Makanan

Bakpia Pathok 25: Si Kecil Manis dari Yogyakarta!

Bakpia Pathok 25 adalah salah satu jenis bakpia yang paling terkenal dari Yogyakarta, Indonesia. Bakpia adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian yang bisa berupa kacang hijau, keju, cokelat, atau varian rasa lainnya. Nama “Pathok” berasal dari daerah Pathok di Yogyakarta, di mana bakpia ini pertama kali dibuat dan dipasarkan. Angka “25” merujuk pada nomor rumah produsen awal dari bakpia ini.

Toko Bakpia Pathok 25

Kapan Bakpia Pathok 25 Terkenal di Indonesia dan Luar Negeri?

Bakpia Pathok 25 mulai dikenal luas di Indonesia dan kemudian di luar negeri pada beberapa dekade terakhir, terutama sejak akhir 1980-an. Berikut adalah garis waktu penting dalam perjalanan popularitas Bakpia Pathok 25:

1980-an

  • Awal Berdiri: Bakpia Pathok 25 didirikan pada tahun 1981 oleh Tan Aris Nio. Pada awalnya, produk ini dikenal dengan nomor 38, merujuk pada nomor kios pertama mereka.
  • Rebranding: Pada tahun 1988, nama berubah menjadi Bakpia Pathok 25. Perubahan ini terjadi ketika mereka pindah ke lokasi baru di Jalan KS Tubun No. 25, Ngampilan, Yogyakarta.

1990-an

  • Peningkatan Popularitas: Pada dekade ini, Bakpia Pathok 25 mulai dikenal lebih luas di Indonesia. Wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta sering membeli bakpia ini sebagai oleh-oleh, membantu penyebaran popularitasnya ke berbagai daerah di Indonesia.

2000-an

  • Ekspansi Pasar: Popularitas Bakpia Pathok 25 semakin meningkat, dengan banyak wisatawan domestik yang terus membawa produk ini sebagai oleh-oleh ke berbagai daerah. Produk ini juga mulai dikenal di kalangan diaspora Indonesia di luar negeri, terutama melalui promosi dari mulut ke mulut dan oleh-oleh yang dibawa oleh para pelancong.
  • Media dan Promosi: Pada periode ini, berbagai media, baik cetak maupun elektronik, mulai meliput dan mereview Bakpia Pathok 25, menambah popularitasnya.

2010-an hingga Sekarang

  • E-Commerce dan Pengiriman Internasional: Dengan berkembangnya e-commerce, Bakpia Pathok 25 mulai dijual melalui platform online, memungkinkan pembelian dari luar Yogyakarta dan bahkan dari luar negeri.
  • Pengakuan Internasional: Meskipun Bakpia Pathok 25 lebih dikenal di kalangan komunitas Indonesia di luar negeri, beberapa wisatawan internasional yang berkunjung ke Yogyakarta mulai mengenal dan membawa produk ini ke negara mereka, membantu memperluas jangkauan pasar internasional.

Rasa

Varian Rasa Bakpia Pathok 25

Bakpia Pathok 25 memang memiliki rasa yang manis, tetapi tingkat kemanisannya bisa bervariasi tergantung pada varian rasa yang dipilih. Berikut adalah beberapa varian rasa dan tingkat kemanisannya:

1. Kacang Hijau

  • Rasa: Manis yang lembut dan tidak terlalu dominan.
  • Ciri Khas: Isian kacang hijau yang dihaluskan memberikan rasa manis alami dan tekstur yang halus.

2. Keju

  • Rasa: Manis dengan sedikit gurih dari keju.
  • Ciri Khas: Perpaduan rasa manis dan asin yang seimbang, memberikan sensasi rasa yang unik.

3. Cokelat

  • Rasa: Manis dan kaya dengan rasa cokelat.
  • Ciri Khas: Isian cokelat yang manis dan sedikit pahit, cocok bagi pecinta cokelat.

4. Kacang Merah

  • Rasa: Manis sedang dengan rasa kacang merah yang khas.
  • Ciri Khas: Tekstur isian yang sedikit kasar dengan rasa manis yang alami.

