Produk Murah

15 Gitar Murah Terbaik Untuk Belajar Bagi Pemula 2021

Gitar Murah Terbaik Untuk Pemula. Gitar merupakan alat musik penting yang digunakan sebagai pengiring lagu. Fungsi dari produk ini menekankan pada harmoni dan juga chord lead.

Di pasaran Indonesia cukup mudah untuk menjumpai pilihan gitar. Pilihan gitar akustik maupun elektrik telah memiliki market tersendiri untuk konsumen di Indonesia.

Banyak sekali produk-produk brand ternama luar negeri maupun dalam negeri yang menyalurkan barangnya hingga ke pelosok daerah.

Pengguna gitar, mulai dari yang profesional hingga pemula memiliki karakteristik tersendiri dalam penggunaan produk gitar. Terdapat banyak sekali pembeda dalam pemilihan produk gitar.

Mulai dari bahan kayu apa yang digunakan, senar 6 terbaik apa yang harus disematkan, hingga papan fret berbahan apa yang harus dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan para pengguna.

Gitar Murah Terbaik Untuk Pemula 2021

Berikut, kami sajikan produk gitar ternama yang dapat digunakan untuk belajar maupun show off para pemula.

1. Cort SFX – MEM OP Electric Acoustic Guitar

Cort SFX – MEM OP Electric Acoustic Guitar

Produk musik besutan perusahaan Cort ini memiliki bahan dengan material all mahogany demi memberikan kesan terbaik dan mewah pada produknya.

Bahan kayu dari Cort SFX ini memiliki produksi tone suara yang lebih warm dengan aksen mid-range yang lumayan panjang dan kaya.

Tidak berhenti sampai disana. Alat musik ini memiliki design yang tidak terlalu besar untuk pemula. Design ramping nan ergonomis menjadi ciri khas dari produk ini.

Penggunaan adjusting volume saat dihubungkan ke amplifier gitar anda mengadopsi teknologi CE304T Equalizer. Yang berguna untuk mempertahankan kualitas khas dari suara Cort SFX ini.

Menggunakan senar yang dilapisi pelindung berguna untuk tahan lama dari kelembapan, debu, dan kotoran yang menempel penyebab karat.

Cort SFX – MEM OP Electric Acoustic Guitar ini memiliki jumlah 20 jumlah fret. Jumlah ini tidak banyak mengingat gitar ini memang dikhususkan untuk para pemula yang ingin belajar menggunakan gitar.

Harga yang dipatok untuk gitar murah premium pemula kelas atas ini mencapai 1,9 juta. Harga ini merupakan harga yang dapat berubah sewaktu-waktu. Harga ini juga sangat berjalan lurus dengan kualitas gitar yang diberikan.

2. Camwood IWC – 243 NSK Acoustic Electric Guitar

Camwood IWC – 243 NSK Acoustic Electric Guitar

Produksi gitar Camwood IWC berhasil menghadirkan desain bodi yang berbalut warna coklat exotic yang memiliki aksen kayu sulur yang sangat mewah.

Ukuran 41 inci disematkan kepada produk gitar ini sehingga terasa pas saat dipegang oleh pengguna. Build quality yang tidak main-main menggunakan finishing satin dop memberikan aksen eksklusif saat menggunakannya.

Gitar ini mengeluarkan suara yang lumayan tinggi dan renyah ketika dipetik dan diayun. Sengaja dibuat untuk mengiringi berbagai jenis genre lagu. Serta dibekali dengan tuner Grover yang mantap digunakan saat adanya pertunjukan pengiring.

Camwood menghadirkan senar pipih yang menjadikannya sangat nyaman saat digunakan oleh player pemula. Gitar ini memiliki 20 jumlah fret, tidak cukup panjang mengingat penggunaan gitar khusus untuk pemula.

Bermaterial spruce di sisi headstock dan sapele pada sisi belakang dan sisi samping, bikin segala sisi terasa lebih nyaman dan aman untuk dipegang.

Pengguna pemula dapat membawa pulang gitar murah ini dengan harga yang dipatok sekitar 700 ribu hingga 1 juta rupiah

3. Gibson J200 Acoustic Electric Guitar

Gibson J200 Acoustic Electric Guitar

Produk dari perusahaan asal Michigan, Amerika Serikat ini memiliki produk tipe J200 yang cocok digunakan untuk permainan gitar klasik ataupun pemain fingerstyle pemula.

