Blog

Cara Membuat Masker Beras Untuk Kulit Wajah

Hallo. Apakah kamu pernah mendengar masker beras untuk kulit wajah? Kalau belum, pas banget baca artikelnya disini. Disini akan dijelaskan cara membuat masker beras untuk kulit muka kamu. Cara pembuatannya sangat mudah. Dan bahannya juga tidak sulit di dapatkan.

Banyak wanita mengidamkan kecantikan kulit wajah yang sempurna. Mulus dan kinclong. Untuk itu, tidak jarang para wanita rela menghabiskan waktu dan dana untuk urusan skincare. Namun, jika ada pilihan untuk hemat, kenapa tidak membuat sendiri. Selain hemat juga lebih aman.

Ada banyak cara membuat masker wajah dari bahan beras. Tetapi dari berbagai sumber, ada satu cara yang sangat mudah dilakukan. Berikut cara pembuatan masker beras.

Cara Membuat Masker Beras Di Rumah

Pertama siapkan bahan terlebih dahulu ya. Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah beras dan air. Setelah bahan sudah tersedia. Mulailah mengerjakan proses pembuatannya. Ada 3 cara cara membuat masker beras yang akan dibeberkan disini.

1. Rendaman Beras

Cara ini dilakukan dengan menyiapkan 100 gram beras. Lalu cuci sampai bersih. Kemudian pindahkan beras yang dicuci tsb ke dalam wadah. Setelah itu tuangkan air sebanyak 500-700 ml ke dalam wadah tersebut. Lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah 30 menit, pisahkan beras dari airnya. Kemudian simpanlah airnya di dalam kulkas. Air rendaman beras inilah yang digunakan sebagai masker alami wajah. Masker dengan merendam beras ini bisa bertahan 1 Minggu. Jika ada tersisa lebih dari seminggu, sebaiknya dibuang dan membuat yang baru.

Selain bisa digunakan pada kulit wajah, air rendaman beras ini bisa digunakan pada rambut. Oleskan pada setaiap helaian rambut, untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut kamu.

2. Fermentasi Beras

Masker fermentasi beras ini memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah.

  1. Melindungi kulit dari kerusakan paparan sinar UV atau ultra violet
  2. Mencegah kerutan di wajah
  3. Meningkatkan pembentukan kolagen
  4. Menebalkan lapisan kulit wajah

Cara membuat masker beras wajah dengan fermentasi beras sangat mudah. Tahap pengerjaannya sama dengan masker dari rendaman beras. Bahan yang digunakan sama. Hanya yang membedakan waktu perendamannya. Dalam membuat masker rendaman beras dibutuhkan waktu 30 menit, di pembuatan masker fermentasi beras dibutuhkan waktu 2 hari. Setelah itu, masker bisa diaplikasikan ke kulit wajah kamu.

3. Rebusan Beras

Cara membuat masker beras wajah dengan merebus sangat mudah. Pertama siapkan beras 100 gram dalam wadah untuk direbus. Lalu tuangkan air sebanyak 500-700 ml. Kemudian rebus, setelah mendidih, matikan kompor. Lalu saring airnya dan simpan airnya ke botol.

Gunakan air tersebut untuk sebagai masker wajah. Agar lebih awet, simpan air rebusan beras itu di lemari pendingin. Jangka waktu hanya 1 Minggu. Jika lewat dalam 1 Minggu masih ada sisa, buang saja. Bikin yang baru.

Selain 3 cara pembuatan masker dari beras, ada lagi masker beras dengan menggunakan bahan tambahan. Langsung saja kita bahas lagi ya.

4. Masker Beras Kayu Manis Gliserin

Masker wajah satu ini ditujukan untuk kulit kering. Kandungan oksidannya sangat tinggi Sehingga mampu mencerahkan dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah pada kulit.

Cara membuat masker beras kayu manis gliserin ini tidak sulit. Pertama siapkan beras sebanyak 1/2 mug beras tambahkan air secukupnya. Kemudian rebus sampai mendidih. Setelah itu dinginkan. Lalu tuangkan 2 sendok teh bubuk kayu manis, tambahkan 1 sendok makan gliserin. Masker siap digunakan.

Sebelum menggunakan masker ini, pastikan wajah kamu dicuci bersih. Kemudian aplikasikan masker ini ke kulit wajah. Lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin bersih.

Penggunaan masker beras kayu manis gliserin ini bisa dilakukan 1 x dalam seminggu. Untuk mendapatkan gliserin, kamu bisa membeli di apotik dekat rumah.

5. Masker Beras Madu Susu

Masker beras dengan campuran madu dan susu ini dikhususkan untuk kulit berminyak. Kandungan pada masker dipercaya dapat :

  1. Membersihkan pori-pori pada kulit wajah
  2. Mengurangi produksi minyak pada wajah
  3. Mengurangi timbulnya jerawat
  4. Melembabkan kulit

Cara membuat masker beras wajah ini sangat mudah. Pertama siapkan 3 sendok makan nasi yang baru saja matang, 2 sendok makan madu murni, 1 sendok makan susu murni.

Aduk merata ketiga bahan tsb sampai membentuk pasta. Lalu oleskan ke kulit wajah. Diamkan sampai mengering atau sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan membilas menggunakan air dingin. Masker ini bisa digunakan di kulit muka 2-3 kali dalam seminggu.

6. Masker Tepung Beras Putih Telur Gliserin

Masker tepung beras dicampur dengan putih telur dan gliserin sangat bagus untuk perawatan kulit wajah. Kandungan bisa menghambat penuaan kulit, mengencangkan kulit dan meregenerasi sel kulit.

Cara membuat masker beras ini tidak diperlukan keahlian khusus. Kamu sendiri bisa melakukannya. Yakni dimulai dengan menyiapkan tepung beras sebanyak 2 sendok makan, 1 butir putih telur dan 4 tetes gliserin. Gliserin bisa dibeli di apotik ya, guys.

Aduk merata ketiga bahan tsb. Setelah itu oleskan permukaan kulit muka kamu. Oh ya sebelum dioleskan, bersihkan dulu wajah ya. Setelah itu, diamkan sampai mengering. Lalu bilas bersih dengan air dingin. Lakukan terapi masker beras ini 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil kulit cerah dan tampak awet muda.

7. Masker Beras Susu Cuka Apel

Masker ini dipercaya bisa membuat kulit wajah cerah bercahaya. Bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Harga murah biaya hemat.

Cara membuat masker beras susu cuka apel ini dimulai dengan menyiapkan 2 sendok makan tepung beras, 2 tetes cuka apel dan 5 tetes susu murni. Lalu aduk merata semua bahan hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke kulit wajah kamu.

Cara mengoleskan dengan gerakan memijat selama kurang lebih 2 menit. Kemudian diamkan sampai mengering. Lalu bilas bersih dengan air dingin.

8. Masker Beras Tomat

Manfaat alami yang dirasakan setelah menggunakan masker beras tomat secara rutin. Manfaat alami yang didapatkan adalah membersihkan pori dan mengecilkan pori kulit wajah, mencerahkan serta menghaluskan kulit wajah. Komedo cepat hilang dengan menggunakan masker ini.

Cara membuat masker beras tomat dengan cara menyiapkan 5 sendok makan tepung beras, lalu 1 buah tomat yang diblender hingga halus. Kemudian campurkan kedua bahan tsb hingga tercampur rata. Setelah itu jadilah masker beras tomat.

Cara penggunaannya adalah mengoleskan masker tersebut ke kulit wajah kamu. Gunakan gerakan menggosok secara perlahan-lahan. Lalu diamkan sampai mengering. Jika sudah terasa mengering, bilas bersih dengan menggunakan air dingin.

9. Masker Beras Minyak Zaitun

Masker ini bisa membantu kamu yang memiliki wajah berjerawat. Kandungan dalam masker ini mengandung anti bakteri non comedogenic. Selain itu masker ini bisa mencerahkan wajah secara alami.

Cara pembuatan masker beras ini adalah dengan menyiapkan 4 sendok makan tepung beras dan minyak zaitun secukupnya. Lalu aduk merata semua bahan. Masker siap digunakan

Kemudian cuci wajah sampai bersih, lalu oleskan masker wajah ini merata. Lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin.

10. Masker Beras Anggur

Masker dengan perpaduan anggur berkhasiat melindungi kulit dari sinar matahari, menunda proses aging dan meningkatkan produksi kolagen.

Cara membuat masker beras ini dimulai dengan menyiapkan bahan yakni 4 sendok makan tepung beras dan buah anggur yang dihaluskan secukupnya. Aduk merata semua bahan hingga tidak kental maupun encer. Setelah boleh dioleskan ke permukaan wajah secara merata.

Diamkan selama 15 menit atau sampai mengering. Kemudian bilas wajah sampai bersih dengan air dingin.

11. Masker Beras Kunyit Madu

Kunyit memiliki manfaat kesehatan termasuk kulit. Dan sangat cocok dikombinasikan tepung beras untuk dijadikan masker muka. Dipercaya bisa mengatasi kulit berjerawat.

Cara membuat masker beras kunyit madu dimulai dengan menyiapkan tepung beras, bubuk kunyit dan 1 sendok makan madu. Takaran tepung beras dan bubuk secukupnya, sesuaikan dengan takaran madu.

Aduk merata semua bahan. Jika sudah, bisa doleskan ke permukaan muka secara merata. Diamkan sampai mengering. Setelah itu bilas bersih dengan air dingin.

Untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai diharapkan. Penggunaan masker dilakukan sebelum tidur malam. Dan dibersihkan keesokan harinya. Agar menghindari bercak atau noda, sebaiknya bagian bantal dilapisi.

Itulah tadi sekilas tentang 11 masker beras yang dipadukan bahan tambahan lainnya. Dilengkapi juga dengan cara pembuatan yang bisa dilakukan di rumah. Serta manfaat alami masker beras.

Sekian dulu artikel kecantikan ini ya, guys. Di lain waktu akan ada banyak artikel-artikel seputar perawatan wajah dengan biaya murah. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa share ke teman-teman ya.

Lihat juga :

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button