Blog

Cara Membuat Cilok Yang Mudah Bagi Pemula

Hallo, guys. Selamat datang di Cari Harga Murah. Kali ini tema kita membahas resep cemilan ringan. Yakni cara membuat cilok yang mudah. Dikhususkan untuk pemula yang ingin coba-coba membuat cilok. Mungkin untuk dijadikan camilan di sore hari ataupun buat jualan. Bisa juga untuk menyenangkan sang pacar, karena pacar penggemar cilok.

Apa itu Cilok?

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat. Terbuat dari bahan tapioka. Teksturnya kenyal dan sering disantap bersama saos, kecap, bumbu kacang dan bumbu kuah lainnya. Ada juga mengatakan cilok itu singkatan dari aci yang dicolok.

Intip : Cara Mudah Dan Cepat Membuat nasi Goreng

Kenapa orang-orang menyukai cilok?

Alasan yang sering saya tanyakan ke teman-teman, mereka suka cilok karena kenyal dan ada bumbunya. Pas banget untuk mengisi waktu kosong sambil bergosip ria menikmati cilok. Dan sering juga dijadikan makanan pengganjal perut.

Cara Membuat Cilok Kenyal Bumbu Kacang

caranya mudah loh, guys. Pertama kamu siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan cilok. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan membuat cilok

  1. Tepung tapioka sebanyak 250 gr.
  2. Tepung terigu sebanyak 5 sendok makan.
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung. Di haluskan ya.
  4. Irisan seledri secukupnya sesuai dengan selera.
  5. Terakhir air sebanyak 150 ml

Simak juga : Cara Membuat Rekening Tabungan Di Line Bank

2 Cara pembuatan cilok sederhana

  1. Siapkan wadah untuk membuat adonan. Setelah itu masukkan tepung tapioka, tepung terigu, irisan seledri, dan 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Kemudian masukkan air 150 ml. Lalu aduk rata semua bahan. Sesudah tercampur merata, mulailah membentuk bulat-bulat. Ukuran cilok tergantung selera kamu ya.
  2. Kemudian siapkan panci yang berisi air untuk merebus cilok-cilok yang sudah kamu buat. Masukkan cilok, lalu rebus sampai cilok-cilok tersebut mengapung. Sesudah itu, saring cilok-cilok yang mengapung dan tiriskan. Setelah itu taruh cilok-cilok tersebut ke dalam mangkok.

Setelah itu, membuat bumbu kacangnya ya. Pertama siapkan dulu bahan-bahan bumbu kacangnya ya.

Bahan Pembuatan Bumbu Kacang

  1. Selai kacang sebanyak 3 sendok makan.
  2. Air sebanyak 50 ml.
  3. Kecap manis dan bubuk cabai secukupnya.

Baca juga : Cara Cepat meningkatkan Kunjungan Website

Proses Pembuatan Bumbu Kacang

Setelah bahan bumbu kacang cilok sudah dipersiapkan. Mulailah membuat bumbu kacangnya. Caranya ; Masukkan selai kacang, air, kecap manis dan bubuk cabai ke wajan. Lalu masak hingga matang. Jika airnya kurang bisa ditambahkan sesuai selera.

Setelah bumbu kacangnya matang, lalu tuangkan bumbu kacang ke dalam mangkok yang berisi cilok. Tralalala cilok bumbu kacang siap disantap. Mudah sekali bukan.

Pembuatan cilok sederhana yang dijelaskan sangat mudah ya. Jika tidak mau dimakan dengan bumbu kacang. Kamu bisa menggantinya dengan saos sambal ataupun kecap manis. Atau bosan dengan cilok yang biasa-biasa? Coba membuat cilok gurilem, cilok istimewa atau cilok dengan bumbu kuah lainnya.

Bagaimana caranya?

Yuk simak panduan membuat cilok variasi lainnya di bawah ini.

Cara Membuat Cilok Bumbu Kuah Pedas

Untuk melakukannya pembuatan cilok bumbu kuah, siapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan cilok :

  1. Tepung tapioka atau sagu sebanyak 4 sendok makan.
  2. Tepung terigu sebanyak 3 sendok makan.
  3. Kaldu ayam sebanyak 1 bungkus kecil.

Bahan bumbu kuah :

  1. Cabai merah sebanyak 10 buah. Jika kebanyakan, bisa disesuaikan dengan selera kamu ya, guys.
  2. Cabai rawit sebanyak 5. Jika terlalu ngeri, bisa dikurangi sesuai selera juga ya, guys.
  3. Bawang putih sebanyak 2 siung.
  4. Bawang merah sebanyak 4 siung.
  5. Bumbu dasar seperti garam, merica dan gula secukupnya.

