Blog

30 Tempat Wisata Murah di Bandung

30 Tempat Wisata Murah di Bandung. Bandung sudah menjadi pusat wisata banyak masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia. Bandung memiliki kekayaan alam yang menarik untuk dikunjungi dan didokumentasikan.

30 Tempat Wisata Murah di Bandung

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi kota Bandung “lautan api” ini, sebaiknya Anda mencari tahu info mengenai wisata apa saja yang menarik dan memiliki harga yang terjangkau.

1. Sendang Geulis Kahuripan

Lokasi: Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Objek wisata yang pertama di Bandung yaitu Sendang Geulis Kahuripan yang merupakan sumber mata air yang berlokasi di pelosok kabupaten Bandung Barat.

Mata air yang ada di Sendang Geulis Kahuripan merupakan air bersih dan jernih yang terus mengalir setiap waktunya. Masyarakat setempat seringkali menggunakannya untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Sendang Geulis Kahuripan diartikan sebagai danau di tengah pegunungan yang memberikan kehidupan, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat setempat yang memanfaatkan kejernihan airnya untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Kelebihan

Daya tarik utama dari objek wisata Sendang Geulis Kahuripan terletak pada pemandangan alamnya yang indah sehingga bisa digunakan sebagai spot foto dan juga airnya yang jernih sehingga bisa langsung diminum.

Air yang jernih seringkali dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berenang dan berfoto di dalam air.

Selain itu, pengunjung tidak perlu kebingungan untuk mencari tempat makan karena sekitar lokasi juga terdapat warung yang menyajikan berbagai menu makanan bagi para pengunjung yang lapar.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk untuk bisa menikmati pemandangan alam di Sendang Geulis Kahuripan ini yaitu sebesar Rp 10.000 dan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor.

2. Sanghyang Heuleut

Lokasi: Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut

Objek wisata murah Bandung selanjutnya yaitu Sanghyang Heuleut yang merupakan sebuah danau yang berwarna hijau, sehingga mengundang para wisatawan untuk mendokumentasikan pemandangan di lokasi ini.

Kelebihan

Objek wisata Sanghyang Heuleut ini memiliki daya tarik airnya yang hijau dan jernih sehingga bisa Anda jadikan spot foto dan juga berenang sekaligus.

Danau Sanghyang Heuleut merupakan danau yang terbentuk dari hasil letusan Gunung Api Purba dengan aliran air yang berasal dari aliran sungai Citarum purba.

Anda juga dapat menikmati fasilitas terjun ke dalam danau purba ini. Anda tidak pelu khawatir dengan keamanannya, karena fasilitas ini telah dilengkapi dengan alat pengaman yang lengkap.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke wisata Sanghyang Heuleut ini yaitu sebesar Rp 10.000.

3. Upside Down World

Lokasi: Jalan H. Wasid No. 31 (Dipatiukur), Desa Lebakgede, Kecamatan Coblong.

Destinasi wisata Bandung yang selanjutnya yaitu Upside Down World. Objek wisata ini merupakan wisata kekinian yang menyasar kaum milenial.

Kelebihan

Wisata yang satu ini menawarkan kelebihan dari segi konsepnya yang unik yaitu pengunjung dapat melakukan foto dengan pemandangan yang terbalik sesuai dengan namanya yaitu upside down.

Upside Down World menawarkan berbagai pilihan background untuk berfoto seperti ruang keluarga, dapur, ruang tamu, kamar mandi, kamar tidur anak, ruang santai, dan sebagainya.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke wisata Upside Down World ini yaitu sebesar Rp 50.000 untuk anak-anak (tinggi kurang dari 12 cm) dan Rp 100.000 untuk orang dewasa.

4. Amazing Art World

Lokasi: Jl. Dr. Setiabudi No. 293-295, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Amazing Art World adalah objek wisata Bandung yang menawarkan berbagai karya lukisan 3D yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto oleh para wisatawan.

Kelebihan

Kelebihan dari Amazing Art World yaitu menyajikan dua pilihan fasilitas untuk berfoto yaitu Spot Indoor dan Spot Outdoor dengan total luas wilayah wisata sebesar 15.500 meter persegi.

