Blog

Cara Membuat Wedang Jahe Yang Benar Bagi Pemula

Hi, guys. Tema kali adalah cara membuat wedang jahe yang melegenda dari ratusan tahun lalu. Minuman khas ini memang lagi ngehitz. Dari berbagai kalangan hingga usia. Saya sendiri suka menikmati minuman ini, apalagi di musim hujan. Wedang jahe bisa memberikan kehangatan. Bagi siapapun. Termasuk jomblo.

Sebelum kita memulai panduan pembuatan wedang jahe, ada baiknya mengenali dahulu minuman tradsional yang terkenal ini.

Lihat juga : Film Superhero Terkonyol Yang Pernah Ada

Apa itu Wedang Jahe?

Wedang jahe merupakan minuman khas dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Di Yogjakarta. Minuman ini sering disebut sari jahe atau teh jahe. Walaupun disebut teh jahe, tetapi minuman ini tidak menggunakan daun teh. Wedang artinya minuman panas. Jadi Wedang jahe selalu disajikan dalam keadaan suhu panas. Pantas saja disebut teh jahe ya, karena cara menikmatinya sama dengan menikmati teh panas.

Seiring dengan perkembangan zaman dan seiring juga perkembangan inovasi dilakukan manusia. Maka minuman wedang jahe juga mengalami perubahan dalam pembuatannya. Tetapi tidak menghilangkan esensi minuman khas ini.

Hanya divariasikan dengan bahan-bahan lain. Sehingga menimbulkan kaya rasa dari minuman ini. Wedang jahe sering divariasikan dengan gula merah, gula batu, kayu manis, susu, dan variasi berdasarkan cara pengolahannya.

Lihat juga : Tips Menjalankan Usaha Alat Tulis Kantor Untuk Pemula

Manfaat Wedang Jahe

Ada banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dari minuman daerah ini, guys. Saya sendiri secara pribadi, minum wedang jahe merasakan manfaat seperti badan menjadi hangat dan mudah tidur. Tapi saya tidak melakukannya keseringan ya. Karena saya malas membuatnya dan tidak mau keluar uang untuk membeli di luar. Kebanyakan saya minta dijajani oleh orang lain. Hemat loh.

Berikut khasiat wedang jahe dari sumber yang saya baca :

  1. Mampu menurunkan reaksi alergi.
  2. Bisa digunakan untuk program menurunkan berat badan. Alasannya, minuman ini bisa membuat kenyang walaupun minum sedikit.
  3. Mengurangi rasa nyeri pada masa menstruasi.
  4. Mencegah resiko penyakit jantung. Minum wedang jahe bisa meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah dan meredakan nyeri ulu hati.
  5. Obat alami asam urat.
  6. Mampu redakan nyeri otot dan persendian.
  7. Meningkatkan imunitas tubuh.

Selanjutnya membahas cara membuat minuman jahe ini di rumah. Dengan pengetahuan ini, mungkin saja ke depannya kamu berencana memmulai bisnis wedang jahe bisa digunakan. Baiklah, langsung saja ya.

Baca juga : Kisah Sedih Nasib Narapidana Di Pulau Sampah

Cara Membuat Wedang Jahe Gula Merah

Resep membuat wedang jahe gula merah ini sangat mudah loh, guys. Hanya menyiapkan bahan-bahannya saja. Bahan-bahannya juga tidak sulit didapatkan. Kecuali ngambil milik orang lain. Berikut bahan yang harus dipersiapkan :

Siapkan jahe seberat 1 ons dan gula merah sebanyak 1 ons. Lalu garam sedikitnya. Bersihkan jahe lalu memarkan . Setelah siapkan panci dan isi dengan 1 liter air. Rebus sampai mendidih, lalu masukkan jahe yang telah digeprek. Kemudian masukkan gula merah dan garam secukupnya.

Setelah wangi khas jahe dan gula merah tercium artinya wedang jahe merah telah siap untuk disuguhkan. Jangan lupa merasakan airnya sedikit ya, apa terasa manis atau tidak.

Baca juga : Berikut Kasur Terlaris Harga Di Bawah 500 Ribu

Cara Membuat Wedang Jahe Sereh

Bahan yang digunakan masih sama dengan minuman jahe gula merah. Yakni jahe sebanyak 1 ruas yang telah dicuci bersih, 3 ruas sereh yang dicuci bersih juga.

Kemudian siapkan panci dengan berisi 1 liter air. Rebus hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, jahe dibakar dulu sebentar dengan menggunakan garpu atau pisau.

Setelah masukkan jahe, sereh, 1 sendok makan gula merah dan 1 sendok makan gula putih. Aduk merata hingga bau jahe dan sereh mulai terasa. Setelah itu, wedang jahe sereh plus gula merah siap dinikmati bersama keluarga. Harum dari sereh inilah membuat semakin nikmat minuman jahe ini untuk diminum.

Cara Membuat Wedang Jahe Madu Jeruk Nipis

Mempraktekkan resep minuman jahe sangat mudah. Siapkan bahannya seperti berikut ; jahe sebesar 1 ruas kelingking, lalu iris kecil-kecil. Kemudian rebus air sebanyak 2 gelas, lalu masukkan jahe yang telah direbus. Kemudian aduk agar tercampur ratas.

Tunggu 10 menit hingga mendidih. Trala trilili wedang jahe sudah bisa dinikmati. Tuangkan wedang jahenya ke dalam gelas, lalu tambahkan madu dan jeruk nipis secukupnya. Mudah sekali ya. Mantap.

Lihat juga : Download Aplikasi Edit Video Profesional Disini

Cara Membuat Minuman Jahe Susu

Siapkan jahe sebesar 1 ruas kelingking. Cuci bersih. Kemudian iris kecil-kecil. Lalu rebus air 1 gelas dan susu sebanyak 2 gelas ke dalam panci. Masukkan juga jahe yang telah diiris keci-kecil. Didihkan dengan api kecil. Jangan lupa tambahkan gula atau madu secukupnya agar manis.

Setelah itu mendidih, tuangkan air jahenya ke dalam gelas favorit kamu. Dan minuman jahe susu bisa dinikmati sendirian atau bersama orang yang kamu kasihi. Itupun kalau doyan ya.

Baca juga : Ajaib, Tikus Pergi Sendiri Tanpa Diusir Dengan Alat Ini

Cara Membuat wedang Jahe Bakar

Membuat wedang jahe bakar tidak perlu repot loh ya, guys. Tidak perlu menyiapkan tungku, arang atau api unggun. Cukup menggunakan kompor. Siapkan jahe secukupnya. Kemudian bakar di api kompor hingga layu. Jangan sampai gosong ya.

Setelah itu siapkan pemanisnya yakni gula merah yang dilelehkan. Takaran gula merah secukupnya ya. Lalu rebus air secukupnya. Kemudian siapkan 1 gelas, masukkan jahe yang dibakar tadi. Kemudian tuangkan gula merah secukupnya dan terakhir masukkan air yang mendidih tadi secukupnya.

Minuman wedang jahe bakar siap untuk dinikmati.

Lihat juga : Kebiasaan Tidak Baik Yang Tidak Disadari Merugikan Kesehatan

Cara Membuat Wedang Jahe Geprek

Kasihan jahenya digeprek ya. Kali ini pembuatan air wedang jahe geprek membutuhkan lebih banyak. Berikut bahan yang digunakan :

  1. Jahe sebanyak 2 rimpang yanbg telah digeprek. Jahe rimpang artinya jahe yang bercabang ya.
  2. Serai sebanyak 1 batang. Dimemarkan.
  3. Kayu manis sebanyak 1 sendok teh jika dalam bentuk bubuk atau dalam batangan sepanjang 7 cm.
  4. Gula dan madu secukupnya.
  5. Air sebanyak 1 liter.

Cara pembuatan wedang jahe geprek

Masukkan air, jahe, sereh, kayu manis, gula secukupnya ke dalam panci dan rebus. Rebus hingga mendidih dengan menggunakan api sedang. Setelah aroma jahe mulai tercium, berarti proses merebus selesai. Matikan kompor kemudian saringlah air rebusan wedang jahe geprek.

Kemudian tuangkan air saringan ke dalam teko. Lalu tuangkan ke gelas kesayangan kamu. Agar semakin lebih menambah rasa, kamu bisa menambahkan madu secukupnya.

Baca juga : Gara-Gara Resep Ini, Penjual Masker Muka Semakin Banyak

Cara Mudah Membuat Minuman Wedang Jahe Angkringan

Sebenarnya wedang jahe angkringan cara pembuatannya hampir sama dengan jenis lainnya. Hanya yang membedakan proses pengolahan jahe dan tempat menikmati minuman jahenya. Yakni menggunakan tikar sebagai alas duduk sembari menikmati minuman jahe hangat. Makanya disebut wedang jahe angkringan.

Bahan yang digunakan adalah :

  1. Jahe sebanyak 1 ruas yang dicuci bersih.
  2. Sere sebanyak 1 buah batang yang sudah digeprek.
  3. Air sebanyak 400 ml.
  4. Gula merah dengan takaran secukupnya.