Bahan tambahan lainnya :

  1. Telur ayam sebanyak 1 butir. Jangan lupa dikocok dulu dalam mangkuk ya.
  2. Daun bawang sebanyak 1 batang tapi yang digunakan hanya tangkainya saja ya, guys. Jangan lupa diiris kecil-kecil.
  3. Gula pasir dengan takaran secukupnya.

Lihat juga : Cara Praktis Membuat Minuman Jahe Kekinian

Cara Pembuatan Cilok Bumbu Kuah Pedas

Setelah bahan cilok, bahan bumbu kuah pedas dan bahan tambahan lainnya disiapkan. Mulailah membuat cilok terlebih dahulu. Caranya:

  1. Siapkan baskom, lalu masukkan tepung tapioka dan tepung terigu. Aduk-aduk hingga rata. Setelah itu masukkan kaldu ayam. Lalu tuangkan air perlahan-lahan sambil aduk hingga kalis. Aduk terus sampai adona bisa dibentuk menjadi cilok.
  2. Sesudah itu siapkan panci beri air untuk merebus adonan yang telah dibentuk ukuran cilok. Air rebusan secukupnya saja ya. Rebus cilok yang sudah dibentuk. Masak hingga matang. Jika sudah mengapung, tandanya sudah matang. Angkat dan tiriskan. Air rebusan cilok jangan dibuang ya, guys. Nanti digunakan untuk kuah cilok.
  3. Setelah itu haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah dan kasih sedikit air. Lalu blender sampai halus. Atau bisa menggunakan ulekan jika tidak punya blender. Bumbu halus ini nanti digunakan untuk bumbu kuah cilok nanti ya, guys.
  4. Lalu siapkan wajan, masukkan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum. Lalu masukkan irisan daun bawang. Kemudian masukkan 1 butir yang telah dikocok tadi. Kemudian aduk semuanya hingga tercampur merata.
  5. Sesudah itu tumisan tadi dimasukkan ke dalam air rebusan cilok. Kemudian rebus. Beri bumbu secukupnya seperti garam, gula, merica atau kaldu. Rebus sampai mendidih ya.
  6. Setelah mendidih, matikan kompor. kemudian masukkan cilok yang sudah dibuat tadi. Aduk-aduk rata.
  7. Cilok bumbu kuah pedas buatan sendiri telah selesai, siap dihidangkan.

Mudah banget kan, guys. Itulah cara pembuatan cilok dengan bumbu kuah pedas sederhana ala buatan sendiri. Selanjutnya kita membahas pembuatan cilok istimewa lainnya ya. Penasaran kan? Yuk simak panduannya di bawah ini.

Baca juga : Cara Membuat KIP Kuliah Terbaru

Cara Membuat Cilok Kuah Goang

Cilok Goang atau cigo merupakan makanan khas dari Tasikmalaya. Rasanya enak dan menyegarkan. Kuahnya pedas inilah membuat setelah makan menjadi segar kembali. Ada semangat lagi. Lebay bgt ya. Oke, langsung saja ya. Pertama siapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan membuat cilok Goang :

  1. Tepung tapioka sebanyak 100 gr.
  2. Tepung terigu sebanyak 100 gr.
  3. Penyedap rasa sapi sebanyak 1 sendok teh.
  4. Bawang putih halus sebanyak 1 siung.
  5. Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya.
  6. Air panas sebanyak 200 ml.

Bahan membuat bumbu kuah cilok Goang :

  1. Daun bawang sebanyak 1 batang, diiris halus.
  2. Bawang putih sebanyak 3 siung. Diiris halus.
  3. Tulang tangkur sapi sebanyak 100 gr.
  4. Seledri dan bawang goreng jika dibutuhkan. Sesuaikan selera kamu ya.

Intip : Cara Membuat Masker Alami Dari Beras Di Rumah

Bahan membuat sambal Goang :

  1. Cabai rawit sebanyak 1-2 ruas.
  2. Cabai rawit sebanyak 10 buah.

Setelah bahan sudah disiapkan. Lanjut dengan cara membuat cilok Goang ya.

Cara Pembuatan Cilok Kuah Goang

  1. Siapkan baskom. Lalu masukkan tepung terigu, bawang putih, penyedap rasa sapi, garam, gula pasir, dan merica. Aduk merata semua bahan.
  2. Lalu tuang sedikit-sedikit air panas hingga adonan basah dan mengental.
  3. Kemudian masukkan tepung tapioka. Lalu uleni adonan sampai merata. Kemudian bentuk bulat kecil-kecil sesuai dengan ukuran cilok.
  4. Siapkan panci untuk merebus berisi air secukupnya. Masukkan cilok-cilok yang dibuat tadi ke dalam panci. Kemudian rebus hingga cilok-cilok mengapung. Angkat dan tiriskan.
  5. Setelah itu masukkan tangkur sapi ke dalam air rebusan cilok. Masukkan bahan kuah cilok Goang yang telang disiapkan. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Rebus hingga mendidih. Setelah itu diamkan.
  6. Sesudah itu haluskan bahan membuat sambal Goang. Yakni kencur dan cabai rawit. Tidak perlu halus banget ya, guys.
  7. Semua sudah selesai. Siapkan mangkok, masukkan cilok, kuah goang dan sambalnya. Taburkan bawang goreng dan seledri sesuai dengan selera. Abrakadabra, cilok Goang siap disantap.