Spot Indoor

Spot Indoor merupakan fasilitas untuk para pengunjung berfoto dengan berbagai lukisan yang terletak di dalam ruangan. Tema-tema lukisan 3D yang ditawarkan di bagian dalam ruangan ini seperti berikut:

  • Animal Zone: lukisan bertema hewan-hewan
  • Saurus Zone: luksian bertema dinosaurus
  • Kingdom Zone: lukisan bertema kerajaan Mesir kuno, Yunani, dan Romawi
  • Aqua Zone: lukisan bertema kehidupan bawah laut
  • Fantasy Zone: lukisan bertema istana fantasi

Spot Outdoor

Spot Outdoor menawarkan berbagai lukisan untuk dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk mengabadikan foto untuk dipajang di medsos seperti Instagram dengan suasana outdoor atau di luar ruangan.

Harga tiket masuk

Pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 55.000/orang pada hari biasa dan Rp 75.000/orang pada hari libur untuk bisa masuk ke dalam wisata ini.

5. Dusun Bambu

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi Km 11 Kartawangi Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata Bandung yang berikutnya yaitu Dusun Bambu yang merupakan wisata alam dengan suasana tradisi budaya Sunda yang terbentang seluas 15 hektar di kaki gunung Burangrang.

Dusun Bambu ini sebelumnya merupakan lahan yang tidak terurus yang telah ditinggalkan dengan kondisi tidak tekelola sama sekali, namun pada tahun 2008 lahan ini dikelola untuk menjadi area konservasi bambu.

Kelebihan

Dusun Bambu menawarkan pemandangan alam yang indah kepada para pengunjung. Pemandangan alam seperti topografi yang sedikit berbukit menjadikan para pesepeda dan pendaki sering mengunjungi lokasi ini.

Selain itu, lahan pertanian yang menerapkan konsep terasering atau sengkedan dengan danau dan sungai yang kecil memberikan karakter tersendiri untuk kawasan Dusun Bambu ini.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pengunjung yaitu outdoor camping yang terbuat dari rumah dengan gaya tradisional khas masyarakat setempat. Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas outdoor yang telah disediakan di sekitar lokasi camping.

Pengunjung yang ingin bermalam di Dusun Bambu dapat menggunakan fasilitas The Kampung Layung Villas yang merupakan akomodasi yang disediakan oleh Dusun Bambu dengan kenyamanan dan keamanan yang baik.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke Dusun Bambu yaitu sebesar Rp 15.000.

6. Tebing Citatah

Lokasi: Desa Citatah, Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Tebing Citatah adalah objek wisata alam murah Bandung berikutnya. Sesuai namanya, wisata yang satu ini menawarkan aktivitas panjang tebing bagi para pendaki tebing dengan pemandangan alamnya yang indah.

Kelebihan

Kelebihan dari tempat wisata Tebing Citatah yaitu terletak pada spot foto yang berupa pemandangan alam yang indah, sehingga sangat instagrammable untuk para pengunjung yang ingin mengabadikan fotonya dengan suasana pemandangan tebing.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke wisata Tebing Citatah yaitu Rp 5.000/orang. Jika Anda ingin mendapatkan fasilitas lebih seperti foto prewedding dan lain-lain maka ada tambahan biaya sebesar:

  • Rp 30.000/orang untuk berkemah selama 2 hari
  • Rp 40.000/orang untuk camping selama 1 hari
  • Rp 60.000/orang untuk foto pre-wedding selama 8 jam
  • Rp 60.000 untuk reuni selama 24 jam
  • Rp 500.000 untuk syuting video klip selama 1 hari

7. Curug Bugbrug

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua

Wisata murah asal Bandung yang selanjutnya yaitu Curug Brugbrug yang merupakan wisata air terjun dengan ketinggian 50 meter dan lebar 2 meter.

Nama “bugbrug” sendiri berasal dari artinya yaitu suara yang terdengar seperti “brug…brug…brug” dari air terjun yang jatuh dengan suara yang cukup keras.

Kelebihan

Daya tarik yang menjadi kelebihan dari Curug Bugbrug yaitu banyaknya pilihan objek air terjun yang ada di lokasi tersebut dengan pemandangan yang indah dan cocok untuk diabadikan dengan kamera.

Pengunjung juga dapat menginap di Villa Istana Bunga dan Ciwangun Indah Camp yang merupakan penginapan terdekat di wilayah ini.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk Curug Bugbrug yaitu sebesar Rp 7.500 dengan biaya parkir motor sebesar Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

8. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

Lokasi: Kampung Pagermaneuh, RT. 03/07, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata murah Bandung berikutnya adalah lereng Anteng Panoramic Coffee Place yang merupakan tempat wisata modern yang cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong dan makan oleh para pengunjung khususnya kaum milenial.

Kelebihan

Kelebihan dari wisata cafe yang satu ini yaitu pemandangannya yang indah karena terletak di daerah lereng perbukitan dengan terasering perbukitan yang instagrammable.

Cafe ini juga dilengkapi dengan fasilitas golf yang memiliki 9 hole dan juga kursi gantung untuk spot berfoto.

Kelebihan lainnya dari cafe ini yaitu gaya tata ruangnya yang menggunakan konsep outdoor dengan tenda-tenda transparan bening untuk tempat berteduh ketika hujan turun ataupun panas matahari terlalu terik.

Harga wisata

Pengunjung tidak dikenakan tarif biaya masuk sama sekali, namun untuk pengunjung yang ingin menikmati fasilitas cafe seperti golf akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk biaya memasuki lapangan golf dan Rp 25.000 untuk bermain golf.

9. Gedung Sate

Lokasi: Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Objek wisata murah di Bandung selanjutnya yaitu Gedung Sate yang merupakan gedung dengan bentuk menara yang menyerupai tusuk sate.

Gedung ini dulunya dinamai Gouvernements Bedrijven yang didirikan pada tahun 1920 pada masa pemerintahan Belanda.

Kelebihan

Kelebihan dari objek wisata Gedung Sate ini yaitu peninggalan sejarah yang dimiliki sejak zaman Belanda. Gedung ini merupakan hasil perpaduan arsitektur nusantara dan Eropa, sehingga memiliki jendela yang berukuran besar dan menjulang tinggi.

Gedung Sate juga memiliki pemandangan yang indah yaitu menghadap ke arah Gunung Tangkuban Perahu, sehingga pengunjung dapat memanfaatkannya untuk berfoto.

Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat bentuk perahu terbalik dari Gunung Tangkuban Perahu.

Harga tiket masuk

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, karena biaya untuk masuk ke Gedung Sate gratis.

10. Masjid Pusdai

Lokasi: Jalan Diponegoro No.63

Objek wisata selanjutnya yaitu tempat ibadat berupa masjid yang telah berdiri sejak tahun 1991.

Bangunan Masjid Pusdai memadukan gaya bangunan Timur Tengah dan dirancang oleh seorang guru besar arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB), Wirasonjaya.

Kelebihan

Kelebihan dari objek wisata Masjid Pusdai ini terletak pada keindahan pemandangan bangunan gedung masjid yang memiliki struktur bangunan yang unik.

Susunan langit-langit gedung berbentuk diagonal dengan tiang-tiang penyangga yang tersusun secara zig-zag yang tidak menyatu ke bagian atas menjadikan keunikan tersendiri dari masjid ini.

Pada bagian dalam masjid terdapat lampu-lampu bergaya tradisional yang menarik untuk diabadikan menjadi sebuah foto oleh para pengunjung. Masjid Pusdai juga memasukkan unsur lokal Sunda pada corak ukiran dekoratifnya yang berbentuk bunga teh, patra kumala, hingga melati.

Menara Masjid Pusdai memiliki bentuk kotak dan lurus dan minim hiasan. Masjid juga memiliki plaza dan selasar yang digunakan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai kegiatan seperti konser, bazar, hingga latihan manasik haji.

Harga tiket masuk

Pengunjugn tidak perlu membayar untuk masuk ke Masjid Pusdai ini karena tidak ada biaya masuk sama sekali.

11. Babakan Siliwangi

Lokasi: Jl. Tamansari No.90, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Babakan Siliwangi adalah sebuah ruang terbuka hijau atau disingkat juga RTH yang menjadi ciri khas kota Bandung Utara.

Kawasan Babakan Siliwangi memiliki luas sekitar 3,8 hektar dan para pengunjung dapat menyaksikan beraneka satwa di sekitarnya.

Kelebihan

Babakan Siliwangi ini memiliki keunikan dari segi pemandangan alamnya yang indah sehingga dapat dimanfaatkan untuk berfoto oleh para pengunjung.

Pemandangan alam yang dapat dinikmati oleh para pengunjung meliputi lembah dengan aliran sungai di sekelilingnya.