5. Durian

  • Rasa: Manis dan khas dengan aroma durian yang kuat.
  • Ciri Khas: Isian durian memberikan rasa manis yang tajam dan aroma yang khas, cocok bagi pecinta durian.

Varian Rasa Lainnya

  • Pandan
  • Taro (Talas)
  • Green Tea (Teh Hijau)
  • Cappuccino
  • Blueberry
  • Strawberry
  • Black Sesame (Wijen Hitam)
  • Original (Tanpa Isian)

Secara umum, Bakpia Pathok 25 dikenal memiliki tingkat kemanisan yang seimbang dan tidak berlebihan. Kemanisan ini dirancang agar tetap nyaman dinikmati dalam jumlah yang cukup banyak tanpa membuat enek.

Cara Menikmati Bakpia Pathok 25

Menikmati Bakpia Pathok 25

Menikmati Bakpia Pathok 25 dengan benar dapat meningkatkan pengalaman rasa dan kepuasan Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk menikmatinya:

1. Sajikan dengan Minuman Hangat

Bakpia Pathok 25 sangat cocok dinikmati bersama dengan minuman hangat seperti teh atau kopi. Rasa manis dan lembut dari bakpia akan berpadu dengan baik dengan kehangatan minuman, menciptakan keseimbangan rasa yang menyenangkan.

2. Nikmati dalam Keadaan Segar

Bakpia Pathok 25 paling enak dinikmati dalam keadaan segar. Jika Anda baru membelinya, cobalah untuk segera menikmatinya agar tekstur dan rasa isian tetap optimal.

3. Variasikan Isian

Bakpia Pathok 25 hadir dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan kacang merah. Cobalah variasi isian yang berbeda untuk menemukan favorit Anda dan mendapatkan pengalaman rasa yang berbeda setiap kali menikmati bakpia.

4. Sajikan dengan Pendamping

Anda bisa menyajikan bakpia bersama dengan camilan lainnya seperti keripik atau buah-buahan segar untuk variasi rasa dan tekstur. Ini juga bisa membuat waktu bersantai Anda lebih menyenangkan.

5. Simpan dengan Benar

Jika tidak habis dalam sekali makan, simpan bakpia dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk agar tetap segar. Hindari menyimpan di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung.

6. Bagikan dengan Keluarga dan Teman

Bakpia Pathok 25 adalah oleh-oleh yang ideal untuk dibagikan. Menikmatinya bersama keluarga dan teman dapat menambah kebahagiaan dan kehangatan dalam kebersamaan.

Harga Bakpia Pathok 25

Shopee Bakpia Pathok 25

Harga Bakpia Pathok 25 bervariasi tergantung pada varian dan jumlah isiannya. Berikut ini adalah perkiraan harga untuk beberapa varian Bakpia Pathok 25 yang tersedia di pasaran:

  1. Bakpia Pathok 25 Biasa (15 pcs): sekitar Rp35.000.
  2. Bakpia Pathok 25 Premium (15 pcs): sekitar Rp55.000.

Harga tersebut dapat bervariasi sedikit tergantung pada toko atau platform e-commerce tempat Anda membeli. Beberapa toko online seperti Tokopedia dan Shopee juga menyediakan berbagai promosi dan diskon yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga lebih murah.

Bakpia Pathok 25 Premium

Bakpia Pathok 25 Premium adalah varian khusus dari Bakpia Pathok 25 yang menawarkan kualitas dan rasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan varian biasa. Berikut adalah beberapa ciri khas dan keunggulan dari Bakpia Pathok 25 Premium:

Ciri Khas Bakpia Pathok 25 Premium

  1. Bahan Baku Berkualitas Tinggi: Menggunakan bahan-bahan premium seperti kacang hijau pilihan, keju berkualitas tinggi, cokelat dengan kadar kakao yang lebih tinggi, dan bahan-bahan lainnya yang terpilih untuk memberikan rasa yang lebih enak dan tekstur yang lebih baik.
  2. Tekstur yang Lebih Lembut dan Halus: Kulit luar bakpia premium biasanya lebih halus dan lembut dibandingkan dengan varian biasa. Ini memberikan sensasi makan yang lebih nyaman dan menyenangkan.
  3. Rasa yang Lebih Kaya: Isian bakpia premium cenderung lebih kaya rasa. Misalnya, rasa cokelatnya lebih intens, rasa kejunya lebih gurih, dan rasa kacang hijaunya lebih autentik.
  4. Kemasan Eksklusif: Bakpia Pathok 25 Premium sering kali dikemas dalam kotak yang lebih eksklusif dan menarik. Kemasan ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga sebagai daya tarik bagi konsumen yang ingin memberikan bakpia ini sebagai oleh-oleh atau hadiah.

Varian Rasa

Bakpia Pathok 25 Premium biasanya tersedia dalam berbagai varian rasa, termasuk:

  • Kacang Hijau
  • Keju
  • Cokelat
  • Kacang Merah
  • Rasa-rasa lainnya yang mungkin eksklusif hanya untuk varian premium.

Keunggulan

  • Rasa dan Kualitas: Lebih unggul dalam rasa dan kualitas dibandingkan dengan varian biasa.
  • Pengalaman Makan yang Lebih Baik: Tekstur dan rasa yang lebih kaya memberikan pengalaman makan yang lebih memuaskan.
  • Cocok untuk Hadiah: Kemasan eksklusif membuatnya ideal sebagai oleh-oleh atau hadiah untuk teman dan keluarga.

Bakpia Pathok 25 Premium adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari bakpia dengan kualitas terbaik dan ingin menikmati rasa yang lebih kaya dan tekstur yang lebih lembut.

Apakah Bakpia Pathok 25 Enak?

Bakpia Pathok 25 Enak

Banyak orang menganggap Bakpia Pathok 25 enak dan lezat. Beberapa alasan mengapa Bakpia Pathok 25 dianggap enak oleh banyak orang adalah:

  1. Kualitas Bahan: Bakpia Pathok 25 menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, baik untuk kulit bakpia maupun isiannya. Ini memastikan rasa yang autentik dan lezat.
  2. Tekstur Lembut: Kulit bakpia yang tipis dan lembut menjadi salah satu ciri khas Bakpia Pathok 25. Ini memberikan sensasi makan yang menyenangkan.
  3. Beragam Varian Rasa: Bakpia Pathok 25 menawarkan berbagai macam isian seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan kacang merah, sehingga setiap orang dapat menemukan rasa yang mereka sukai.
  4. Kesegaran: Produk ini sering disajikan dalam keadaan segar, terutama jika dibeli langsung dari toko atau outlet resminya. Kesegaran bakpia sangat mempengaruhi kenikmatannya.
  5. Reputasi dan Pengalaman: Bakpia Pathok 25 memiliki reputasi yang baik dan telah lama beroperasi, sehingga memiliki banyak pengalaman dalam membuat bakpia yang enak.

Banyak wisatawan dan penduduk lokal yang memberikan ulasan positif tentang Bakpia Pathok 25, menyebutkan bahwa rasanya yang enak dan kualitas yang konsisten membuatnya menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Yogyakarta.

Adakah Toko Cabang Bakpia Pathok 25 di Luar kota Yogyakarta?

Sayangnya, belum ada. Toko-toko cabang dan outlet resmi Bakpia Pathok 25 umumnya berada di wilayah Yogyakarta, termasuk di daerah Ngampilan, Gondomanan, dan Sleman.

Namun, Anda masih bisa membeli Bakpia Pathok 25 melalui berbagai platform e-commerce terpercaya yang menyediakan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia, seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Pastikan Anda membeli dari toko resmi atau penjual dengan reputasi baik untuk mendapatkan produk yang asli.

Perbedaan Bakpia Pathok 25 Asli dan Palsu

Membedakan Bakpia Pathok 25 asli dengan yang palsu penting untuk memastikan kualitas dan rasa yang diharapkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membedakannya:

1. Kemasan Resmi

  • Desain Kemasan: Bakpia Pathok 25 asli biasanya memiliki kemasan yang rapi dengan desain yang konsisten dan mencantumkan informasi yang jelas tentang produk, termasuk logo resmi, alamat produsen, dan informasi tanggal kadaluarsa.
  • Segel Keamanan: Pastikan kemasan memiliki segel keamanan atau hologram khusus yang menunjukkan keaslian produk.

2. Tempat Pembelian

  • Toko Resmi: Beli dari toko resmi atau outlet yang dikenal menjual Bakpia Pathok 25 asli. Beberapa lokasi resmi di Yogyakarta termasuk pabrik dan outlet-outlet terdaftar.
  • Platform Terpercaya: Jika membeli online, gunakan platform e-commerce terpercaya dan pastikan penjual memiliki ulasan positif serta reputasi baik.

3. Harga

  • Harga Resmi: Harga Bakpia Pathok 25 asli biasanya konsisten di berbagai tempat resmi. Harga yang terlalu murah bisa menjadi indikasi produk palsu.
  • Periksa Diskon: Jika ada diskon besar-besaran, pastikan bahwa diskon tersebut diberikan oleh toko resmi atau selama periode promosi tertentu.

4. Kualitas Produk

  • Rasa dan Tekstur: Bakpia Pathok 25 asli memiliki rasa yang khas, tekstur yang lembut, dan isian yang tidak keras. Produk palsu mungkin memiliki rasa yang berbeda atau tekstur yang tidak konsisten.
  • Aroma: Aroma dari bakpia asli cenderung lebih harum dan menggugah selera.

5. Label dan Informasi Produk

  • Label Produk: Pastikan label produk mencantumkan informasi lengkap seperti komposisi, tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa.
  • Informasi Produsen: Periksa apakah nama dan alamat produsen tercantum dengan jelas pada kemasan.

6. Testimoni dan Ulasan

  • Ulasan Konsumen: Membaca ulasan dan testimoni dari konsumen lain dapat membantu memastikan keaslian produk. Biasanya, produk asli akan memiliki banyak ulasan positif.

Contoh Outlet Resmi:

  • Pabrik Jaya: Sanggrahan Pathuk NG I/504, Ngampilan, Kota Yogyakarta
  • Ongko Joyo: Jl. AIPDA II KS Tubun No. 65, Ngampilan, Kota Yogyakarta
  • Pathok Jaya: Jl. AIPDA II KS Tubun No. 12-14, Ngampilan, Kota Yogyakarta

Mengikuti langkah-langkah di atas akan membantu Anda memastikan bahwa Anda membeli Bakpia Pathok 25 yang asli dan berkualitas.

Apa Perbedaan Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kurnia Sari?

Bakpia Kurnia Sari

Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kurnia Sari adalah dua merek bakpia yang terkenal dari Yogyakarta. Keduanya memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya:

1. Sejarah dan Latar Belakang

  • Bakpia Pathok 25: Berdiri pada tahun 1981 oleh Tan Aris Nio dan awalnya dikenal dengan nomor 38 sebelum berubah menjadi 25 pada tahun 1988. Merek ini menjadi salah satu pelopor bakpia di Yogyakarta.
  • Bakpia Kurnia Sari: Merek yang lebih baru dibandingkan Bakpia Pathok 25, namun juga telah mendapatkan reputasi baik di kalangan penggemar bakpia.

2. Lokasi dan Distribusi

  • Bakpia Pathok 25: Dikenal memiliki beberapa outlet resmi di Yogyakarta, termasuk di daerah Ngampilan dan Gondomanan. Produk ini juga tersedia di berbagai platform e-commerce.
  • Bakpia Kurnia Sari: Juga memiliki beberapa outlet di Yogyakarta dan dikenal luas di kalangan wisatawan serta tersedia di platform e-commerce.