Cara pembuatannya ; pertama bakar dulu jahe sampai permukaannya sedikit menghitam. Lalu geprek. Setelah masukkan air 400 ml ke panci. Masukkan juga sere, jahe dan gula merah. Rebus dengan api sedang. Jangan lupa cek rasa manisnya ya.

Setelah bau jahe mulai terasa di indera penciuman, berarti wedang jahe angkringan maknyus siap disajikan. Jangan lupa saring ya biar ampasnya gak terikut diminum.

Lihat juga : Daftar Makanan Penghasil Karbohidrat Tinggi Yang Baik

Cara Membuat Wedang Jahe Lemon

Bahan yang digunakan adalah air sebanyak 750 ml, jahe sebanyak 2 cm yang telah dicuci bersih kemudian diparut. Lalu bahan berikutnya 1 sendok makan teh hitam dan irisan lemon.

Rebus di panci air 750 ml, lalu masukkan jahe yang telah diparut, teh hitam dan sereh. Rebus hingga mendidih. Setelah tercium aroma jahe, matikan kompor. Saring airnya dan tuangkan ke gelas. Tambahkan madu atau gula sesuai dengan selera. Lalu masukkan irisan lemon, agar rasa semakin nikmat.

Peluang Usaha Minuman Jahe

Prospek usaha minuman jahe atau wedang, cukup menjanjikan. Karena minuman ini sudah memiliki nama dan memiliki peminat. Baik itu yang menggemari dan yang ingin mencoba. Tetapi, di masa pandemi ini membuat usaha secara offline menjadi lebih sulit.

Solusi agar menjual minuman wedang jahe tidak mati, sebaiknya menjual secara online atau daring. Seperti membuka toko di grabfood, gofood dan marketplace yang menggunakan kurir instan. Kamu bisa download masing-masing aplikasi untuk mendaftar menjadi penjual.

Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis wedang jahe tidaklah mahal. Apalagi untuk usaha skala kecil ataupun sekedar coba-coba.

Agar semakin dikenal dan penjualan meningkat, jangan lupa melakukan promosi atau iklan. Promosi terbaik di masa sulit ini adalah promosi online. Kamu bisa menggunakan situs cari harga murah ini menjadi media promosi online kamu. Gratis.

Apapun produk kamu bisa diiiklankan di blog ini. Selama produk kamu tidak melanggar hukum di Indonesia dan tidak membuat kegaduhan seperti penipuan dan sebagainya.

Lihat juga : Jenis Minuman Kopi Kekinian Wajib Kamu Coba

Efek Samping Jahe

Ada efek samping atau efek buruk dari minuman ini. Tetapi ini tergantung dari kebiasaan dan jumlah takaran yang dikonsumsi. Dalam dunia medis bahwa jahe hanya bisa dikonsumsi maksimal 5 gr per hari. Lebih dari itu akan terjadi gangguan kesehatan yang mengganggu.

Untuk itu, minumlah dengan jumlah yang normal. Jangan berlebihan. Inilah efek buruk jika berlebihan konsumsi jahe atau wedang jahe :

  1. Gangguan pada pencernaan.
  2. Mempengaruhi kerja jantung.
  3. Mempengaruhi kerja obat diabetes dan obat darah tinggi.
  4. Meningkatkan resiko pendarahan.
  5. Alergi. Sumber.

Lihat juga : Masker Muka Ini Ajaib, Senyum Menjadi Lebih Menawan

Kesimpulan

Minuman wedang jahe memang aman dan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tapi namanya berlebihan, sudah pasti mengakibatkan efek buruk. Jadi minumlah wedang jahe ketika dibutuhkan. Jangan minum berlebihan karena kamu doyan banget.

Peluang bisnis wedang jahe juga memiliki masa depan yang cerah. Tetapi di masa sekarang, semuanya menjadi penjual. Pembeli menjadi penjual. Semua terjadi karena susahnya mencari penghasilan saat ini. Sehingga jangan kaget jika memulai bisnis minuman khas ini akan memiliki banyak pesaing. Untuk mengatasi persaingan ketat, siapkan strategi yang mantap.

Ada banyak variasi wedang jahe di saat ini. Banyak inovasi-inovasi yang menghasilkan keunikan rasa, yang kebetulan banyak yang menyukai. Dengan begini, wedang jahe tetap menjadi minuman pilihan terbaik untuk dicoba. Dan hal ini bagus dalam bisnis penjualan minuman wedang jahe.

Oke, guys. Sekian dulu artikel cara membuat wedang jahe yang benar ala pemula ya. Jika postingan ini bermanfaat, jangan share ke teman-teman ya. Sampai jumpa di artikel menarik dan bermanfaat berikutnya.

Lihat juga : Cara Mudah Singkat Membuat Cilok Enak

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button