Itulah tadi cara membuat cilok yang mudah bagi pemula. Sebenarnya masih banyak varian cilok yang perlu dibahas. Tetapi karena terlalu kepanjangan, nanti membuat pembaca mengantuk.

Mengintip : Cara Mudah Ini Bisa Menambah Tinggi Loh

Jenis-Jenis Cilok

Ada banyak jenis-jenis cilok yang lagi ngehits di zaman ini. Karena uniknya nama yang diberikan, inilah membuat menarik perhatian para penikmat kuliner. Berikut nama jenis-jenis kuliner yang lagi viral saat ini :

  1. Cilok isi
  2. Cilok beranak
  3. Cilok salju
  4. Cilok lada hitam
  5. Cilok bakar
  6. Cilok telur (cilor)
  7. Cilok bumbu rujak
  8. Cilok goreng
  9. dll

Kalau saya nanti mau membuat cilok dengan nama cilok meong-meong. Setiap yang makan pasti bersuara dengan nada meong-meong. Bagaimana dengan kamu, guys? Ada kepikiran membuat nama cilok sendiri?

Manfaat Cilok

Ternyata manfaat cilok itu ada, guys. Setahu saya, cilok hanya cemilan untuk mengganjal perut dan aktivitas menyenangkan saat ngobrol dengan teman-teman. Berikut fakta unik tentang manfaat cilok dari sumber yang saya baca :

  1. Melancarkan sistem pencernaan. Tepung tapioka yang digunakan dalam pembuatan cilok ternyata memiliki kandungan serat, selenium, zat besi, asam folat, kalsium, tembaga, protein, vitamin K dan vitamin B6. Kandungan seratnya yang berperan penting melancarkan percernaan, guys.
  2. Bagus untuk kesehatan tulang. Alasannya karena dalam tepung tapioka terkandung zat besi, vitamin K dan kalsium yang bagus untuk menyehatkan tulang. Selain itu, kandungan proteinnya juga bisa membantu memenuhi kebutuhan protein harian.
  3. Mencegah anemia. Adanya zat besi di dalam kandungan tepung tapioka, membuat kamu tidak mudah lemah dan lesu. Hingga jadi semangat loh, guys.
  4. Kandungan kalium dalam tepung tapioka bisa mengurangi stress dalam pembuluh darah.

Dampak Buruk Konsumsi Cilok Berlebihan

Yang namanya berlebihan selalu mengakibatkan yang tidak baik, guys. Sudah pasti, jika kamu makan cilok secara rutin malah berlebihan, akan menyebabkan berbagai kesehatan. Cilok merupakan makanan penghasil karbohidrat dan lemak.

Selain itu, cilok merupakan makanan rendah nutrisi. Menurut sumber yang saya baca, ada banyak gangguan kesehatan jika konsumsi cilok tidak semestinya alias berlebihan.

  1. Obesitas. Penumpukan karbohidrat dan lemak tanpa dibarengi kegiatan yang seimbang akan menyebabkan berat badan naik hingga obesitas.
  2. Diare. Penyakit ini biasanya terjadi karena terlalu berlebihan konsumsi dan bahan-bahan yang digunakan tidak higienis, tidak berkualitas atau tidak segar.
  3. Mual muntah.
  4. Sakit kepala.
  5. Keracunan.
  6. Kanker.

Baca juga : Trik Membuat Blog Penghasil Uang Otomatis

Bonus

Video Anak Lucu Lagi Marah

Kesimpulan

Cilok memang enak, guys. Namun jangan jadikan cemilan ini menjadi makanan pokok kamu ya. Walaupun kamu doyan banget dengan makanan khas ini, tapi jangan lupakan menjaga pola makan yang benar. Sekali-sekali boleh asal jangan keseringan.

Akan ada banyak masalah-masalah kesehatan yang mengganggu tubuh kamu jika konsumsi cilok secara berlebih dan rutin. Dan ini juga berlaku pada jenis makanan lainnya.

Okelah, guys. Sekian dulu artikel cara membuat cilok yang mudah bagi pemula ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman ya. Tetap berkunjung ke blog harga murah ini ya. Akan ada banyak artikel-artikel menarik dan bermanfaat dipublish setiap harinya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button