang ingin beralih ke kendaraan listrik dan mengurangi jejak karbon mereka.
  • Creta: Lebih praktis untuk penggunaan harian dan perjalanan jarak jauh tanpa kekhawatiran tentang stasiun pengisian daya. Juga, SUV ini menawarkan lebih banyak ruang kargo dan ground clearance yang lebih tinggi, cocok untuk berbagai kondisi jalan.

6. Lingkungan dan Biaya Operasional

  • Ioniq 5: Sebagai kendaraan listrik, biaya operasional lebih rendah dan lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi.
  • Creta: Meskipun memiliki biaya bahan bakar dan perawatan yang lebih tinggi dibandingkan EV, masih lebih terjangkau untuk dibeli di awal dan memiliki infrastruktur pengisian bahan bakar yang lebih luas.

Mana Lebih Baik?

  • Pilih Hyundai Ioniq 5 jika: Anda ingin kendaraan listrik dengan teknologi terbaru, efisiensi energi tinggi, dan Anda memiliki akses ke infrastruktur pengisian daya.
  • Pilih Hyundai Creta jika: Anda mencari SUV kompak yang lebih terjangkau, dengan fleksibilitas bahan bakar konvensional, dan kepraktisan untuk berbagai kondisi jalan.

Kedua kendaraan memiliki kelebihan masing-masing, jadi penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi pribadi sebelum membuat keputusan.

Apakah Mobil Hyundai Ioniq 5 Cocok untuk Gaji 5 Juta/Bulan?

Membeli Hyundai Ioniq 5 dengan gaji Rp 5 juta per bulan mungkin akan menjadi tantangan besar, mengingat harga mobil tersebut dan biaya hidup yang harus Anda tanggung. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

Harga dan Pembiayaan

Harga Hyundai Ioniq 5 berkisar antara Rp 713 juta hingga Rp 816 juta​​. Dengan gaji Rp 5 juta per bulan, berikut beberapa aspek yang perlu dipikirkan:

  1. Uang Muka (Down Payment): Biasanya, uang muka minimal sekitar 20-30% dari harga mobil. Untuk Ioniq 5, ini berarti sekitar Rp 142 juta hingga Rp 245 juta.
  2. Cicilan Bulanan: Misalkan Anda mendapatkan cicilan dengan tenor 5 tahun (60 bulan) dan suku bunga sekitar 5%, cicilan bulanan akan berkisar sekitar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta per bulan, jauh lebih tinggi dari gaji bulanan Anda.

Biaya Tambahan

  1. Biaya Operasional: Meskipun biaya operasional kendaraan listrik lebih rendah dibandingkan kendaraan bensin, tetap ada biaya untuk pengisian daya listrik, perawatan, dan asuransi.
  2. Biaya Hidup: Anda juga perlu mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari seperti makanan, tempat tinggal, transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Rasio Hutang terhadap Pendapatan

Biasanya, bank atau lembaga pembiayaan merekomendasikan bahwa total cicilan hutang (termasuk cicilan mobil, rumah, dan hutang lainnya) tidak lebih dari 30-40% dari pendapatan bulanan Anda. Dengan gaji Rp 5 juta, ini berarti cicilan bulanan tidak boleh lebih dari sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta, yang jelas tidak cukup untuk menutupi cicilan Ioniq 5.

Alternatif

  1. Mobil Bekas atau Lebih Terjangkau: Pertimbangkan untuk membeli mobil bekas yang lebih terjangkau atau mobil baru dengan harga yang lebih rendah.
  2. Transportasi Umum atau Kendaraan Roda Dua: Menggunakan transportasi umum atau kendaraan roda dua bisa menjadi alternatif yang lebih hemat biaya.

Dengan gaji Rp 5 juta per bulan, akan sangat sulit untuk membeli dan memelihara Hyundai Ioniq 5 secara finansial. Lebih baik mempertimbangkan opsi kendaraan yang lebih sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Sumber:

Leave a Reply and Create a Backlink

Back to top button

Discover more from Free Money

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading