Blog

Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Teknik Sederhana

Siapa sih tidak mau memiliki tinggi badan ideal? Momod saja mau. Tetapi apalah daya, sudah takdir. Tinggi hanya 163 cm. Menambah tinggi badan bagusnya di usia muda. Kira-kira di umur 20 tahun ke bawah. Namun disini momod berbagi sedikit pengalaman bagaimana tinggi tubuh momod naik dari 158 cm menjadi 163 cm dalam 1 tahun di usia 37 tahun.

Ada banyak cara menambah tinggi yang momod baca di internet bahkan langsung dari mulut orang lain. Seperti :

  1. Lompat tali
  2. Bersepeda
  3. Berenang
  4. Stretching atau peregangan.
  5. Yoga
  6. dan masih banyak lagi

Tapi dari semua itu, tidak ada momod terapkan. Momod berhasil menambah tinggi badan tidak seperti momod duga. Oke, lanjut.

Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Berawal di saat berat badan momod mencapai 73 kg. Dengan tinggi 158 cm menjadikan perawakan tubuh pendek dan bantet. Ini sungguh memalukan. Nah di kondisi inilah, momod berinisiatif untuk melangsingkan tubuh. Pertama kali kepikiran dengan pola diet dan gaya hidup.

Setelah menjalani pola diet yang cocok dan benar untuk momod serta melakukan olahraga rutin, berat badan menjadi 62 kg. Dan terlebih lagi yang paling membuat senang, tinggi badan bertambah 5 cm dari 158 cm menjadi 163 cm.

Jadi tidak ada kepikiran untuk menambah tinggi badan, karena umur sudah tidak memadai. Dan sudah pasrah dengan ukuran tinggi sebelumnya.

Momod tidak menduga seperti ini. Ibarat menyelam sambil minum air. Dapat lebih, berat badan ideal dan tambah tinggi badan. Selain itu fisik juga kuat. Tidak seperti dulu, mudah flu dan batuk.

Penasaran kan apa saja yang momod lakukan untuk diet, pola hidup dan cara tambah tinggi badan secara alami? Yuk simak selengkapnya di bawah ini ya.

Pola Diet

Saking malunya memiliki bodi gendut dan lambat. Bahkan sempat disebut si gendut oleh istri. Momod jadi risih. Bahkan malu untuk keluar rumah. Padahal kerjaan selalu outdoor.

Kebiasaan makan tidak benar yang membuat badan menjadi bengkak, menjadi pemicu utama membuat badan melar.

  1. Ngopi sampai 5 kali dalam sehari.
  2. Ngemil seenaknya. Apalagi yang berminyak-minyak. Seperti gorengan, bakso, snack-snack dan coklat.
  3. Makan bisa 5 kali sehari. Takaran nasi yang jumlah banyak sekali.
  4. Makan malam. Karena kebiasaan tidur jam 1 -2 pagi, jam 12 malam masih makan. Biasanya makan mie instant 2 bungkus plus telurnya 3 butir.
  5. Dan belum lagi kalau jalan-jalan keluar bareng anak-anak dan istri.

Akhirnya momod mencari tahu, pola diet apa yang cocok. Nah ketemu dengan Intermittent Fasting yakni puasa makan. Di sistem IF ini, kita diminta untuk membatasi jam makan tetapi minum tidak. Untuk pertama kali sebagai pemula, saya mencoba 8 jam puasa makan. Selama itu untuk menahan lapar, momod banyakin minum.

Mengapa Intermittent Fasting? Karena pola diet ini yang menurut momod paling mudah. Selain itu bisa menghemat hehe.

Cara Melakukan Intermittent Fasting Ala Momod

  1. Selama seminggu Momod coba IF 8 jam. Mulai dari jam 9 – 10 pagi sarapan. Lalu jam 5 – 6 sore makan. Nah di sore ini, momod tidak makan lagi sampai jam besoknya.
  2. Di Minggu berikutnya momod coba menambah rentang jam makan. Yakni 12 jam. Sarapan pagi start jam 9 – 10 pagi. Dan makan terakhirnya sampai keesokan pagi dari jam 7 – 8 malam.
  3. Setelah sebulan IF, momod mencoba lebih ekstrim lagi. Yakni fasting 24 jam. Hanya makan 1 kali dalam 24 jam. Mulai makan jam 5 sore. Dan puasa sampai keesokan hari di jam 5 sore lagi.

Di intermittent fasting 24 jam, momod hanya melakukan seminggu. Kenapa? Karena momod gak kuat. Malah di saat itu momod melambaikan tangan. Dan akhirnya momod hanya mencoba IF 12 jam setiap harinya hingga sekarang ini.

Menu Makan

Selama melakukan intermittent fasting, momod selalu memperhatikan gizi makanan. Untuk itu momod memilih 4 sehat 5 sempurna. Tetapi untuk susu, momod hilangkan. Soalnya momod alergi dengan susu. Perut momod selalu bermasalah setiap minum susu.

Jadi momod ganti dengan madu. Madu hutan alami harganya 80 ribu rupiah per kgnya. Murah meriah. Dalam 1 jirigen 1 kg madu, habisnya bisa 1 bulan. Momod hanya minum 3 sendok makan per hari. Link membeli madunya disini.

Menu makan momod selama melakukan IF tidak menentu. Kadang selama 4 hari, menunya bisa sama. Berikut menu makan momod :

  1. Sayur lalapan seperti selada, tomat, wortel dan timun.
  2. Telur sebanyak 5 butir per hari. Telurnya direbus. Momod menggunakan telur omega.
  3. Ikan dan daging silih berganti. Tergantung keuangan dan mood.
  4. Sayur dimasak dengan direbus.
  5. Buah. Ya momod selalu menyiapkan buah pisang, jambu biji, jeruk, pepaya, semangka, melon dan lain-lainnya. Terkadang 3 atau 4 hari, jenis buahnya selalu sama.
  6. Kurangi makanan berminyak.

Gaya Hidup

Untuk gaya hidup, momod gak terlalu ekstrim. Momod hanya melakukan tidur teratur, tidaktidur kemalaman, dan olah raga. Oh iya, satu lagi. Momod mengurangi jumlah rokok. Dari sebungkus per hari, kini hanya 2-3 batang sehari. Agak sulit menghilangkan kebiasaan merokok. Karena lingkungan selalu ada saja perokok yang mengebul. So, momod jadi tergiur untuk merokok. Ya semoga kedepannya momod berhenti merokok.

Tidur Teratur Dan Kurangi Tidur Kemaleman

Sudah pasti dengan menerapkan tidur teratur dan mengurangi tidur terlalu larut, akan berefek bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Momod jadi ingat waktu kecil. Disuruh tidur selalu jam paling telat jam 9 malam.

Di bagian ini, momod menerapkan tidur paling telat 10 malam. Bangun jam 7 atau 8 pagi. Jumlah tidur yang baik untuk orang dewasa minimal 7 jam atau bagusnya 8 – 9 jam. Momod sebenarnya kurang paham betul dengan jumlah jam tidur di malam hari.

Tapi momod rasakan tidur dari jam 10 malam sampai jam 8 pagi atau sekitar 10 jam, badan momod jadi segar bugar. Dan momod seberusaha mungkin untuk menghindari tidur kemaleman jika tidak penting. Kan ada lagu yang mengatur. Begadang jangan begadang kalau tak ada artinya.

Olahraga

Nah di bagian olahraga ini, momod harus kudu ekstra memilih. Memilih jenis olahraga apa yang cocok untuk momod. Secara momod tidak muda lagi. Momod tidak mau memaksakan diri untuk olahraga berat-berat.

Jenis olahraga momod pilih adalah :

  1. Lari sprint 100 meter sebanyak 8 kali. Dengan jeda waktu istirahat 5 menit setiap sekali lari sprint 100 meter. Oh ya untuk di awal melakukan olahraga, jangan kaget jika mengeluarkan segudang keringat. Dan besoknya kaki terasa sakit sekali karena otot dipaksa untuk bekerja keras. Mulai dari atas hingga kebawah. Jika masih sakit, sebaiknya istirahatkan 2 hari. Pas sudah mendingan, boleh deh coba lagi lari sprint. Lama-kelamaan terbiasa dan sakit tidak pernah lagi.
  2. Lompat seperti slam dunk di permainan bola basket. Momod melakukan ini 50 kali saja. Melompat setinggi-tingginya. Olahraga ini juga banyak mengeluarkan keringat.
  3. Push up. Momod hanya melakukan 20 kali. Kenapa 20 kali? Karena momod hanya sanggup segitu.
  4. Sit up. Momod sit up 50 kali bahkan 100 kali. Menurut momod, olahraga paling mudah itu ya sit up.
  5. Tendang kaki ke depan sebanyak 50 kali kaki kiri dan 50 kali kaki kanan.

Selama momod melakukan jenis-jenis olah raga diatas, ada hari-hari tertentu yang dikhususkan untuk istirahatkan otot. Contohnya di hari pertama momod melakukan jenis olahraga diatas. Setelah itu, pas malam hari, badan, tangan, leher dan kaki terasa sakit karena saking pegalnya.

Lalu momod istirahat selama 2-3 hari atau sampai pegal-pegal sudah hilang. Setelah sudah sembuh, momod lanjut lagi olaharaga. Dan kedepannya pegal-pegal sudah tidak terasa lagi setelah melakukan olahraga-olahraga diatas.

Oh ya momod melakukan 5 olahraga diatas dari hari Selasa sampai dengan Jumat. Hari Sabtu sampai Senin, waktu mengistirahatkan otot-otot.

Ada yang kelupaan, momod juga melakukan olahraga-olahraga diatas jam 4 atau 5 sore. Juga momod menggunakan alat olahraga. Yang katanya bisa menambah tinggi, tapi yang momod rasakan badan momod jadi lebar dan lengan berotot. Link produk alatnya disini. Harganya hanya 80 ribuan dan cara melakukannya juga sangat mudah.

Rutin Minum Air Putih

Momod selalu mengutamakan minum air putih secukupnya. Terutama di jam-jam beraktivitas. Tanpa melakukan minum air putih secara rutin, hidup momod seperti tiada arti.

Momod juga mengurangi minum kopi. Mungkin hanya sekali sehari bahkan kadang-kadang tidak ngopi selama sehari atau 2 hari. Ngopi hanya dilakukan kalau ketemu tamu. Biasa sekedar menemani tamu ngopi. Ngiler juga.

Minuman alkohol dan minuman soda sangat jarang. Minum minuman beralkohol seperti wini kalau lagi diare. Untungnya diare hanya terjadi 2 tahun sekali mungkin bertahun-tahun. Kalau gak, bisa tekor. Minuman bersoda juga sangat jarang.

Oh ya di saat atau setelah melakukan olahraga, jangan lupa minum air putih ya. Gunanya untuk mengganti cairan tubuh. Dan jangan menahan pipis, bisa penyakitan nantinya.

Hasil

Momod melakukan IF, gaya hidup benar, pola diet dan olahraga yang disebutkan sebelumnya mulai dari bulan Juni 2019 hingga sekarang. Sebelum pandemi covid menyerang negeri tercinta kita.

Goal berat badan ideal tercapai di bulan Januari tahun 2020. Yakni 62 kg. Dan di saat itu juga, saya mengukur tinggi. Dari 158 cm menjadi 163 cm.

Jadi 8 bulan proses untuk menempuh berat badan ideal dan penambahan tinggi badan. Walaupun tinggi badan tidak ideal dibandingkan tinggi badan pria pada umumnya di Indonesia. Setidaknya saya lebih tinggi dari istri hehe. Tinggi istri saya 158 cm.

Sampai sekarang saya masih melakukan pola diet, gaya hidup dan olahraga yang saya sebutkan diatas. Hanya saya menambah jenis olahraga lainnya seperti angkat beban dengan menggunakan barbel 5 kg dan pull up.

Yang momod rasakan di perubahan tinggi badan ini, momod lebih pede dikit. Banyak teman-teman momod mengatakan, “kok lu jadi lebih tinggi sekarang”. Padahal momod mengharapkan, teman-teman momod memuji bodi momod. Seperti “eh, badan lu makin atletis aja” atau “wow, lo makin berotot aja”.

Oh iya kalau bangun tidur pagi, momod ukur tinggi. Eh ternyata tinggi momod sudah mencapai 165 cm. Tapi kalau sudah sore, eh tinggi hanya 163 cm. Kenapa begitu ya?

Kesimpulan

Sebenarnya seperti momod beritahu sebelumnya, momod tidak punya rencana menambah tinggi. Tapi momod bisa simpulkan. Untuk menambah tinggi secara alami, yang harus dilakukan adalah :

  1. Jangan gemuk bahkan sampai gendut.
  2. Tidur secukupnya dan teratur. Istirahat yang cukup sangat penting.
  3. Gizi asupan makanan. Selalu perhatikan menu makanan. Selalu mengutamakan gizi yang benar.
  4. Olahraga.
  5. Rutin minum air putih dengan benar.

Manfaat lain yang momod rasakan, dengan melakukan pola makan yang baik, pola hidup yang benar dan olahraga teratur, tubuh momod menjadi kuat, tidak gampang sakit dan segar bugar.

Momod dari Juni 2019 hingga sekarang belum pernah sakit berat atau ke dokter karena sakit. Sebelumnya mudah sakit seperti flu, batuk, bahu pegal atau leher sakit. Umur Momod 39 tahun di 2021 ini.

Momod hanya menceritakan pengalaman momod. Berhasil atau tidaknya bagi yang mencoba cara momod ini, ditanggung sendiri ya. Jika ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan menggunakan kolom komentar ya. Pasti langsung momod balas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button