Fasilitas lain dari wisata ini yaitu taman botani yang bernama Tamansari yang terletak di area selatan Lebak Gede, Kebun Binatang Bandung (Bandung Zoo), dan Area Lebak Gede, Cihampelas Walk, taman bunga, serta kolam ikan.

Harga tiket masuk

Pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali untuk masuk ke tempat wisata ini karena gratis.

12. Taman Film

Lokasi: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Taman Film merupakan wisata di kota Bandung yang tidak memungut biaya sama sekali untuk para pengunjungnya karena gratis.

Kelebihan

Daya tarik dari Taman Film ini yaitu menawarkan fasilitas menonton film dengan layar berukuran 4×8 kepada para pengunjung.

Pilihan film yang diputar di Taman Film antara lain adalah Film Indonesia, Bollywood, Korea, dan Indie Bandung.

Taman Film juga melengkapi area lesehan yang terbuat dari rumput sintetis untuk para pengunjung yang ingin menonton sambil lesehan.

Taman Film memiliki luas sebesar 1300 meter persegi yang bisa menampung orang hingga 500 jumlahnya. Pada malam hari, Taman Film dihiasi dengan lampu-lampu neon berwarna-warni yang memberikan kesan romantis. Fasilitas lain dari Taman Film yaitu Wifi gratis dan juga MCK untuk para pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga dapat memanfaatkan Taman Film untuk berfoto karena pemandangan kota Bandung yang menawan dari atas ketinggian dengan pesona langit senja.

13. Perkebunan Teh Malabar

Lokasi: QJF4+22G, Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

Bagi Anda yang senang berwisata ke perkebunan teh, Perkebunan Teh Malabar merupakan destinasi yang cocok.

Perkebunan teh yang telah ada sejak tahun 1896 ini memiliki luas sebesar 2.022 hektar dan berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Bandung.

Kelebihan

Kelebihan yang ditawarkan oleh Perkebunan Teh Malabar ini yaitu pemandangan alamnya yang indah serta udara perkebunan yang sejuk.

Perkebunan Teh Malabar juga memiliki fasilitas wisata lainnya seperti Makam Karel Rudolf Bosscha Museum dan Wisma Karel Rudolf Bocccha.

Pengunjung juga dapat menginap di Villa Bosscha dengan beberapa varian villa:

  • Villa kayu: Rp 750.000/malam saat weekday dan Rp 1.000.000/malam saat weekend
  • Guest house: Rp 450.000-Rp 500.000

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke Perkebunan Teh Malabar yaitu sebesar Rp 5.000.

14. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah objek wisata alam khas kota Bandung yang terletak di kawasan Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu ini juga terknela dengan kisah legendanya yaitu Sangkuriang.

Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi aktif dan memiliki beberapa kawah yang populer seperti Kawah Ratu, Kawah Domas, dan Kawah Upas.

Kelebihan

Wisata alam Tangkuban Perahu ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan berkesan untuk diabadikan menjadi dokumentasi.

Selain itu, pengunjung juga akan menikmati pemandangan perkebunan teh dan pohon pinus yang rimbun selama perjalanan menuju ke Gunung Tangkuban Perahu.

Kelebihan selanjutnya yaitu, terdapat wisata kuliner khas Lembang yang ada di sekitar wisata Tangkuban Perahu. Anda dapat menikmati sajian khas Lembang berupa ketan bakar yang diberi santan dan dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar. Ada juga tahu susu dan oncom Raos yang merupakan kuliner khas Bandung.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke Tangkuban perahu dibedakan menjadi dua jenis yaitu tarif untuk wisatawan domestik dan wisatawan asing.

Wisatawan domestik:

  • Tiket masuk: Rp 15.000
  • Parkir motor: Rp 5.000
  • Parkir mobil: Rp 10.000
  • Parkir bus: Rp 20.000

Wisatawan asing:

  • Tiket masuk: Rp 50.000
  • Parkir motor: Rp 7.000
  • Parkir mobil: Rp 15.000
  • Parkir bus: Rp 25.000

15. Pemandian air panas Ciater

Lokasi: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Kec. Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Wisata selanjutnya yaitu pemandian air panas Ciater yang terletak tidak jauh dari Tangkuban Perahu.

Kelebihan

Kelebihan dari wisata pemandian air panas Ciater ini selain menawarkan pemandian air panas yang nyaman untuk para pengunjung, juga terletak pada fasilitasnya seperti:

  1. Bungalow: penginapan dengan pemandangan alam di sektiar pemandian air panas.
  2. Area outbond: aktivitas outdoor di sekitar pemandian air panas.
  3. Terapi pijat: pengunjung dapat menikmati relaksasi di tengah perjalanan wisata.
  4. Restoran: pengunjung dapat menikmati makanan di gasebo yang merupakan restoran.
  5. Fasilitas lain: arung jeram, taman bermain anak, area pemancingan, jalur bersepeda, berkuda, lapangan tenis, bola voli, basket, golf, dan sewa perahu.
  6. Pancuran tujuh: kendi berukuran besar untuk mengalirkan tujuh pancuran dari sumber mata air alami di pemandian air panas Ciater.
  7. Curug Jodoh: wahana yang memiliki mitos dimana berguna untuk merupakan kepercayaan pengunjung terhadap nasib jodoh mereka.
  8. Jeep Offroad: wahana jeep offroad dapat dinikmati dengan biaya mulai dari 550 ribu rupiah hingga 1 juta 900 ribu rupiah tergantung jalur dan level offroad yang Anda pilih.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke pemandian air panas Ciater yaitu Rp 20.000-Rp 80.000, dengan biaya parkir motor sebesar Rp 20.000 (weekdays), Rp 25.000 (weekend), parkir mobil Rp 30.000 (weekdays), Rp 35.000 (weekend), dan parkir bus/truk Rp 42.000-Rp45.000.

Pemandian air panas Ciater ini terbagi menjadi dua jenis yaitu kolam pemandian reguler dengan tarif 20 ribu sampai 50 ribu rupiah per orang dan kolam pemandian utama dengan biayar mencapai 80 ribu rupiah per orang.

16. Observatorium Bosscha

Lokasi: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Objek wisata yang selanjutnya lebih cocok disebut sebagai objek pembelajaran atau study tour. Observatorium Bosscha telah didirikan sejak masa pemerintahan Belanda di Indonesia.

Kelebihan

Pengunjung dapat menikmati edukasi seputar astronomi yang disajikan di suatu ruang multimedia. Selain itu, pengunjung juga dapat meneropong rasi bintang dengan teropong portable dan teleskop Bamberg.

Anda juga dapat menikmati pemandangan gedung observatorium yang memiliki desain bangunan yang unik karena atapnya yang menyerupai topi bundar dengan beberap pilar-pilar besar seperti gaya bangunan Eropa.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke Perkebunan Teh Malabar yang terletak di sebelah gedung observatorium Bosscha.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke observatorium Bosscha adalah Rp 20.000 per orang.

17. NuArt Sculpture Park

Lokasi: Jl. Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata murah di Bandung yang selanjutnya yaitu taman yang berisi karya seni yang disebut juga NuArt Sculpture Park yang merupakan sebuah galeri milik seorang seniman ternama Bandung yaitu Nyoman Nuarta.

Kelebihan

Wisata Taman NuArt memiliki keunikan yaitu menampilkan hasil karya seni yang ditampilkan di dalam suatu ruangan seperti museum.

Pengunjung dapat memanfaatkan pemandangan ini untuk berfoto dan juga menikmati karya seni berupa hasil pahatan dari Nyoman Nuarta.

Selain itu, NuArt juga sering mengadakan berabgai macam event dimana para peserta dapat berpartisipasi seperti acara mendongeng, acara pembuatan patung, melukis tanah liat, workshop tari, camp tari, teater, musik, dan lain-lain.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk untuk anak-anak lebih dari 2 tahun dan pelajar adalah Rp 25.000 sedangkan untuk dewasa sebesar Rp 50.000.

Harga tiket untuk aktivitas pelajar (minimum 25 pax) yaitu:

  • Clay Act: Rp 30.000
  • Panting on Cutting Board: Rp 30.000

18. Taman Bunga Cihideung

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi No.223, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Wisata yang berikutnya cocok bagi Anda pecinta bunga karena Taman Bunga Cihideung memiliki koleksi bunga yang lengkap seperti bunga melati, mawar, anggrek, hingga aneka bonsai.

Kelebihan

Taman Bunga Cihideung ini memiliki keindahan pemandangan berupa hamparan bunga-bunga yang dapat digunakan untuk spot foto oleh para pengunjung.

Berbagai koleksi bunga yang ada di taman ini dapat dibeli oleh para pengunjung yang berasl dari berbagai daerah.

Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap untuk kebutuhan para pengunjung seperti area parkir, musholla, taman sayur, taman pembibitan tanaman, tempat kuliner, dan toilet.

Harga tiket masuk

Pengunjung dapat masuk ke taman bunga Cihideung ini tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali karena biaya masuknya gratis.

19. The Lodge Maribaya

Lokasi: Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan tempat wisata modern yang cocok untuk para kaum milenial nongkrong dan menghabiskan waktu bersama teman-teman.

Kelebihan

Anda dapat menikmati beberapa fasilitas yang disediakan seperti sky tree, bamboo sky, outbond, hot air balloon, zip bike, dan gantole.

The Lodge Maribaya juga menyediakan paket pre-wedding dan wedding bagi para pasangan yang akan menikah.

Pemandangan di sekitar tempat wisata ini juga cukup instragammable karena dikelilingi oleh hutan pinus, sehingga cocok digunakan untuk berfoto.

Harga tiket masuk

Weekdays: Rp 20.000/orang

Weekend: Rp 25.000/orang

Hari libur nasional: Rp 35.000/orang

20. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Lokasi: Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

Merupakan wisata alam di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang memiliki berbagai peninggalan bersejarah.

Kelebihan

Memiliki beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi seperti: Goa Jepang, Goa Belanda, Curug Omas, Tebing Keraton, Penangkaran Rusa, dan Hiking Ringan.

Kawasan hutan ini juga dilengkapi dengan area parkir yang luas dan juga tempat makan dan istirahat yang cukup banyak.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 11.000 untuk pengunjung domestik dan Rp 76.000 untuk wisatawan luar.

21. Taman Begonia

Lokasi: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan taman bunga di Bandung yang memiliki nama lengkap Taman Begonia Glory dengan lokasi di Lembang.

Kelebihan

Taman Begonia Bandung menawarkan pemandangan berbagai jenis bunga dari dalam maupun luar negeri yang cantik kepada pengunjung. Selain itu, udara taman juga sejuk sehingga membuat pengunjung menikmati udara alam saat mengunjungi taman Begonia Bandung ini.

Taman Begonia juga menyediakan fasilitas aktivitas di luar atau outdoor seperti outbond dengan konsep fun treasure hunt, puzzle treasure, secret passage, dan farm trekking.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke Taman Begonia Bandung yaitu sebesar Rp 10.000/orang.

22. Tafso Barn

Lokasi: Jl. Baru Laksana No.75, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan wisata cafe dengan konsep outdoor yang terletak bersebelahan dengan Lereng Anteng Cafe.

Kelebihan

Cafe ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona dan juga tempatnya berada di dataran tinggi, sehingga memberikan spot foto yang bagus untuk para pengunjung yang ingin berfoto.

Suasana cafe ini juga tergolong elegan dan romantis dengan tempat makan yang menggunakan tenda yang unik.

Anda juga akan mendapatkan view puncak Ciumbuleut sembari menikmati menu makanan cafe ini.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke Tafso Barn yaitu sebesar Rp 15.000/orang belum termasuk menu makanannya.

23. Curug Bellarosa

Lokasi: Jalan Maribaya Timur desa Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat

Merupakan salah satu curug terkenal yang ada di Bandung yang baru dikelola kembali untuk menjadi tempat wisata.

Kelebihan

Kelebihan dari curug ini yaitu merupakan curug yang memiliki bentuk berundak yang menjadi jalur aliran air. Curug ini juga masih jarang dijangkau oleh wisatawan, sehingga memiliki kondisi alam yang masih asri.

Pemandangan alam di curug ini juga indah dengan adanya hutan pinus yang terbentang menjulang tinggi di tengah hutan belantara.

Harga tiket masuk

Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang dan belum termasuk biaya parkir.

24. Tebing Keraton

Lokasi: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan tebing yang terletak di kawasan Taman Hutan Rakyat Djuanda.

Kelebihan

Pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit dan terbenam di tebing Keraton. Ada juga spot berfoto dengan tema peternakan kuda yaitu De’Ranch Lembang.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke tebing Keraton yaitu sebesar Rp 11.000/orang dengan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan motor sebesar Rp 3.000.

25. Curug Malela

Lokasi: perbatasan Kabupaten Cianjur, Kampung Mangdid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Merupakan wisata alam berupa air terjun yang memiliki suasana yang asri dan banyak pohon yang rimbun di sekitarnya.

