Blog

Harga Manusiawi Upah Menulis Sebuah Artikel Website

Hallo, Guys. Tahukan kamu berapa harga manusiawi untuk upah menulis artikel di website? Menyinggung tentang manusiawi artinya masih layak. Namun tidak semua menyatakan demikian.

Adapun harga menulis artikel paling murah Rp.1.000 untuk 300 kata. Murah amir ya. Topiknya ditentukan pihak penyewa. Apakah itu harga manusiawi? Well, itu tergantung yang bersedia memberikan jasa harga Rp.1.000 per artikel untuk 300 kata.

Ada juga mengatakan tidak setuju dan menganggap upah tersebut tidak layak. Ya pasti tidak layak, tetapi bagi penulis yang memberikan harga segitu beranggapan layak.

Ada juga memberikan harga Rp.3.000 per artikel isi 300 kata. Artinya Rp.10 per kata. Bahkan sudah termasuk gambar. Coba deh kamu cek di situs-situs freelancer. Banyak sekali yang banting harga.

Baca juga:
1. Tips SEO Organik Untuk Pemula
2. Pengalaman Menulis Di Carihargamurah.com
3. Jasa Artikel SEO Paling Murah di Indonesia

Harga Normal Untuk Penulis Artikel

Berdasarkan pengalaman saya sebagia penulis artikel. Saya pernah dibayar Rp.2.500 per artikel untuk 500 kata di tahun 2013. Jumlah artikel yang saya kerjakan 1600 artikel. Dan tawaran itu saya terima, berhubung saya kepepet duit.

Dan saya anggap itu masih manusiawi. Mengingat saya baru pemula dalam menulis artikel dan sangat membantu dalam keuangan terdesak.

Untuk sekarang, saya hanya menerima pembayaran Rp.50.000 s/d Rp.300.000 per artikel isi 500-2500 kata di carihargamurah.com ini. Itupun kalau artikel saya bagus dan dimuat serta memiliki 100-1000 pembaca dalam seminggu.

Lumayan sih. Sekalian melatih menulis agar menjadi penulis handal.

Jadi berapa sih harga manusiawi untuk bayaran menulis artikel?

Semua tergantung dari penulis ya. Terima tawaran dari pihak penyewa. Masalah nominal itu opsional. Murah atau mahal menurut manusiawinya tergantung penulis itu sendiri.

Apa Perlu Pasang Bayaran Tinggi Untuk Menulis?

Sekali itu jawabannya tergantung. Jika kamu memang ahli menulis dan bisa mendatangkan pengunjung atau pembaca dalam jumlah banyak. Ataupun yakin bisa menulis artikel dengan dan enak dibaca. Kamu tidak perlu ragu untuk mematok bayaran tinggi.

Namun untuk pemula, sebaiknya jangan mematok upah menulis dengan harga tinggi. Karena nantinya akan merugikan pihak penyewa. Ini tidak baik untuk jangka panjang.

Apalagi untuk penulis yang menulis ulang artikel lain dengan bahasa sendiri. Sudah pasti persaingan di Google akan lebih susah. Sehingga akan sulit menjangkau banyak pembaca.

Dan terus topiknya biasa-biasa saja dan sering dimuat di situs-situs portal besar. Makin kasihan yang menyewa jasa menulis kamu. Bangkrut deh membayar hasil kerja tidak maksimal.

Baca juga:
1. Produk Paling Laris Saat Ini
2. Rahasia Latihan Cupang Adu Paling Top

Tips Mendapatkan Upah Menulis Tinggi

1. Mulailah terima pembayaran seikhlasnya. Artinya tidak perlu jaim atau sok jual mahal. Apalagi jam terbang menulis minim. Bahkan beranggapan sudah mahir. Terima saja, anggap saja sebagai latihan menulis. Kan lumayan, sambil latihan dapat bayaran.

2. Menulis hal-hal yang berguna bagi awam. Ada baiknya memberikan informasi bermanfaat untuk pembaca awam atau menarik dibaca untuk umum. Berbagai umur, kalangan ataupun sifatnya santai. Hindari membahas topik-topik serius.

3. Menulis sesuai topik. Ini juga sangat penting. Menulis sesuai topik tanpa bertele-tele atau bahkan melenceng dari pembahasan. Misalnya, kamu menulis tentang bahaya nasi basi. Eh malah fokus ke cara pembuatan nasi basi.

4. Mulai patok harga. Setelah menulis ratusan artikel dan hasilnya sangat puas bagi pihak penyewa. Ada baiknya mulai membicarakan harga. Buat harga standar kamu. Tapi jangan luar biasa kemahalannya. Sesuaikan juga dengan budget pihak penyewa. Jika terlalu murah menurut kamu, jangan malu untuk menolak.

Kesimpulan:
Menulis merupakan kegiatan tidak bisa dipaksakan. Menulis itu tergantung mood. Apalagi penulis lepas. Sebenarnya harga menulis itu mahal. Namun harus disesuaikan dengan kemampuan kita.

Menentukan ide, mengatur susunan agar bisa dicerna pembaca merupakan kerja yang berat. Belum lagi mencari kata-kata yang enak dibaca dan juga memaksakan diri jika dituntut menulis tentang topik yang baru dikenal.

Bicara tentang harga manusiawi untuk upah menulis menurut saya bahwa jika masih dibayar, saya menganggap itu manusiawi. Namun jika tidak dibayar setelah artikel dimuat. Itu baru namanya tidak manusiawi.

Jadi untuk penulis pemula, jangan malu untuk menerima harga murah. Semua berawal dari 0 tetapi jika dapat murah artinya kamu masih mendapatkan bayaran. Jadi upah menulis murah anggap saja kamu memulai karir penulis. Semoga bermanfaat ya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button