3. Varian Rasa dan Inovasi

  • Bakpia Pathok 25: Menawarkan varian klasik seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan kacang merah. Fokus pada mempertahankan resep tradisional dengan kualitas yang konsisten.
  • Bakpia Kurnia Sari: Dikenal untuk varian rasa yang lebih inovatif dan beragam, termasuk rasa-rasa modern seperti durian, green tea, dan lainnya, selain varian klasik.

4. Tekstur dan Kualitas

  • Bakpia Pathok 25: Dikenal dengan tekstur kulit yang tipis dan lembut, serta isian yang padat dan tidak terlalu manis. Memiliki cita rasa yang autentik dan tradisional.
  • Bakpia Kurnia Sari: Tekstur kulit yang juga lembut, namun kadang-kadang sedikit lebih tebal dibandingkan Bakpia Pathok 25. Varian isiannya seringkali lebih eksperimental dalam rasa.

5. Kemasan

  • Bakpia Pathok 25: Menggunakan kemasan yang sederhana namun informatif, mencantumkan informasi produk yang jelas termasuk tanggal kadaluarsa dan komposisi.
  • Bakpia Kurnia Sari: Kemasan yang lebih modern dan menarik, seringkali dengan desain yang lebih berwarna dan mencolok.

6. Harga

  • Bakpia Pathok 25: Harga bervariasi tergantung varian, namun secara umum cukup terjangkau untuk semua kalangan.
  • Bakpia Kurnia Sari: Sedikit lebih mahal dibandingkan Bakpia Pathok 25, terutama untuk varian rasa yang lebih inovatif.

7. Reputasi dan Popularitas

  • Bakpia Pathok 25: Memiliki reputasi panjang dan menjadi salah satu bakpia paling ikonik di Yogyakarta.
  • Bakpia Kurnia Sari: Mendapat popularitas yang cepat karena inovasi rasa dan kualitas yang tetap terjaga.

Kedua merek bakpia ini menawarkan pengalaman yang berbeda, sehingga pilihan terbaik tergantung pada preferensi pribadi terhadap rasa, tekstur, dan inovasi yang diinginkan.

Apa Perbedaan Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kukus Toga Jogja?

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kukus Toga Jogja adalah dua jenis bakpia yang terkenal di Yogyakarta, namun mereka memiliki beberapa perbedaan mendasar dalam hal metode pembuatan, tekstur, rasa, dan penyajian. Berikut adalah perbedaan utama antara Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kukus Toga Jogja:

1. Metode Pembuatan

  • Bakpia Pathok 25: Dibuat dengan cara dipanggang. Proses ini memberikan bakpia tekstur yang kering di luar namun lembut di dalam.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Dibuat dengan cara dikukus. Proses pengukusan ini menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan moist dibandingkan dengan bakpia panggang.

2. Tekstur

  • Bakpia Pathok 25: Kulit luar yang tipis dan agak kering, dengan isian yang padat. Tekstur kulitnya lebih renyah dibandingkan dengan bakpia kukus.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Kulit dan isiannya sama-sama lembut dan empuk. Teksturnya lebih kenyal dan lembap karena metode pengukusan.

3. Rasa

  • Bakpia Pathok 25: Memiliki rasa yang lebih tradisional dengan varian seperti kacang hijau, keju, cokelat, dan kacang merah. Rasanya cenderung manis namun tidak terlalu dominan.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Cenderung memiliki rasa yang lebih ringan dan lembut, dengan varian rasa yang lebih inovatif seperti green tea, taro, dan lain-lain. Rasa manisnya juga lebih seimbang karena teksturnya yang moist.

4. Penyajian

  • Bakpia Pathok 25: Biasanya disajikan dalam kemasan kotak dan dapat bertahan cukup lama jika disimpan dengan baik.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Karena dikukus, biasanya lebih baik dikonsumsi segera untuk menjaga tekstur dan rasa yang optimal. Meskipun demikian, juga disajikan dalam kemasan kotak.

5. Penampilan

  • Bakpia Pathok 25: Penampilan luar lebih kering dan berwarna kecoklatan karena dipanggang.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Penampilannya lebih lembut dan sering kali lebih cerah karena proses pengukusan.

6. Kualitas dan Inovasi

  • Bakpia Pathok 25: Menekankan pada kualitas bahan dan resep tradisional yang telah teruji waktu. Fokus pada rasa dan tekstur yang autentik.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Menawarkan inovasi dalam varian rasa dan tekstur, memberikan pilihan yang lebih modern dan unik bagi konsumen.

7. Harga

  • Bakpia Pathok 25: Harga bervariasi tergantung pada varian dan jumlah isi dalam kemasan, namun umumnya terjangkau.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Bisa sedikit lebih mahal terutama untuk varian rasa yang lebih unik dan modern.

8. Popularitas dan Distribusi

  • Bakpia Pathok 25: Sudah lama dikenal dan menjadi salah satu ikon bakpia di Yogyakarta dengan banyak outlet resmi dan distribusi yang luas.
  • Bakpia Kukus Toga Jogja: Meskipun lebih baru, telah mendapatkan popularitas karena keunikan dan inovasi rasanya. Distribusinya juga mulai meluas melalui berbagai platform e-commerce.

Memilih antara Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kukus Toga Jogja tergantung pada preferensi pribadi Anda terhadap tekstur, rasa, dan metode pembuatan bakpia.

Resep Bakpia untuk Dilakukan Di Rumah

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat bakpia di rumah, dengan isian kacang hijau yang merupakan salah satu varian klasik:

Bahan-bahan

Kulit Bakpia:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram gula halus
  • 100 ml minyak sayur
  • 100 ml air matang
  • Sejumput garam

Isian Kacang Hijau:

  • 200 gram kacang hijau kupas
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml santan kental
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili

Langkah-langkah

Persiapan Isian Kacang Hijau:

  1. Rendam Kacang Hijau: Rendam kacang hijau kupas dalam air selama 2-3 jam atau hingga mengembang.
  2. Rebus Kacang Hijau: Tiriskan dan rebus kacang hijau hingga empuk. Tiriskan kembali.
  3. Haluskan: Haluskan kacang hijau yang sudah direbus menggunakan blender atau food processor.
  4. Masak Isian: Masukkan kacang hijau halus ke dalam wajan, tambahkan gula pasir, santan, garam, dan vanili. Masak sambil diaduk hingga adonan kental dan bisa dipulung. Angkat dan dinginkan.

Membuat Kulit Bakpia:

  1. Campurkan Bahan Kering: Dalam wadah, campurkan tepung terigu, gula halus, dan garam.
  2. Tambahkan Minyak dan Air: Tambahkan minyak sayur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Diamkan: Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.

Pembentukan dan Pemanggangan:

  1. Bagi Adonan: Bagi adonan kulit menjadi bulatan kecil-kecil, sekitar 15-20 gram per bulatan.
  2. Isi Adonan: Ambil satu bulatan adonan kulit, pipihkan dan isi dengan isian kacang hijau. Tutup rapat dan bulatkan kembali.
  3. Panaskan Oven: Panaskan oven hingga suhu 180°C.
  4. Panggang Bakpia: Susun bakpia di atas loyang yang sudah diolesi sedikit minyak atau dialasi kertas roti. Panggang selama 15-20 menit atau hingga kulit bakpia berubah warna menjadi kuning kecokelatan.

Tips:

  • Pengisian: Pastikan isian tidak terlalu penuh agar kulit bakpia tidak pecah saat dipanggang.
  • Pengolesan: Jika ingin hasil kulit yang lebih mengkilap, sebelum dipanggang, olesi permukaan bakpia dengan sedikit kuning telur yang sudah dikocok.

Penyajian:

  • Biarkan bakpia dingin sejenak sebelum disajikan. Bakpia ini cocok dinikmati sebagai camilan bersama teh atau kopi.

Selamat mencoba membuat bakpia di rumah!

2 Comments

Leave a Reply and Create a Backlink

Back to top button

Discover more from Free Money

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading