Blog

Cara Daftar KIP Kuliah Untuk Lulusan SMA/Sederajat

Hi, guys. Kali saya akan membahas tentang cara daftar KIP kuliah untuk adik-adik yang telah lulu SMA dan sederajatnya. Yang pasti caranya mudah sekali. Ada beberapa informasi kamu ketahui untuk mengajukan KIP.

Melansir dari situs kemdikbud, bahwa KIP ( Kartu Indonesia Pintar ) ditujukan untuk calon mahasiswa. Atau lulusan SMA/sederajat baru dan lulusan 2 tahun sebelumnya. Sebagai contoh KIP 2020 ditujukan untuk lulusan 2018, 2019 dan 2020 yang belum pernah sama sekali menjadi mahasiswa/mahasiswi.

KIP merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar atau PIP. Sebelum melanjutkan dengan cara membuat KIP, yuk lihat dulu manfaat, jadwal, syarat dan cara daftar KIP. Pertama kita mulai dari manfaat KIP ya.

Manfaat KIP

Manfaat KIP adalah Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang langsung masuk ke perguruan tinggi. Bantuan biaya hidup mulai tahun ajaran 2021/2022. Biaya hidup yang ditetapkan Puslapdik didasarkan pada perhitungan indeks harga lokal untuk masing-masing wilayah perguruan tinggi. Sumber.

Keunggulan Lainnya :

  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi seperti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan seleksi lainnya yang diajukan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi mahasiswa yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) .
  • Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang langsung masuk ke perguruan tinggi.
  • Bantuan biaya hidup, mulai tahun ajaran 2021/2022 biaya hidup ditetapkan oleh Puslapdik. Sumber.

Jadwal Pendaftaran KIP 2021

Pendaftaran KIP 2021 dibuka mulai dari tanggal 8 Februari hingga 31 Oktober 2021. Jadi masih ada waktu untuk mendaftar ya, guys. Jangan lewatkan kesempatan langka ini. Siap-siap untuk mempersiapkan persyaratan ya.

Syarat Mendaftar KIP Kuliah 2021

Adapun syarat daftar KIP 2021 yang dibutuhkan adalah :

  1. Penerima KIP Perkuliahan adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang telah lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
  2. Memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung oleh bukti dokumen yang valid.
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Program Studi dengan Akreditasi C.

Keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan program bantuan pendidikan nasional berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan siswa dari panti sosial/ panti asuhan.

Dalam hal mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS, maka mahasiswa tersebut tetap dapat mendaftar untuk mendapatkan KIP kuliah sepanjang memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp. 4 juta (empat juta rupiah) atau gabungan penghasilan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp. 750 ribu (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Sumber.

Cara Daftar Menjadi peserta KIP Kuliah

Berdasarkan Pedoman KIP kuliah 2021, pada tahun 2021 dana bantuan KIP kuliah akan disalurkan kembali 200 ribu KIP kuliah bagi mahasiswa penerima baru, selain tetap menjamin penyaluran KIP kuliah on going dan Bidikmisi on going hingga masa studi selesai. Berikut langkah-langkah pendaftarannya:

  1. Calon mahasiswa dapat langsung mendaftar secara mandiri di web Sistem Kuliah KIP di halaman kip-gunung.kemdikbud.go.id atau melalui mobile apps KIP Kuliah.
  2. Pada saat pendaftaran, calon mahasiswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  3. sistem KIP kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta mendapatkan KIP kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil maka Sistem kuliah KIP selanjutnya akan mengirimkan Nomor Registrasi dan Kode Akses ke alamat email yang digunakan.
  5. Calon mahasiswa mendaftar Kuliah KIP dan memilih jalur seleksi yang akan ditempuh (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  6. Selanjutnya calon mahasiswa menyelesaikan proses pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.

Sebelum Sistem Registrasi KIP kuliah dibuka, calon mahasiswa dapat melakukan registrasi terlebih dahulu pada portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem nantinya akan dilakukan dengan skema host-to-host.

Bagi calon penerima KIP kuliah yang dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diajukan sebagai calon mahasiswa penerima KIP kuliah. Sumber.

Jangka Waktu Pembeian KIP Kuliah Program Reguler

  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester
  • Program Profesi : Doktor maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Perawat maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester. Sumber.

Video Tutorial Pendaftaran KIP Kuliah 2021

Itulah tadi cara daftar KIP kuliah di tahun ini. Info selengkapnya bisa cek di situs kip-kuliah.kemdikbud.go.id ya, guys. Jangan lupa mendaftar dan share juga ke teman-teman kamu ya.

Baca juga : 12 Makanan Karbohidrat Terbaik

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button