Dirancang untuk pemula yang ingin menggunakan skill bermain gitarnya, gitar ini menyediakan nut dan spacing senar yang dibuat lebih lebar pada bagian bridge. Hal ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang memiliki tangan yang memiliki jari-jari agak panjang.

Memiliki body yang bulky atau gemuk yang memberikan ruang getaran resonansi suara yang baik. Menghasilkan suara yang lantang meski tanpa adanya ampli tambahan.

Bagian elektrik dari gitar ini tetap menggunakan estetika dan fungsi yang mengaburkan tombol kontrol EQ dan Volume di dekat lubang suara.

Gitar ini menggunakan 20 jumlah fret, standar bawaan pabrik gitar akustik yang digunakan untuk pemula.

Bermaterial Adirondack spruce pada bagian headston, serta Maple pada kedua sisi bagian belakang dan samping gitar membuat gitar ini terkesan hangat, tangguh, padat, dan besar.

Dipersenjatai dengan tuner Gotoh Keystone, membuat pemula dapat mengotak-atik settingan kunci senar sesuai dengan keinginan.

Gitar murah ini dibandrol dengan harga 500 hingga 700 ribu rupiah.

4. Mandalika De Ticco Series DTS-01 Acoustic Electric Guitar

Mandalika De Ticco Series DTS-01 Acoustic Electric Guitar

Gitar ini menawarkan kesan mewah nan elegan yang didapatkan dari desain bernuansa klasik retro. Memiliki fitur yang lumayan lengkap meliputi build-in tuner yang memungkinkan pengguna langsung menyetem untuk mendapatkan suara senar yang dibutuhkan.

Material body dari gitar ini terbuat dari kayu meranti dan kayu mahogani. Gitar ini telah disisipkan besi tanam di dalam neck gitar yang dapat dipergunakan untuk mengatur ketinggian senar.

Pemula disuguhkan dengan saddle dan nut yang menggunakan bahan dasar serupa dengan ivory. Fungsi dari bahan dasar ini adalah unutk melindungi senar gitar secara ekstra agar tidak cepat putus dan berkarat.

Paket gitar Mandalika De Ticco Series DTS 01 ini dilengkapi dengan soft case, senar cadangan, wadah water resistant, dan juga pick gitar.

Fret yang dimiliki merupakan fret standar pabrikan akustik dengan 20 fret yang tertanam. Harga yang dibandrol untuk gitar murah ini adalah sekitar 700-800 ribuan saja.

Pengguna pemula akan mendapatkan paket menarik dari penjualan ini, sangat cocok sekali untuk digunakan dalam belajar gitar sehari-hari.

5. Cetta CD22CE Acoustic Electric Guitar

Cetta CD22CE Acoustic Electric Guitar

Memiliki fret yang tidak terlalu tinggi serta jumlah fret standar pabrikan gitar akustik, membuat gitar besutan Cetta ini sangat cocok digunakan oleh pemula.

Gitar ini dipahan menggunakan kayu berkualitas tinggi. Material untuk headstock dari produk ini menggunakan bahan spruce. Untuk sisi belakang dan samping gitar menggunakan bahan Sapele yang kokoh.

Cetta CD22CE mampu menghasilkan suara kombinasi dari material spruce dan sapele menjadi jernih dan natural.

Akibat dari tipe gitar akustik elektrik yang disematkan pada produk ini, pengguna pemula dapat menggunakan gitar ini untuk perform live atau menggunakan gitar ini sebagai instrument rekaman di studio.

Pemula akan mendapatkan kualitas gitar yang halus dan mulus ditangan karena gitar ini dilengkapi dengan material rosewood pada bagian fingerboard dan bridge-nya.

Menggunakan pilihan warna natural. gitar ini hanya dibandrol dengan harga 1,8 hingga 2 juta rupiah.

Lihat juga : 20 Aplikasi Terbaik Yang Sering Digunakan

6. Cowboy GWC 235NS Acoustic Electric Guitar

Cowboy GWC 235NS Acoustic Electric Guitar

Gitar ini memiliki bentuk body yang lumayan gemuk. Menggunakan material mahogany dan rosewood pada kombinasi neck dan fingerboard.

Sehingga membuat gitar ini menghasilkan suara yang warm dengan frekuensi keluaran gitar yang lumayan panjang sehingga dapat menghasilkan harmoni yang manis.

Memiliki bentuk badan cowboy, gitar ini memiliki harga yang cukup murah. Namun harga yang cukup murah tersebut tidak membuat gitar ini memotong kualitas produknya.

Senar dirancang dengan bentuk lebih pipih hingga nyaris mendekati fingerboard. Desain seperti ini dibuat bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada jari pengguna. Akibatnya pengguna tidak terluka saat terlalu sering menggunakan gitar ini.

Memiliki 23 jumlah fret melebihi rata-rata pabrikan gitar akustik, membuat gitar ini dapat digunakan untuk pertunjukan Lead Guitar. Pemula juga dapat menggunakan gitar ini untuk mulai belajar solo guitar.

Gitar murah Cowboy GWC 235NS dibandrol dengan harga 800-900 ribu rupiah.

7. Yamaha APX600 Acoustic Electric Guitar

Yamaha APX600 Acoustic Electric Guitar

Memiliki bodi yang ramping dan jarak senar yang pendek membuat gitar ini menjadi salah satu gitar akustik paling laris di Indonesia.

Mengusung bodi dan cutaway atau potongan yang lebih ramping, otomatis memberikan aksen nyaman dan ringan pada Yamaha APX600.

Produk yang memiliki jarak senar yang pendek karena sengaja dipotong untuk menimbulkan kemudahan dalam mengulik permainan kunci nada.

Pemula dapat memainkan gitar ini dengan sangat mudah karena di bagian fingerboard dan bridge gitar ini dilengkapi material Rosewood yang hangat dan nyaman.

Dipersenjatai dengan tuner otomatis Die-cast Chrome (TM29T) membuat para pemula tidak perlu repot-repot lagi mencari cara untuk mengubah tangga kunci dari senar Yamaha APX600.

Terdapat pilihan beberapa pilihan warna pada Yamaha APX600 ini yaitu; Natural Black, Vintage White, Old Violin, Sunburst, dan Oriental Blue Burst.

Gitar ini memiliki jumlah fret diatas rata-rata, yaitu hingga 22 fret yang dapat digunakan untuk belajar bermain solo guitar bagi pemula.

Dibandrol dengan harga 2 hingga 3 juta rupiah membuat gitar ini merupakan gitar murah dengan kualitas dan harga tertinggi dikelasnya.

8. Cort AD810 Acoustic Guitar

Cort AD810 Acoustic Guitar

Gitar ini memiliki desain klasik ergonomis berwarna Open Pore, Black Satin, dan Satin Sunburst. Gitar affordable yang memiliki performa luar biasa untuk kocek yang tidak terlalu dalam.

Gitar ini tergolong murah, namun gitar ini juga mampu untuk memainkan segala genre musik apapun. Memiliki jumlah fret sebanyak 20 piece, membuat gitar ini sangat mudah sekali untuk dimainkan para pemula.

Lebar nut yang hanya setinggi 4,3cm tidak akan membuat jari-jari anda terasa sakit saat memainkanya. Gitar ini memiliki material build in khusus berupa kayu mahogani dan rosewood yang telah diolah sedemikian rupa sehingga membuat gitar ini sangat playable.

Mendapatkan tuner die cast chrome membuat para pemula tidak perlu lagi susah payah untuk mendapatkan suara gitar yang diinginkan.

Gitar pemula ini dibandrol dengan harga 680 ribu rupiah. Merupakan gitar affordable yang nyaman dipakai kapan saja.

9. Yamaha F310 Acoustic Guitar

Yamaha F310 Acoustic Guitar

Memiliki fingerboard yang lebih kecil daripada pesaingnya membuat gitar ini sangat cocok untuk digunakan oleh pemula yang ingin memulai bermain gitar untuk pertama kali.

Brand Yamaha telah melalang buana di dunia musik tanah air sejak dulu kala. Menawarkan pengguna dengan gitar harga murah dengan kualitas internasional.

Kelebihan gitar ini terletak pada fingerboard yang benar-benar dapat dijangkau oleh anak kecil sekalipun.

Diperkenalkan dengan dua warna yaitu warna tobacco brown dan warna netral. Kedua warna ini dapat dipilih oleh pengguna sebagai preferensi pribadi.

Gitar seri F310 menawarkan suara yang jernih dan hangat meskipun fingerboard terasa kecil. Fret dari gitar ini berjumlah 20 dengan bantalan senar yang cukup rendah dan nyaman di angka 4,3 cm.

Material belakang dan samping gitar ini menggunakan material tonewood. Kemudian untuk fingerboard, neck, dan bridge semuanya menggunakan Rosewood yang kokoh.

Gitar belajar ini dipersenjatai dengan tuner chromatic TM 14P dan dibandrol dengan harga 1 juta rupiah.

10. Yamaha SLGN 200N Silent Guitar

Yamaha SLGN 200N Silent Guitar

Gitar Yamaha SLGN 200N memiliki kemampuan sebagai gitar yang silent. Kemampuan anti berisik ini didapatkan karena produk ini tidak menggunakan bodi apapun.

Gitar high end ini cocok digunakan untuk pemula yang tidak ingin menimbulkan suara bising bagi orang lain.

Dilengkapi dengan fitru terbaru SRT atau Studio Response Tecnology membuat gitar ini mampu menghasilkan suara gitar akustik yang indah namun tetap natural pada headset atau amplifier yang terhubung.

Gitar ini memiliki onboard tuner yang berfungsi sebagai penyortir tone suara yang dibutuhkan. Frame yang digunakan dibuat dengan fungsi bongkar pasang agar dapat memudahkan pengguna untuk membawa unit ini kemanapun.

Memiliki 22 fret dan lebar bodi tanpa kayu (full hollow) sekitar 35,6 cm, dan jarak senar dengan fretboard sekitar 1,15cm membuat gitar ini sangat teramat nyaman untuk dimainkan para gitaris.

Material stock atas menggunakan mahogany yang diolah khusus, dan juga frame yang dapat dibongkar pasang menggunakan material rosewood maple yang sangat ringan.

Fingerboard dilapisi tetap menggunakan maple, sedangkan bagian bridge menggunakan bahan material Rosewood.

Semua material gitar ini adalah material premium berkualitas internasional, sehingga anda harus merogoh kocek sebesar 7 hingga 8 juta rupiah untuk mendapatkannya.

Lihat juga : 30 Headset Terbaik Untuk Bermain Game

11. Squire Stratocaster Bullet Electric Guitar

Squire Stratocaster Bullet Electric Guitar

Gitar listrik besutan Squire yang merupakan anak perusahaan dari Fender ini harus diacungi sebagai gitar listrik original dengan harga yang sangat murah. kualias gitar ini tidak perlu diragukan lagi.

Terbentuk dengan kualitas Fender yang melegenda ditambah lagi dengan fitur Whammy yang dapat digunakan oleh para gitaris pemula untuk menciptakan suara unik di amplifier mereka.

Dibangun dengan kenyamanan dan keringanan tingkat tinggi, Strato milik Squire ini memiliki tiga single coil di pick up bawaan ditengah bodi gitar yang dapat menghasilkan suara renyah, whammy kencang, distorsi basah, dan juga suara hangat.

Semua efek ini dapat digunakan dengan sistem knop putaran dan knop geser yang terdapat pada bodi gitar. Gitar ini dibandrol dengan harga 3 juta rupiah.

Bodi dari gitar ini terbuat dari kayu alder namun neck yang digunakan oleh gitar ini berasal dari material maple. Pengguna harus memiliki amplifier tersendiri untuk menikmati keindahan suara gitar listrik ini.

12. Squire Telecaster Affinity Electric Guitar

Squire Telecaster Affinity Electric Guitar

Pemula yang menginginkan gitar serba bisa dengan tone renyah namun juga hangat, dapat memilih gitar Tele ini.

Desain yang melegenda menggunakan material kayu alder dibagian bodi yang dapat menghasilkan suara yang warm namun juga berani.

Squire Affinity Telecaster ini merupakan opsi yang patut dipertimbangkan para pemula.

Siapa yang tidak tahu Telecaster dari Squire maupun Fender ini? Bila belum tahu, mari saya jelaskan keunggulan dari gitar ini.

Digunakan sebagai gitar yang berkonotasi “budget guitar” gitar ini memiliki beberapa fitur penting yang harus ada di gitar serba bisa.

Pertama, pick up dari gitar ini menggunakan pick up single coil yang menghasilkan suara crunchy namun tetap bersih.

Kedua, bodi gitar ini sangat cocok dengan postur badan orang Indoensia. Akibatnya gitar ini mampu diolah menjadi berbagai macam gitar custom yang digunakan oleh beberapa artis papan atas Indonesia.

Ketiga, neck dan fingerboard yang mirip dengan gitar akustik, senar yang cukup rendah, kapasitas neck yang cukup lebar, dan fretboard yang pas menghiasi jari-jari manis saat mengayunkan nada-nada di gitar ini.

Hadir dengan pilihan warna yang menarik, gitar Squire Affinity Telecaster ini dapat digunakan secara sempurna untuk genre musik blues, jazz, classic rock, maupun genre lain.

Dibandrol dengan harga 3 juta rupiah. Pemula wajib memiliki gitar terlaris ini, karena gitar ini merupakan gitar murah terbaik yang idaman musisi tanah air.

13. Squire Bullet Mustang Electric Guitar

Squire Bullet Mustang Electric Guitar

Gitar model mustang yang didesain oleh Fender yang kemudian diadaptasi oleh Squire sebagai gitar kelas low-end pada tahun 2017.

Squire sengaja memberikan harga yang murah terhadap para fansnya dikarenakan produsen tersebut memang menyasar para pemula yang sedang mendalami ilmu permainan gitar.

Squire Bullet Mustang adalah gitar yang mengawinkan unsur kemudahan dan kenyamanan. Untuk para pengguna yang ingin mencari suara gahar namun mudah ditemukan, Gitar ini lah jawabannya.

Body gitar terbuat dari Basswood yang kokoh. Didukung dengan neck gitar yang terbuat dari maple membuat gitar Bullet Mustang ini memiliki karekter suara yang benar-benar garang.

Disenjatai dengan duo pick up humbucker, gitar ini mampu memberikan frekuensi distorsi overdrive yang renyah dan sangar.

Gitar ini sangat cocok digunakan untuk genre blues, metal, atau subgenre gahar lainnya. 3 way selector disematkan pada gitar ini yang memungkinkan para pengguna pemula untuk memilih suara pickup neck, bridge, atau keduanya.

Fingerboard dari gitar ini cenderung pendek, jadi lagi-lagi memang cocok untuk pemula yang tangannya lebih kecil untuk belajar.

Harga dari gitar Squire Bullet Mustang ini dibandrol hanya dengan 3 juta rupiah saja.

14. Squire Vintage Modified Jaguar

Squire Vintage Modified Jaguar

Kombinasi gitar tonalwood, pickup dan teknologi yang mumpuni membuat Squire Jaguar ini selalu bisa digunakan untuk menggeber seluruh jenis musik.

Gitar ini merupakan salah satu gitar unik yang pernah dibuat oleh Fender, Squire dengan baik menciptakan kembali gitar ini dengan model vintage modified.

Bentuk gitar ini memliki bentuk yang offset atau tidak simetris. Hal ini membuat gitar tersebut memiliki ciri khas tone suara yang kuat.

Desain gitar sengaja digarap dengan bodi dari basswood dan neck dari kayu maple. Jaguar tetap memiliki tonewood yang proper untuk segala genre musik.

Gitar ini tak tanggung-tanggung memiliki dua “Duncan Designed” single coil pick up yang terhubung dengan tiga panel dibagian bawah bodi yang memungkinkan para player untuk memberikan efek treble boost, mid, dan juga twangky.

Dibandrol dengan harga 7 Jutaan. Harga tersebut benar-benar sepadan dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut.

15. Yamaha Pacifica 112 J Electric Guitar

Yamaha Pacifica 112 J Electric Guitar

Gitar Yamaha Pacifica 112 J ini dapat menjadi opsi yang tepat bagi kamu yang sedang mencari gitar listrik murah dengan kualitas yang bagus.

Performa yang diberikan gitar ini tidak dapat dianggap remeh. Gitar ini mudah sekali di dapatkan di pasaran Indonesia. Namun lebih baik anda tetap membeli gitar dengan produk original dan bukan bajakan.

Hadir dengan bodi yang solid. Dilengkapi dengan desain klasik dengan neck yang terbuat dari kayu maple dan ditambah fretboard dari rosewood membuat gitar ini memiliki suara yang hangat dan jernih.

Tuner yang digunakan pada gitar ini bertipe die-cast chrome tuner. Menggunakan dua tipe pick up yaitu bridge humbucker dan juga single coil neck.

Gitar ini dibandrol dengan harga 2,2 juta. Terlampau murah untuk gitar listrik dengan fitur segudang.

Lihat juga : 15 Smartphone Hanya 1 Jutaan Terlaris

TIPS DAN KESIMPULAN

Gitar akustik dan listrik pasti tetap dipilih oleh para pengguna karena kemampuannya untuk menghantarkan suara bernada yang bisa digunakan untuk mengiringi penyanyi, ataupun membuat musik sendiri.

Pastinya memilih alat musik yang baik dan tepat pasti membutuhkan beberapa tuntunan, yaitu misal dari bobot, bentuk gitar, bahan yang digunakan, build up material, hingga pemilihan gitar listrik atau akustik.

Semuanya patut dipertimbangkan secara matang sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, para pengguna harus melakukan riset mendalam yang sesuai dengan tips-tips berikut ini:

  1. Beli produk original

Bukan rahasia lagi apabila di dalam pasar gitar di Indonesia terdapat banyak produk-produk gitar yang sangat murah namun memiliki spesifikasi bodong.

Harga ini biasanya memang digunakan penjual untuk meningkatkan keuntungan semata. Harga barang asli biasanya memang lebih tinggi dari harga produk palsu.

Namun kualitas dari harga barang tersebut pasti tidak akan membohongi anda. Pastikan anda membeli barang yang original dengan memeriksa ketersediaan barang hingga spesifikasinya.

Dan jangan lupakan jargon “ada harga ada rupa” agar anda terhindar dari gitar bodong yang berada di pasaran.

  1. Pikirkan Spesifikasi Produk

Dewasa ini banyak sekali anak muda yang ingin serba instan untuk mendapatkan sesuatu barang yang diinginkan. Hal ini tidak di larang.

Namun ada beberapa pengeecualian untuk memilih gitar bagi pemula. Pastikan barang yang anda beli memiliki jaminan keaslian dan garansi yang mencukupi, pengguna juga harus sangat memperhatikan spesifikasi produk.

Spesifikasi yang dimaksud adalah soal bodi gitar, material build up, senar, neck, fingerboard, jenis gitar, kondisi bodi, dan lain sebagainya.

Ingat, lebih teliti lebih baik untuk pembelian produk dengan value tinggi seperti gitar ini.

  1. Model

Alat musik gitar memiliki banyak sekali model bodi yang ditaawarkan, dari Flying V, Stratocaster, Telecaster, Hollowbody, dan lain sebagainya.

Model-model tersebut harus benar-benar diperhatikan oleh pengguna pemula agar mendapatkan kenyamanan dan kebutuhan yang diinginkan.

Jangan ceroboh membeli produk dengan model barang yang tidak sesuai keinginan, karena biasanya suatu saat barang tersebut akan anda tinggalkan apabila sudah tidak nyaman.

  1. Budget

Jangan memaksakan untuk membeli barang yang terlampau mahal dipasaran. Tetapkan budget yang anda miliki, belilah barang sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan anda.

Jangan mengedepankan gengsi yang tak masuk akal dengan membeli gitar high-end dengan harga mahal, namun hanya digunakan sebagai sarana belajar.

Pikirkan matang-matang uang yang anda miliki. Jangan sampai terbuang sia-sia dan dapatkan gitar murah dengan kualitas terbaik.

Lihat juga : 30 Best Headset For Gamers

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button