Kelebihan

Pemandangan alam yang indah dengan berbagai satwa hutan menjadikan lokasi wisata ini cocok untuk dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap untuk kebutuhan para pengunjung seperti toilet umum, area parkir, dan beberapa warung makan.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 10.000/orang dengan biaya parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 8.000.

26. Dago Dream Park

Lokasi: Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan tempat wisata keluarga dengan suasana alami dan berbagai wahan dan spot foto.

Kelebihan

Pemandangan yang instragrammable sehingga cocok digunakan untuk spot foto dan juga beragamnya pilihan wahana yang dapat dicoba oleh pengunjung.

Ada juga fasilitas transportasi berupa bus kecil yang unik untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi area Dago Dream Park.

Ada juga fasilitas lain yang memanjakan pengunjung seperti Love Seat, Sky Tree, Up House, Alladin Carpet, Sky Bike, Row A Boat, Lost in Paradise, Anti Gravity, Geared Up, dan Kampung Dayang Sumbi.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 – Rp 35.000 per orang di luar harga masuk wahana.

27. Curug Cimahi

Lokasi: Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat

Merupakan air terjun yang tertinggi di Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi dan mengalir ke kota Cimahi.

Kelebihan

Pemandangan alam yang asri dan hijau menjadi spot foto yang cocok, selain itu udara yang sejuk juga akan membuat Anda menikmati wisata di air terjun ini.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk per orang yaitu sebesar Rp 15.000 dengan biaya parkir motor Rp 2.000.

28. Situ Patenggang

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey, Bandung

Merupakan wisata alam perkebunan teh yang asri dan terletak di ketinggian 1.600 meter.

Kelebihan

Pemandangan alam yang indah dengan nuansa kebun teh yang hijau dan pegunungan yang mengelilinginya cocok untuk dijadikan tempat foto.

Di tepi danau terdapat gazebo yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk makan bersama dengan menggunakan tikar.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk ke wisata ini yaitu Rp 10.000/orang.

29. Glamping Lakeside

Lokasi: Tepi Situ Patenggang, kaki Gunung Patuha, kawasan wisata Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Glamping Lakeside adalah resort yang berlokasi Bandung dikelilingi kebun teh.

Kelebihan

Keunikan wisata Bandung yang satu ini terletak pada Pinisi Restonya yang berbentuk kapal pinisi dan menghadap ke Situ Patenggang dan Pulau Cinta.

Keindahan pemandangan ini juga dapat dimanfaatkan untuk berfoto dan juga menghabiskan waktu dengan menongkrong sambil memandang danau dan panorama pegunungan di sekitarnya.

Selain itu, pengunjung juga akan dibuat terkesan dengan pengalaman menelusuri jembatan gantung yang mengelilingi Situ Patenggang yang menghubungkan ke Jembatan Danau.

Ada juga speedboat yang disewakan kepada pengunjung untuk berkeliling Situ Patenggang.

Keunikan selanjutnya yaitu adanya food truck yang ada di area pintu masuk utama. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati Teras Bintang yang merupakan spot untuk foto di teras berbentuk bintang yang dibuat dengan tali.

Ada juga penginapan yang berkonsep kemping mewah dengan view Situ Patenggang yang dilengkapi dengan kamar tidur, TV, peralatan mandi, dan air panas untuk pengunjung yang ingin menginap.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 20.000/orang dan parkir mobil Rp 5.000.

30. Bukit Jamur

Lokasi: Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat

Merupakan wisata alam perkebunan dengan ikonnya berupa pohon cemara raksasa yang menyerupai jamur raksasa.

Kelebihan

Daya tarik utama dari wisata Bukit Jamur yaitu pohon cemara yang berbentuk jamur sehingga menarik perhatian para pengunjung untuk berfoto.

Lokasi perkebunan yang terletak di kawasan kebun teh ini memberikan pemandangan alam yang indah dan juga udara yang sejuk kepada para pengunjung yang ingin menikmati liburan ke alam.

Spot foto yang ada di Bukit Jamur juga cukup lengkap karena adanya beragam spot untuk para pengunjung ber-selfie seperti jembatan dan jalur trekking mengitari perkebunan teh.

Harga tiket masuk

Harga tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang dengan biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Itulah tadi 30 Tempat Wisata Murah di Bandung. Semoga menjadi bermanfaat dan menjadi salah satu destinasi liburan Anda di masa mendatang.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button